01 November 2016

Pengalaman Kerja Di Warnet Membuatku Mengerti Tentang Game Online

PENGALAMAN KERJA DI WARNET YANG MEMBUATKU MENGERTI GAME ONLINE

Kerja di warnet
pernah saya lakoni atau saya jalani dulu,kalau pagi hari dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 sore saya bekerja di Perusahaan transportasi.Sedangkan setelah pulang kerja saya kerja diwarnet, biasanya sudah Magrib saya mulai masuk kerja.


Kebetulan warnet tersebut adalah milik sepupu saya yang tidak jauh dari rumah saya, sehingga saya hanya berjalan kaki saja ke tempat saya kerja.Saya kerja sampai pukul 00.00 atau sampai pukul 12 malam.Setelah lewat jam itu jika masih ada orang yang masih mengunakan warnet maka kerja dilanjutkan oleh orang lain.


Warnet tersebut dibuka dari pagi hari dan yang paling ramai pengunjungnya pada hari minggu.Hari minggu adalah hari libur anak sekolah, sehingga pada hari minggu adalah saat bermain bagi anak di desaku diwarnet tempat saya bekerja.


Pengalaman Kerja diwarnet memang melatih kesabaran sebab rata – rata pengujung warnet adalah anak –anak yang hobi bermain game online.Anak – anak tersebut suka sekali berisik kalau sedang bermain game online.Disamping juga anak –anak pengujung warnet sering rewel dan rebut sesame mereka sendiri.


Pengalaman kerja diwarnet
membuat saya menyukai game online, banyak sekali game online yang menarik perhatian saya, seperti Point Blank, Empires dan lainnya.


Apa yang saya dapatkan dengan bekerja diwarnet ?


Banyak hal yang bisa saya dapatkan dengan bekerja diwarnet salah satunya adalah uang.Disamping mendapat gaji berupa uang, saya mendapatkan ilmu tentang mengelolah warnet, membuat jaringan, menseting computer dan lain sebagainya.


Uang yang saya dapatkan dengan bekerja diwarnet cukup lumayan, semakin ramai pengunjung warnet maka uang yang saya dapatkan pun banyak.Tetapi kalau sepi saya mendapatkan sedikit uang.Apalgi lampu listrik sedang mati, biasanya warnet terpaksa tutup.


 Dengan bekerja diwarnet saya bisa mengerti cara mensetting IP computer sehingga computer yang dipakai oleh pengunjung bisa di deteksi.Jadi lebih memudahkan pekerja warnet untuk memantau pemakai warnet melalui Billing computer.


Apa itu Game Online ?


Game online itu menurut saya adalah permainan yang mengunakan media seperti computer atau perangkat elektronik yang terhubung dengan koneksi intenet.Jadi permainan game online ini bisa dimainkan oleh kita secara team atau pun sendirian walaupun berbeda jarak antara pemain yang satu dengan lainnya berada ditempat yang sangat jauh, bahkan diluar negeri sekalipun.


Apa saja jenis game online ?


Pengalaman Kerja Di warnet membuat saya mencoba permainan game online yang sering dimainkan oleh anak – anak.Game online yang lagi ngetren saat saya menjaga warnet dulu adalah Game Point Blank, Empires, dan game lainnya.


Game point blank itu adalah game tentang strategi pertempuran, jadi kita seolah – olah sedang ikut bertempur dengan cara memainkan karakter yang kita pilih.Game Point Blank itu sangat seru sebab kita bisa bermain secara team atau  sendiri –sendiri.


Apa dampak game online ?


Sebenarnya game online memiliki dampak yang baik dan buruk bagi pengguna atau pemainnya.Dampak baiknya adalah melatih konsentrasi otak, membuat bahagia , membuat kita menjadi reaktif terhadap sesuatu, melatih strategi.


Bermain game online membutuhkan konsentrasi, misalnya bermain game point blank, sehingga kita terbiasa konsentrasi dalam kehidupan sehari –hari.Disamping itu juga bermain game online membuat bahagia,karena bermain itu membuat senang sehingga bisa membuang jenuh dan stress.


Dengan bermain game online akan membuat kita jadi reaktif terhadap suatu masalah misalnya, bermain point blank, permainan tersebut menurut pengalaman saya bermain point blank melatih saya reaktif terhadap suatu benda atau suatu masalah.


Jika ada suatu masalah yang terjadi dunia nyata membuat saya cepat memutuskan harus melakukan sesuatu, jadi intinya bermain point blank kita dilatih tidak bisa berdiam diri.


Siapa saja yang sering ke warnet ?


Menurut pengalaman saya bekerja di warnet yang paling sering mengunakan warnet adalah anak – anak remaja.Apa saja yang mereka lakukan ? banyak hal yang mereka lakukan seperti., mencari tugas sekolah, membuka media social seperti facebook, tetapi lebih kebanyakan bermain game online.


Orang dewasa ada juga yang mengunakan jasa warnet seperti anak kuliahan yang sedang mencari tugas sekolah tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak dibanding dengan anak remaja yang senang bermain game online.


Berapa tariff pemakaian warnet ?


Tarif untuk mengunakan jasa warnet tidak terlalu mahal hanya sebesar Rp.3000 rupiah perjam, jadi sangat terjangkau oleh semua kalangan pengunjung warnet.Rata – rata pengunaan warnet oleh anak remaja sekitar 3 sampai empat jam dan lebih banyak di dominasi oleh anak pria.


Kalau anak wanita biasanya tidak terlalu banyak,sebab mereka hanya  rata – rata mengunakan jasa warnet hanya untuk membuka media social dan mengeprint tugas sekolah mereka.


Rata –rata dalam sehari bisa menghasilkan uang sebanyak Rp.200 ribu, maklum yang mengunakan jasa warnet hanyalah orang – orang yang ada desaku saja.


Apa sisi positif adanya internet bagi anak sekolah ?


Adanya warnet didesaku membuat banyak manfaat penting bagi anak – anak sekolahan diantaranya adalah bisa mencari tugas sekolah, bisa mencari ilmu pengetahuan, bisa mengirim email, dan masih banyak lagi sisi positif lainnya yang bisa didapatkan oleh anak sekolah dari adanya kehadiran warnet ini.


Tentunya kehadiran warnet ini membuat para anak sekolah menjadi tidak ketinggalan dalam bidang teknologi dan informasi.


Apa dampaknya bagi saya setelah bekerja diwarnet ?


Selama bekerja diwarnet membuat saya banyak tahu tentang seluk beluk bisnis warnet, pengetahuan yang gratis yang saya dapatkan dengan seringnya saya browsing di internet dan tentunya penghasilan saya menjadi bertambah.
Disamping itu saya memiliki banyak teman –teman yang masih remaja, yang selama ini saya tidak begitu akrab menjadi lebih akrab.


Saya banyak mengetahui tentang pola dan prilaku remaja, biasanya para remaja yang sering bolos sekolah mereka akan pergi mengunjungi warnet untuk menghabiskan waktu mereka, para anak remaja lebih menghabiskan uang mereka hanya untuk bermain game online.


Para orang tua anak sering mengunjungi warnet hanya demi mengajak anaknya pulang kerumah, biasanya para orang tua tersebut datang sambil marah- marah kepada anaknya.


Bagaimana perkembangan warnet sekarang ini ?


Dulu jumlah warnet sangat menjamur sehingga banyak ditemukan disetiap sudut kota, sekarang ini warnet mulai sepi sehingga banyak warnet yang tutup.


Penutupan warnet ini lebih disebabkan karena jumlah penguna warnet yang selalu menyusut, hobi bermain game online mulai ditinggalkan oleh banyak anak remaja.Mereka lebih cenderung senang bermain gadget dan bermain game online di hp atau gadget.


Jadi perkembangan teknologi gadget memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan warnet yang ada di kota kami.


Walaupun begitu dikota kami masih ada kok warnet yang bertahan,sebab pengguna warnet dari kalangan remaja masih memiliki peluang.


Perkembangan permainan baru atau game online menjadi factor penentu eksis atau tidaknya sebuah warnet, disamping itu juga factor kenyamanan menjadi penentu ramai atau tidaknya sebuah warnet.Semakin ada permainan baru yang menarik maka warnet akan semakin ramai, dan semakin nyaman warnet di hati pengunjung membuat pemakai warnet menjadi betah berlama – lama diwarnet.


Demikianlah artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman  saya bekerja diwarnet, jika ada kesalahan pada IDe dan Penulisan saya mohon maaf.

0 komentar

Post a Comment