26 Oktober 2016

Keahlian Modern Dan Tradisional Penting Yang Ingin Aku Kuasai Segera

KEAHLIAN MODERN DAN TRADISIONAL PENTING YANG INGIN AKU KUASAI SEGERA

Keahlian adalah ilmu yang sudah kita kuasai dengan baik, baik yang kita dapatkan dari bangku pendidikan maupun dari pengalaman kita.Keahlian atau yang lebih kita kenal dengan Skill atau kemampuan memang perlu kita kuasai agar kita bisa menjadi orang yang bermanfaat dan dibutuhkan.


Keahlian yang ingin saya capai sekarang ini ada dua keahlian yaitu keahlian modern dan tradisional.Keahlian modern menurut saya adalah keahlian yang berkembang pada saat ini, bisa jadi disebut keahlian dalam bidang teknologi, informasi dan lainnya.


Keahlian Tradisional menurut saya adalah keahlian yang sudah ada dan terbentuk dari zaman dahulu yang sudah dikuasai oleh nenek moyang saya.
Banyak sekali keahlian modern yang berkembang pada saat ini, misalnya Keahlian dalam membbuat robot, keahlian dalam membuat gadget, keahlian dalam membuat teknologi kendaraan dan lainnya.Tetapi yang saya inginkan untuk mengusainya adalah bukan keahlian tersebut, tetapi keahlian yang saya uraikan dibawah ini.


Keahlian Tradisional juga lebih banyak yang sudah dikuasi oleh nenek moyang kita dahulu, seperti keahlian dalam membuat candi, keahlian dalam membuat rumah tradisional, keahlian dalam berkebun secara tradisional dan lain sebagainya.


Keahlian penting yang  bersifat tradisional yang ingin aku kuasai adalah keahlian yang mana tidak semua orang bisa melakukannya, seperti yang saya tulis pada uraian dibawah ini.Ok lansung saja,



KEAHLIAN MODERN PENTING YANG INGIN AKU KUASAI : 

 

1.    MEMBUAT APLIKASI


Zaman sekarang ini peranan aplikasi yang ada gadget, computer atau perangkat canggih elektornik lainnya sangatlah berguna dalam kehidupan yang serba modern ini.
Kenapa saya sebut berguna ? sebab dengan adanya aplikasi tersebut membuat kita mudah dalam mencari informasi yang kita butuhkan.Kita beri contoh saja yaitu aplikasi toko online.

Dengan adanya aplikasi toko online maka kita tidak perlu repot –repot lagi dalam mengecek harga dan berbelanja.Kita tinggal download aplikasi dan melakukan penelusuran pada aplikasi tersebut.Kalau kita hanya ingin survey harga bisa kita lakukan dengan mudah dan berbelanjanya juga lebih mudah hanya dilakukan dirumah saja.

Nah karena kecanggihan dan kegunaan dari aplikasinya lah mendorong saya ingin menguasai ilmu pembuatannya.Keahlian dalam membuat aplikasi ini menurut saya tidak semua orang mengusainya, sehingga persaingan dalam berbisnis aplikasi ini tidak terlalu ketat.

Kalau kita memiliki keahlian dalam membuat aplikasi maka keahlian tersebut bisa mendatangkan uang bagi kita.Karena hal tersebut lah yang membuat saya jadi tertarik untuk mengusai keahlian dalam membuat aplikasi.

Membuat aplikasi mungkin terlalu sulit buat saya sebagai pemula, tetapi kalau kita berniat dan berminat maka rintangan sesulit apa pun mudah kita lalui.

2.    MEMBUAT TAMPLATE BLOG


Keahlian ke dua yang ingin sekali saya kuasi adalah membuat tamplate blog.Kenapa saya ingin sekali menjadi ahli dalam membuat tamplate ? itu karena saya adalah blogger yang selalu berkecimpung dalam dunia blog.Saya malas sekali membeli tamplete premium, sedangkan tamplate gratis tidak bisa mengapus kredit link nya.

Disamping itu juga kita jika memiliki keahlian dalam membuat tamplate maka, itu bisa menghasilkan uang buat kita.Kenapa bisa begitu ? sebab sekarang ini banyak para blogger professional yang ingin mendapatkan tamplate premium agar blognya terlihat professional.

Disamping itu juga sekarang ini pertumbuhan para pembuat website seperti blog sangat menjamur,itu berarti adalah celah pasar penjualan tamplate yang premium.Kita tinggal bersaing masalah kualitas dan harga tamplate.

Karena alasan diataslah saya ingin belajar membuat tamplate professional, sehingga bisa menambah pundi – pundi uang saya dimasa akan datang.Amin

Teknik paling mudah dalam menguasai keahlian membuat tamplate ini adalah dengan berguru pada blog – blog yang membahas cara pembuatan tamplate yang banyak di internet.Kita tinggal memainkan kreatifitas dan mau belajar sehingga keahlian dalam membuat tamplate bisa kita kuasai.

3.    MEMBUAT BLOG


Keahlian ke tiga yang ingin saya kuasai dengan baik adalah membuat atau mengelolah blog.Kenapa ? jawabnya adalah karena blog bisa menghasilkan uang.

Kok Blog  bisa menghasilkan uang ?

Iya blog bisa menghasilkan uang, sebab peranan blog sekarang ini adalah sebagai media penayan iklan dari sebuah produk.Semakin blog tersebut popular maka harga iklan tersebut bisa menjadi lebih mahal.

Kalau blog kita sudah banyak berisi iklan maka itu adalah peluang kita mendapat uang.Kata kuncinya adalah blog kita harus popluer di Masyarakat sehingga nantinya akan banyak pengunjung diblog kita.

Dorongan menghasilakan uang dari bloglah yang  mendorong saya untuk menguasai keahlian dalam membuat blog.

Kenapa kita perlu keahlian dalam membuat blog ?
Blog itu adalah karya cifta yang perlu kita kuasai dengan mempelajari Ilmunya.Sebab tanpa ilmu maka kita akan kebingungan dalam mengelolah blog.Probelm dalam mengelolah blog itu banyak sekali, misalnya masalah eror 404, masalah tampilan, domain dan masih banyak lagi yang harus kita kuasai agar kita bisa sukses dalam dunia blogging.

Jadi sekali lagi jika para pembaca memiliki niat dan berminat dalam menghasilkan uang dari blog segera kuasailah keahlian dalam membuat blog.

Saya sendiri sudah mulai belajar dalam menguasai keahlian dalam membuat blog ini dari bulan November 2015, dan sampai sekarang saya ingin lebih mendalaminya lagi .

4.    BISA NYETIR MOBIL


Kenapa saya ingin menguasai keahlian dalam menyetir mobil ? jawabnya gampang sekali, yaitu karena saya belum bisa menyetir mobil,hehe…

Disamping itu juga perkembangan teknologi kendaraan sekarang ini harga mobil sudah bisa terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah seperti saya ini.

Mungkin suatu saat nanti saya mendapat rezeki dari penghasilan adsense sehingga  saya bisa membeli mobil.Jadi kalau keahlian dalam menyetir sudah saya kuasai maka saya tinggal membeli mobil.

Keahlian dalam menyetir mobil sepertinya merupakan keahlian umum yang sudah banyak dikuasai oleh banyak orang.Nah berhubung saya baru bisa menyetir motor, maka keahlian lainnya perlu saya tambah dalam bidang kendaraan.

Langkah mudah dalam mempelajari menyetir mobil ini bisa kita dapat dengan cara mengikuti kursus menyetir.Di daerah saya mulai banyak tempat – tempat kursus menyetir mobil, mungkin suatu hari nanti saya bisa mewujudkan keinginan untuk bisa menyetir mobil.Amin

KEAHLIAN TRADISIONAL YAN G INGIN SAYA KUASAI :


1.    MENGANYAM BAMBU


Keahlian tradisional yang ingin saya kuasai adalah menganyam bambu, kenapa keahlian tradisional ini ingin saya kuasai ? Sebab keahlian ini mulai menurun para pengrajin atau pembuatnya.

Didaerah saya keahlian ini hanya dikuasi oleh para orang tua tertentu, artinya tidak semua orang tua menguasai keahlian ini.Saya khawatir keahlian ini mulai hilang karena tidak ada generasi penerus yang berminat mempelajarinya.

Hasil karya dari anyaman bambu yang sering dibuat oleh orang tua dahulu adalah Bakul, Bake, Nihu, huntung dan lainnya.Namanya cukup unik dan hasil karnya juga terbilang unik.

Saya jelaskan secara singkat bahwa Bakul, bake, Nihu, huntung itu adalah sebuah karya yang terbuat dari anyaman bambu yang fungsinya adalah untuk sebagai wadah atau tempat menaruh barang.

Peranan Bake, bakul, Nihu atau Huntung sekarang ini lebih banyak digantikan oleh barang plastic buatan pabrik.Sperti Baskom, ember ,kantong plastic dan lainnya.Sehingga menyebabkan pembuatan peralatan tradisional dari bambu semakin menyusut, pada hal pohon bambu banyak sekali tersedia didaerah kami.

Penyebab lainnya yang membuat saya ingin sekali menguasai keahlian ini adalah nilai ekonomis.Yach.. hasil pembuatan dari anyaman bambu ini memiliki nilai ekonomis,karena masih banyak diburu oleh masyarakat.Sedangkan jumlah dari stok anyaman bambu ini terbilang masih sedikit.

Disamping itu juga hasil anyaman dari bambu ini bisa dijadikan souvenir atau oleh – oleh khas daerah saya.Yang mana tidak ditemukan pada tempat atau daerah lainnya.

Langkah yang saya ambil untuk menguasai keahlian dalam menganyam bambu ini adalah dengan mempelajarinya dari orng tua yang ahli didaerah saya.Semoga hal ini bisa tercapai amin.

2.    MEMBUAT PERAHU


Keahlian dalam membuat perahu tradisonal sudah saya idamkan sejak dahulu, tetapi karena aktivitas saya yang padat maka keahlian ini belum saya kuasai, padahal memiliki nilai ekonomis buat saya.

Apa motivasi saya untuk menguasi keahlian dalam membuat perahu ini ?
Daerah saya merupakan desa yang memiliki sungai, jadi untuk pergi keseberang sungai membutuhkan perahu.Jadi setiap hari kami membutuhkan perahu untuk pergi ke kebun.Kebutuhan terhadap perahu merupakan hal pokok buat kami yang tinggal di dekat aliran air sungai.

Disamping itu juga tenaga ahli dalam membuat perahu ini terbilang sangat sedikit, jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Harga pembuatan satu buah perahu terbilang mahal sekitar dua juta an, itu juga belum termasuk biaya untuk mengecat perahu.Karena upah yang terbilang mahal buat saya maka saya ingin membuat perahu sendiri dengan menguasai ilmunya.

Penyebab lainnya yang mendorong saya ingin menguasai keahlian yang satu ini adalah adanya peluang usaha yang bisa menghasilkan uang.Sebab para pembuat perahu masih terbilang sedikit sehingga persaingan dalam bisnis pembuatan perahu termasuk rendah dan ini merupakan peluang besar.

3.    MEMBUAT GIYAN


Keahlian tradisional berikutnya adalah membuat giyan,giyan adalah peralatan tradisonal dalam menangkap ikan disungai.Saya ingin menguasai keahlian ini karena para pembuat giyan termasuk langka di daerah saya.

Karena kelangkaan ini merupakan peluang saya dalam menambah penghasilan.Sebab harga satu buah giyan terbilang cukup mahal sekitar lima ratus ribu per giyan.Itu juga tergantung jenis dan ukuran giyan, semakin besar giyan maka semakin mahal.Semakin rumit pembuatannya juga semakin mahal.

Jadi keahlian dalam membuat giyan ini merupakan keahlian yang penting untuk dipelajari.Apalagi jika ikan lagi musim disungai maka permintaan akan giyan ini sangatlah banyak.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat dan bisa memberi inspirasi buat para pembaca Asikpedia.Jika ada penulisan dan Ide yang salah dalam artikel ini saya mohon maaf.

0 komentar

Posting Komentar