25 October 2016

6 Keinginanku Saat Sekolah Smu Dulu Yang Selalu Ku Ingat Hingga Sekarang

6 KEINGINAN SAAT SEKOLAH SMU DULU YANG SELALU KU INGAT HINGGA SEKARANG

Sekolah SMU - Duduk di bangku sekolah SMU atau Sekolah Menengah Umum atau sering juga disebut Sekolah Menengah Atas memiliki kenangan tersendiri buat saya pribadi.Selain memiliki cerita yang pahit dan manis.Pada waktu saya duduk dibangku sekolah smu dulu saya memiliki keinginan – keinginan yang sulit saya wujudkan.


Nah sahabat pembaca sekalian yang baik hati, pada artikel ini saya akan menuliskan tentang apa – apa saja yang saya inginkan pada saat saya masih duduk dibangku sekolah menengah umum dulu.


Tetapi sebelum itu saya akan bercerita sedikit tentang saya bersekolah di SMU dulu, setelah tamat atau lulus dari sekolah menengah pertama saya diterima di sekolah menegah umum negeri, saya gembira sekali sebab sekolah negeri tidak mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi dibandingkan dengan sekolah swasta.


Saya diterima di SMU Negeri 1 di daerah tempat tinggal saya, dari murid yang lulus dari SMP ku waktu itu bisa dihitung dengan jari jumlah yang bisa masuk ke SMU NEGERI 1, sebab nilai NEM menjadi tolak ukur seorang murid bisa atau tidaknya masuk ke Sekolah SMU negeri , nah karena keberuntungan saya bisa masuk kesekolah negeri karena NEM saya waktu itu sudah masuk kategori.


Masuk Sekolah Negeri bukanlah tanpa tantangan dan beban, sebab sekolah menengah umum tempat saya bersekolah adalah kumpulan dari murid – murid yang terbilang pintar – pintar dan pandai.Jadi terbayang oleh saya betapa persaingan antara kami sangatlah ketat, untuk masuk sepuluh besar saja begitu sulit buat saya.


Tetapi kalau soal kenaikan kelas saya tidak pernah tinggal kelas loh,,selalu naik kelas.Walau kepintaran otak saya Cuma pas –pas an saya tetap semangat dan rajin belajar.



KEINGINANKU SAAT DUDUK DIBANGKU SEKOLAH MENENGAH UMUM  DULU :



1.    KURSUS


Karena persaingan tempat ku bersekolah di tingkat menengah umum cukup ketat, maka saya pada waktu itu ingin sekali ikut kursus pelajaran – pelajaran yang belum saya kuasai.Pelajaran yang belum saya kuasai pada waktu itu adalah Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, Akuntansi.

Guru saya pada waktu itu memiliki lembaga kursus yang mengajar tentang pelajaran yang belum saya kuasai.Sehingga teman – teman saya dikelas dengan mudah mengerjakan soal – soal yang diberikan oleh guru saya tersebut.

Akan tetapi saya memiliki kendala keuangan sehingga saya tidak bisa ikut kursus,saya tidak memiliki uang untuk membayar kursus.Betapa sedih nya saya waktu itu, saya terpaksa harus menjadi orang yang selalu diperingkat 20 besar, karena kalah bersaing dengan teman – teman lainnya.
Selalu masuk peringkat 20 besar saya syukuri saja mungkin hanya sebatas itu lah rezeki buat saya.
 

2.    MENJADI JUARA KELAS


Menjadi Juara kelas adalah Impian setiap murid yang bersekolah, begitupun saya.Saya selalu bermimpi dan berdoa menjadi juara kelas pada waktu saya duduk dibangku sekolah menengah umum dulu.

Menjadi juara kelas membuat kita menjadi bangga dan merupakan hadiah kita kepada orang tua kita yang sudah susah menyekolahkan kita.Menjadi juara kelas membuat kita menjadi buah bibir para teman –teman.

Waktu sekolah di menengah umum dulu ingin sekali saya menjadi juara kelas, tetapi persaingan kami para murid sangat ketat.Hal yang saya sesali adalah pada waktu itu saya tidak kursus pelajaran yang tidak saya kuasai, coba saya waktu itu punya uang dan kursus kemungkinan besar saya bisa masuk di peringkat lima besar.

Ahh,,tapi sudahlah semuannya sudah berlalu, saya hanya mengambil hikmahnya saja,, dan berdoa pada Allah SWT agar pada setiap langkah kaki saya selalu merupakan langkah yang terbaik dan menuju sukses dunia Akhirat.Amin

3.    MEMILIKI UANG JAJAN LEBIH


Saat saya bersekolah di SMU dulu, tenaga saya banyak terkuras habis, karena saya berjalan kaki menuju kesekolahan gunanya adalah agar uang untuk ongkos naik mobil bisa saya gunakan untuk menabung atau untuk jajan.

Sering sekali uang yang saya terima pas hanya untuk ongkos bayar naik mobil ke sekolah saja, saya tidak menyalahkan orang tua saya.Waktu itu memang rezeki kami lagi pas – pas an sekali.

Jadi pada saat saya sekolah di SMU saya ingin sekali memiliki uang jajan yang lebih sama seperti teman –teman saya yang lainnya.Bisa membeli makanan pada saat jam istirahat belajar,saya iri sekali pada waktu itu melihat teman –teman yang bisa jajan di kantin.

Kalau saya akan jajan itu artinya saya harus jalan kaki sepulang sekolahnya, rasanya tidak mungkin saya korbankan uang ongkos pulang sekolah ,sebab pulang sekolah tubuh saya sangat capekk sekali, tidak kuat rasanya untuk jalan kaki kerumah.

Ingin sekali mendapatkan uang jajan lebih pada waktu saya sekolah SMU dulu, masih teringat oleh saya sampai sekarang sebab Fungsi uang jajan tersebut sangatlah penting untuk menambah energy saya agar saya bisa belajar dengan maksimal.

4.    DATANG SEKOLAH TEPAT WAKTU


Pada waktu saya bersekolah di Sekolah Menegah Umum dulu saya harus naik angkot untuk sampai kesekolah, karena jarak antara rumah dan sekolahku dulu lumayan jauh jadi saya sering kali datang kesekolah terlambat.

Terlambatnya saya datang kesekolah juga sebabkan karena factor jumlah angkot yang sedikit sehingga kami tidak kebagian.

Sering datang kesekolah terlambat membuat saya seirng malu sekali, sebab pada saat siswa lainnya sedang belajar saya tiba – tiba datang dan mengganggu konsentrasi mereka.

Saya datang kesekolah sering terlambat pada hari jum’at  jam masuk sekolah pada hri jum’at pukul 13.30 dan satu tiba disekolah selalu pukul 14.00.

Dari pengalaman itu dulu saya ingin sekali datang kesekolah tepat waktu, agar saya bisa ikut belajar lebih awal.

5.    PULANG KERUMAH TEPAT WAKTU


Saya selalu kebagian kelas yang masuk siang dan pulangnya sore pukul 17.00,sedangkan rumah saya agak jauh.Ohy untuk sampai kesekolah saya harus naik mobil angkot sebanyak dua kali.Mobil Angkot pertama itu mobil dari desa tempat tinggalku dan mobil yang kedua itu adalah mobil angkot khusus perkotaan.

Setelah sampai diterminal untuk menuju kesekolah saya harus naik angkot khusus perkotaan yang akan menuju kesekolah.

Kalau sudah pulang sekolah pada sore hari, biasanya mobil jurusan ke desa saya itu sudah banyak yang berangkat, sehingga saya sering pulang terlambat.

Untuk pulang kerumah saya hanya mengandalkan mobil khusus perkotaan yang akan pulang ke desa, kalau sudah begitu biasanya saya selalu pulang kerumah jam 20.00 Wib.

Hal yang sangat membuat saya sedih adalah saat perut saya lapar, sedangkan uang saya hanya cukup untuk ongkos pulang saja.Jika sudah begitu saya terpaksa menahan lapar saja.

6.    BISA KULIAH


Keingianan yang saya idamkan pada saat saya duduk dibangku kelas tiga SMU dulu adalah bisa kuliah, walau sebenarnya keuangan keluarga belum mampu.
Saya iri sekali melihat teman –teman lainnya yang lebih mampu keuangannya dibanding saya,mereka selalu bisa dan memiliki harapan yang jelas terhadap masa depan mereka sendiri.

Teman – teman saya sudah mulai berencana untuk kuliah dengan jurusan yang mereka senangi dan Universitas yang mereka pilih.Sedangkan saya ,,hanya duduk melamun karena peluang saya untuk kuliah pada saat itu sangatlah tidak memungkinkan.

Saya mencoba bersyukur saja terhadap Allah SWT,saya masih beruntung bisa sekolah walau hanya sebatas sekolah menengah umum saja.
Demikianlah Kisah singkat saya tentang apa yang saya inginkan pada saat saya masuk sekolah menengah umum dulu, semoga tulisan saya ini bisa memberi manfaat buat para pembaca.Jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.

0 komentar

Post a Comment