Memburu Lowongan Kerja – Pada artikel ini saya akan tetap bercerita tentang kisah dan pengalaman saya selama memburu lowongan ke...

Kisahku Memburu Lowongan Kerja Saat Tamat Sekolah SMA

By | Oktober 29, 2016 Leave a Comment


KISAHKU MEMBURU LOWONGAN KERJA SAAT TAMAT SEKOLAH SMA

Memburu Lowongan Kerja
– Pada artikel ini saya akan tetap bercerita tentang kisah dan pengalaman saya selama memburu lowongan kerja.Yang tentunya semua yang saya jalani itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.


Untuk bisa bekerja seenak seperti yang saya jalani sekarang ini tidak lepas dari anugerah rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.Jadi saya sangat bersyukur mendapatkan lowongan kerja di Perusahaan yang saya jalani sampai sekarang ini.


Mengunakan Ijazah sma untuk mendapatkan pekerjaan yang kita sukai tidak lah begitu gampang.Sebab banyak sekali persaingan antara lulusan sma sebelumnya dengan lulusan sma terbaru.


Peluang lowongan kerja untuk anak sma masih ada peluang asalkan kita tidak berdiam diri dirumah saja.Seperti yang saya lakukan dahulu mencari lowongan kerja  kesana kemari,baik Tanya – Tanya dengan teman –teman , cari informasi lowongan kerja pada badan usaha, membaca pengumuman kerja di kantor Pos dan lain sebagainya.


Memang sich jenis pekerjaan untuk anak lulusan sma tidaklah sama dengan orang lulus dari perguruan tinggi.Tetapi jangan kecewa dulu sebab itu adalah langkah awal anda dalam mencari ilmu dan pengalaman, seperti yang saya lakukan dahulu.


Sekarang ini lowongan kerja sangat membutuhkan tenaga terampil dan berpengalaman serta memiliki ijazah strata satu.Jadi bagi para pembaca yang masih memiliki ijazah sma dan belum memiliki pekerjaan maka usahakanlah untuk menamatkan pendidikan diperguruan tinggi.


Orang yang memiliki ijazah dari perguruan tinggi biasanya akan memiliki keberuntungan yang lebih baik dari orang yang memiliki ijazah sma dalam mendapatkan lowongan kerja.


Seperti yang saya alami, dulu untuk kenaikan jabatan dan golongan ditempat saya bekerja yang paling dulu dilirik adalah teman – teman yang memiliki ijazah strata satu.


Mereka yang memiliki ijazah strata satu lebih cepat naik jabatan dan golongan jauh diatas saya, padahal saya sudah lama bekerja diperusahaan tersebut.Jadi saya simpulkan dari pengalaman saya bahwa mereka yang memiliki ijazah lebih tinggi akan mudah mendapatkan keberuntungan.


Lowonga kerja yang sering saya baca dikoran atau media elektronik lebih banyak membutuhkan tenaga administrasi ,tenaga terampil dan tenaga lapangan.Untuk tenaga administrasi lebih banyak diambil dari kalangan sarjana.


Sedangkan untuk tenaga terampil lebih banyak direkrut dari lulusan smk, apalgi jurusan listrik ,mesin dan lainnya.Kalau tenaga lapangan lebih banyak diambil dari lulusan sma, untuk dipekerjakan sebagai tenaga marketing atau pemasaran.


 Saya pernah membaca pada artikel blog teman – teman bahwa lowongan kerja di google itu memang sulit, tetapi gaji yang diterima oleh pekerjanya cukup besar, sehingga banyak sekali orang yang berminat untuk bekerja pada perusahaan goolge.


Lowongan kerja di Perusahaan google lebih banyak diisi oleh orang – orang yang dari lulusan Universitas ternama dan memiliki ilmu pemograman yang mumpuni, kalau saya sich rasanya belum mampu untuk bekerja disana.


Saya pernah beberapa kali mencoba peruntungan melamar lowongan kerja Pegawai nergeri sipil.Sebelum adanya bukaan lowongan kerja pns, biasanya saya banting tulang dahulu dalam mencari uang, maklum untuk melengkapi semua berkas – berkas butuh uang juga, seperti membeli materai, map, ongkos dan lainnya.


Walaupun saya sering gagal untuk diterima menjadi pns , tetapi saya cukup puas karena saya sudah berusaha dengan baik dan maksimal.Sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah lamaran untuk kerja jadi pns, yang pasti itu semua saya ambil sebagai pengalaman saya.


Disamping berburu lowongan kerja pns ,saya juga berburu lowongan kerja swasta pada saat saya tamat sekolah sma dulu.Lowongan kerja swasta yang pernah saya coba seperti : Melamar kerja di perusahaan tambak udang, melamar kerja di perusahaan perkebunan, dan beberapa perusahaan swasta lainnya.


Yang jelas pada waktu saya lulus sma saya berusaha sekuat mungkin agar saya tetap menghasilkan uang, walau hanya kerja serabutan dan apa saja asal halal.


Pernah suatu ketika saya melamar kerja disebuah kota, karena saya tidak hapal dengan mobil jurusan yang akan kita ambil, saya sempat nyasar.Untung saja saya masih hapal jalan pulangnya, kalau tidak mungkin saat itu saya akan panic, maklum waktu itu saya tidak memiliki hp, jadi tidak bisa telpon sanak keluarga.


Kegagalan saya pada waktu itu terletak pada Pysikotes, entah apa yang saya salah tulis sehingga saya gagal.Padahal saya sangat berharap sekali untuk diterima pada perusahaan tersebut.


Ohy saya ada sedikit tips buat  teman – teman pembaca asikpedia.com agar mudah diterima kerja pada saat kita mencari lowongan kerja dimana saja.



Tips Agar mudah Diterima Kerja :

1.    Pastikan ada orang dalam yang memegang ANDA


Dari pengalaman saya melamar kerja setelah lulus sekolah sma,lamaran saya sering ditolak tanpa alasan dan hal itu membuat saya berpikir bahwa tanpa orang dalam lamaran kerja kita tidak ada yang memegang alias hanya dijadikan pajangan semata dimeja kantor.

Beda kalau kita memiliki rekan atau teman orang dalam,biasanya lamaran tersebut akan dipromosikan oleh teman kita, walaupun keputusan diterima atau tidaknya lamaran kerja kita itu tergantung pada management Perusahaan.

Jadi buat teman – teman yang akan melamar kerja sebaiknya lamaran anda dipegang oleh orang dalam perusahaan sebab peluangnya akan lebih besar untuk diterima kerja.

Jika seandainya anda tidak memiliki orang dalam, jangan juga berkecil hati sebab masih ada peluang buat anda.Karena keberuntungan akan bisa milik siapa saja termasuk anda.


2.    Pastikan anda memiliki Pengalaman Kerja


Point agar anda bisa dengan mudah diterima kerja pada badan usaha yang anda lamar adalah dengan memiliki pengalaman kerja.Pengalaman kerja yang sudah pernah anda jalani walau hanya kerja serabutan seperti saya dahulu itu cukup menambah nilai anda dimata badan usaha yang kita lamar.

Orang yang pernah kerja atau memiliki pengalaman kerja akan menjadi nilai  tambah dan pertimbangan penting buat perusahaan.Apalagi jika anda memiliki pengalaman yang relevan dengan perusahaan yang anda lamar.

Tapi jika anda belum sama sekali memilki pengalaman kerja, hal yang harus anda lakukan adalah meyakinkan management perusahaan bahwa anda bisa bekerja dengan baik pada posisi yang anda inginkan atau posisi yang ditunjuk oleh pihak perusahaan.Peluang dan keberuntungan tetap akan menjadi milik orang yang selalu bersemangat, berdoa dan berusaha.


3.    Pastikan anda memiliki Kemampuan di bidang kerja yang anda pilih


Agar Anda bisa dengan mudah diterima kerja oleh pihak perusahaan atau badan usaha lainnya, pastikan anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan tersebut.

Kemampuan adalah point penting, karena perusahaan ingin memiliki calon pekerja yang siap kerja .Pastikan tempat anda melamar kerja merupakan perusahaan yang mencari orang dengan kemampuan yang anda miliki.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat, dan bisa menginspirasi para pembaca.Jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: