28 October 2016

Buah Lezat Yang Sering Ku Makan Dan Ku Dapat Dari Kebun Pada Waktu Aku Masih Kecil

BUAH LEZATYANG SERING KUMAKAN, JAMBU BIJI, DUKU,RAMBUTAN

Buahan yang Lezat banyak sekali dikebun saya, tetapi itu dulu, sebelum kebun kami diubah menjadi kebun karet.Banyak sekali buah lezat yang sering ku makan pada waktu masih kecil dahulu, seperti yang saya tulis di bawah ini.


Cerita tentang masa kecil tidak ada habisnya, seperti yang saya alami sendiri.Pada waktu kecil hidup saya lebih banyak dihabiskan dikebun menemani orang tua dikebun.Sebab kalau saya ditinggal dirumah maka orang tua menjadi khawatir , saya dibawa terus oleh orang tua saya dikebun sampai saya sekolah dasar kelas satu.


Ohy dikebun itu enak sekali apalagi sedang musim buahan, maka banyak sekali buah lezat yang sering ku makan.Selain dimakan buah lezat tersebut kami jual juga untuk mencukupi kebutuhan hidup kami sehari – hari.


Kebun – kebun tersebut merupakan milik kakek dan nenek saya, jadi orang tua saya yang kelolah, biasanya kalau sudah musim buahan, dikebun banyak sekali orang – orang yang berdatangan untuk membeli buahan,seperti buah duren, buah duku, buah rambutan dan buah lainnya.



BUAH LEZAT YANG KU PETIK DARI KEBUN DAN SERING KU MAKAN SAAT MASIH KECIL DULU :

1.    BUAH LIMUS


Anda tahu buah limus, buah limus itu adalah buah yang seperti buah mangga atau bisa disebut buah yang berasal dari keluarga buah mangga.Bedanya adalah kulitnya agak tebal dan memiliki serabut yang lebih banyak dan berbentuk bundar.

Buah Limus ini kalau sedang musim buahan sangat banyak sekali dan berbuah lebat.Dan biasanya buah ini banyak berjatuhan disekitar pohonnya, selain enak untuk langsung dimakan, buah limus ini juga enak dibuat sambal.

2.    BUAH RUKAM


Buah rukam adalah buah yang saya sukai, buah rukam ini memiliki pohon yang batang pokoknya memiliki duri.Buah ini enak sekali, saat belum masak buah ini akan terasa kurang enak tetapi jika sudah masak ,,mmm manis dan enak sekali rasanya.

Selain saya, binatang hutan seperti monyet juga menyukai buah rukam ini jadi jangan heran kalau kita rebutan dalam memanen buah ini.Jika anda terlalu banyak memakan buah ini jangan lupa untuk gosok gigi yach,,sebab buah rukam bisa membuat gigi kita berwarna kuning.

3.    BUAH SALAM


Anda tahu buah salam ,itu loh buah yang berasal dari batang salam yang daunnya sering kita gunakan untuk bumbu masak.

Jadi batang salam ini jika sudah berusia 10 tahun lebih maka akan berbuah, buahnya itu berbentuk kecil – kecil sebesar seujung jari kelingking anak kecil.Kalau batang salam ini sudah berbuah maka buahnya lebat sekali.

Jika kita ingin mencicipi rasa buah salam maka pilihlah buah salam yang berwarna hitam atau yang berwarna merah kehitaman sebab,jika sudah berwarna seperti itu buah salam biasanya sudah masak.

Tapi ingat jangan anda telan bijinya, agar pencernaan anda tidak terganggu dan usahakan anda sudah memakan nasi ,sebab dikhawatirkan jika terlalu banyak memakan buah salam akan membuat kita mudah sakit perut.

 Saya dan teman – teman saya pada waktu kecil sering sekali berada dipohon salam,sampai – sampai pohonnya hamper roboh sebab banyak orang yang memanjatnya.

4.    JAMBU BIJI


Jambu biji dikebun saya kebanyakan tumbuh sendiri, entah dari mana asal tumbuhnya yang jelas kalau sedang berbuah saya sangat menyukai jambu biji ini.Jambu biji menurut dari apa yang saya baca dari internet merupakan buahan penyedia Vitamin C tertinggi dan terbanyak dibandingkan dengan buahan jenis lainnya.

Rasanya manis dan lezat membuat tubuh saya seperti memiliki energy extra setelah memakan jambu biji.Daun jambu biji juga berguna untuk obat diare dengan cara merebus dan meminum arinya.
 

5.    BUAH PAOH


Buah poah adalah buah yang saya sangati sukai sebab rasanya manis sekali kalau sedang masak.Tapi apakah anda tahu apa iti buah paoh ? Buah paoh adalah buah sejenis buah mangga tetapi hanya berukuran lebih kecil dibanding dengan buah mangga,hanya sebesar gengaman tangan bayi.

Saya ingat sekali bahwa tidak jauh dari rumah saya ada batang paoh, dan apa bila pohon paoh tersebut berbuah, pagi – pagi sekali kami mencari buah yang berjatuhan dari pohon paoh tersebut.

Buah tersebut berjatuhan diakibatkan oleh binatang malam,seperti kelelawar yang sering bergelayutan di pohon paoh tersebut.
Disamping itu buah paoh yang banyak berjatuhan disebabkan oleh derasnya tiupan angin,sehingga menyebabkan buah paoh mudah berjatuhan ketanah.

Pada waktu kecil dulu saya sering sekali mendapat buah paoh yang berjatuhan, apalagi sudah angin bertiup, maka saya bergegas dengan cepat untuk mencari buah paoh tersebut.

6.    RAMBUTAN


Rambutan adalah buahan yang tidak asing lagi di telingga para pembaca, buahan ini memiliki kulit yang mirip seperti rambut dengan daging buah yang berwarna putih.

Rasanya pun terbilang enak dan lezat, tetapi jika kita telalu banyak mengkonsumsinya maka akan membuat tubuh kita teras kurang enak.

Jika musim rambutan tiba sebaiknya kita makan rambutan sekedarnya saja, agar pencernaan kita tidak terganggu.

Pada waktu kecil memanjat rambutan adalah salah satu keahlian saya, saya tidak takut akan ketinggian.Biasanya batang rambutan cukup kuat dalam menahan beban berat badan saya pada waktu kecil, jadi pohon rambutan jarang sekali patah saat saya naiki.

7.    MANGGIS


Buah lezat berikutnya adalah buah manggis, buah ini adalah buah langganan yang sering saya makan jika musim buah manggis tiba.Selain itu buah ini sering sekali saya jual sebab banyak sekali yang mengemarinya.

Pohon manggis memiliki tingkat ketahanan yang kuat sehingga tidak mudah patah, getah manggis sangat berbahaya sekali jika terkena mata kita,Maka untuk itu kita harus hati –hati.Apalagi getahnya terkena baju susah sekali lepas.
 

8.    DUREN


Pohon duren dikebun ku lumayan banyak, jadi buah duren ini merupakan buah yang cukup lezat dan sering sekali saya santap.

Kalau musim duren tiba, maka kami akan menginap dikebun sebab duren – duren ini banyak berjatuhan pada saat malam hari.

Selain enak dikonsumsi buah ini juga sering dibuat oleh ibu saya menjadi makanan tambahan seperti menjadi Tempoyak.Tempoyak ini adalah buah atau daging duren yang sudah diberi garam dan disimpan pada wadah yang tertutup selama berminggu –minggu.

9.    DUKU


Buah lezat lainnya yang sering saya makan pada waktu kecil hingga sekarang adalah buah duku, buah ini juga sering kami jual, sebab kalau untuk dimakan terlalu banyak.

Pengambilan buah duku ini dilakukan dengan cara manual, yaitu kita harus memanjat dan metiknya satu persatu,terkadang juga kami borongkan saja semua buahnya ke pada para pemborong.

10.    Buah lainnya


Masih banyak buah lezat lainnya yang sering saya makan pada waktu kecil dulu dikebun seperti buanh mangga, buah salak hutan, dan buah pisang.Pokoknya memiliki kebun merupakan hal yang menarik dan saya sangat suka dikebun sebab banyak hal menarik perhatian saya.


Demikianlah artikel singkat ini saya buat berdasarkan pengalaman hidup saya, jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.

0 komentar

Post a Comment