22 November 2016

4 Fungsi Pance Di Lingkungan Pedesaan Yang Penting Untuk Anda Ketahui


PANCE – Saya yakin untuk semua orang belum tahu apa itu pance dan fungsinya, beda dengan di daerah saya yaitu Sumatera Selatan pasti semua orang tahu apa itu pance.


Pance adalah sejenis benda yang terbuat dari bambu yang disusun rapi yang berbentuk empat persegi panjang yang mirip dengan meja,tetapi agak besar dan berfungsi ganda.


Bamboo – bamboo yang disusun dan dipaku terlebih dahulu dibersihkan dan diukur dengan ukurang yang diinginkan sehingga persis seperti meja tetapi sedikit lebih pendek.


Nah pada artikel ini saya akan menuliskan fungsi – fungsi pance tersebut dalam kehidupan sehari – hari di daerah Pedesaan.



4 FUNGSI PANCE DI LINGKUNGAN PEDESAAN YANG PENTING ANDA KETAHUI4 fungsi pance dalam kehidupan sehari –hari di lingkungan Pedesaan :



1.    TEMPAT DUDUK


Dari awal pembuatannya pance ini memang dibuat untuk digunakan sebagai tempat duduk atau tempat kumpul – kumpul.Di lingkungan pedesaan peranan pance memang sangat bermanfaat untuk menarik orang untuk berkumpul.

Pance ini biasanya ditempatkan diluar ruangan,misalnya didepan rumah atau dibawah pohon yang rindang.Penduduk desa biasanya mengunakan Fasilitas sederhana ini saat sedang santai.Pance ini bisa memuat sekitar 4 orang atau bahkan lebih tergantung ukuran pance yang dibuat.

Saat sore atau malam hari dikala masyarakat sedang tidak melakukan aktivitas biasanya mereka berkumpul di pance sambil bercerita tukar pengalaman atau bersenda gurau.

Rata – rata tiap rumah penduduk yang ada di desa memiliki satu unik pance,karena duduk dipance diluar rumah sangatlah membuat segar pernapasan sebab bisa mengirup udara dari luar rumah.

2.    TEMPAT MENJEMUR MAKANAN


Selain  tempat duduk pance ini juga berguna untuk menjemur makanan.Biasanya masyarakat desa memiliki makanan unik dan tradisional yang harus dijemur misalnya kemplang singkong.

Nah pance merupakan tempat yang aman dan baik untuk menjemur makanan hingga kering sebab posisi pance lebih tinggi dari tanah sehingga binatang pengganggu seperti semut bisa dihindarkan.

Disamping itu juga pance ini juga terbilang bersih dan mengkilap sebab selalu dibersihkan.Pance ini juga bisa diangkat kesana kemari sesuai dengan arah panas matahari sehingga cocok untuk menjemur makanan hingga kering.

3.    TEMPAT PERALATAN RUMAH TANGGA


Di daearah pedesaan saya perhatikan juga peranan pance ini bisa digunakan oleh penduduk sebagai tempat peralatan rumah tangga.Peralatan rumah tangga yang sering ditempatkan dipance seperti Piring,nampan,baskom,cangkir dll.

Setelah habis dicuci biasanya peralatan rumah tangga tersebut ditempatkan dahulu diatas pance,hal ini dimaksudkan agar air yang menempel pada peralatan rumah tangga bisa mongering.

Di daerah pedesaan peranan pance ini sangat berguna sekali pada saat ada acara hajatan.selain untuk tempat duduk para pekerja yang bertugas memasak juga untuk menempatkan peralatan memasak,sebab saat orang sedang hajatan biasanya peralatan memasak itu banyak sekali, nah pance inilah biasanya selalu bermanfaat.

4.    TEMPAT NGIHEK PADI


NGIHEK PADI adalah proses pemisahan padi dengan tangkainya secara tradisional.Nah biasanya penduduk mengunakan pance ini untuk ngihek padi,sebab lubang – lubang sela yang ada dipance akan membuat padi mudah jatuh kebawah.

Setelah padi tersebut jatuh ke bawah maka akan memudahkan para penduduk untuk mengumpulkan hasil ngihek padi tersebut.

Biasanya pembuatan pance untuk ngihek padi ini dibuat sekuat mungkin agar bisa menahan beban yang banyak.


Di desa pance mudah sekali dibuat sebab bahan – bahan pedukungnya seperti kayu dan bambu banyak disediakan oleh alam lingkungan sekitar desa.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.

2 komentar:

  1. Kalau di daerah sy namanya bangko... biasanya digunakan hanya untuk tempat duduk saja, eh ternyata setelah baca artikel ini banyak juga fungsinya ya...

    BalasHapus
  2. Bangko,,yaach nama lain pance diaerah mas,,Unik Juga.

    BalasHapus