Hampir semua blog yang ada di dunia ini memiliki kotak komentar blog, mengapa harus ada ? sebenarnya tidak harus dijawab mungkin semua orang...

4 Hal Ini Sering Terjadi Di Kotak Komentar Blog Kita

By | Desember 12, 2016 2 comments

Hampir semua blog yang ada di dunia ini memiliki kotak komentar blog, mengapa harus ada ? sebenarnya tidak harus dijawab mungkin semua orang sudah tahu.

Kurang afdol rasanya kalau blog kita tidak memiliki kotak atau kolom komentar, karena kehadiran kolom tersebut merupakan sesuatu yang penting buat pembaca dan penulis.


KOTAK KOMENTAR BLOG
Mengapa begitu penting buat pembaca dan penulis ?

Bukan sesuatu rahasia bahwa kotak komentar blog itu bagi pembaca merupakan media untuk mencurahkan isi hati dan pikiran terhadap artikel yang ditulis.


Bisa jadi juga bahwa kehadiran komentar pembaca pada kolom komentar merupakan tanda bahwa pembaca sudah berkunjung ke blog tersebut.


Saat pembaca menulis komentar di blog ada dua dugaan yang umumnya terjadi    :


1.    Pertama mungkin mereka hanya untuk berkomentar saja, karena factor  suka atau tidak suka terhadap isi artikel tersebut.

2.    Kedua mungkin mereka berkomentar untuk menarik perhatian kita agar bisa berkomentar balik.


Rata – rata saya menduga kedua – duanya sekaligus ,dan merupakan sesuatu yang penting buat saya untuk berkomentar balik ke blog yang sudah berkomentar di blog saya.


Mengapa saya katakan penting ? sebab dengan berkunjung balik dan berkomentar balik rasanya tidak ada ruginya.Malahan kita mendapat banyak keuntungan, misalnya pengetahuan yang kita dapat dari blog tersebut.


Disamping itu juga terjalinnya pertemanan antara kita dengan pemilik blog tersebut, tapi kalau kita mengabaikan mereka maka, kita kehilangan satu teman.


Kehadiran kotak komentar blog bagi penulis merupakan sesuatu  hal yang penting sebab menjadi salah satu media pengukur seberapa baik kah artikel itu dimata para pembaca.


Semakin disenangi artikel tersebut maka biasanya komentar akan semakin banyak, tentunya hal tersebut berdampak Positif terhadap semangat Penulis itu sendiri.




4 Hal Yang Sering Terjadi Di Kolom Komentar Blog :


1.    PUJIAN ATAU SANJUNGAN


Pasti kita semua pernah membaca diblog yang kolom komentarnya banyak berisikan pujian atau sanjungan.

Misalnya : 


“ wah artikelnya bagus sekali ! “ ,

 “ Artikelnya bermanfaat Gan ! “ ,

 “ Sungguh Bermutu artikel ini “


 dan lainnnya.


Apa pendapat anda jika membaca contoh komentar diatas di kotak komentar blog anda ? Saya tebak kemungkinan besar pasti senang, sama halnya dengan saya.


Saya terkadang langsung  berkunjung ke blog tersebut untuk membaca dan berkomentar, saking senangnya artikel blog saya dipuji – puji.


Tetapi apakah benar artikel kita tersebut patut mendapatkan pujian seperti yang dituliskan dikolom komentar ?


Jangan – jangan mereka datang tidak membaca artikel hanya langsung menancapkan kalimat PUJIAN demi untuk MERAYU  kita agar berkunjung balik.


Sebetulnya sulit untuk mendapatkan komentator yang bersedia menuliskan komentar apa adanya sesuai sudut pandang mereka.Tetapi bukan berarti tidak ada, ada tapi jumlahnya masih seddikit.


Sementara ini saya menilai bahwa para komentator blog yang menuliskan komentar yang panjang merupakan orang yang betul – betul menyimak dan memiliki pemikiran yang luas.


Tetapi bukan berarti orang yang berkomentar dengan kalimat yang sedikit tidak memiliki pemikiran yang luas, Cuma mereka hanya tidak mau berlama- lama diblog tersebut,itu kemungkinannya.


Komentar yang berbau PUJIAN atau SANJUGAN memang terbilang ampuh dalam menarik hati PEMILIK BLOG.


Sebab kalimat tersebut memiliki energy yang bisa mengantarkan pemilik blog ke blog yang sudah memberi komentar.


Yang jelas berkomentar dengan kalimat “ MEMUJI atau MENYANJUNG “ tidak salah, tidak berkomentar  pun juga tidak salah, trus apa yang salah….tidak ada, hehe.



2.    PERTANYAAN


Saya tidak heran jika sebuah blog kebanjiran pertanyaan di kotak komentar blog,sebab biasanya blog tersebut merupakan blog Tutorial, atau blog yang berisikan petunjuk tentang sesuatu hal.

Misalnya :
“ Mas bro,,,kok setelah saya coba sesuai dengan tutorial diatas tidak bisa ? apa yang salah ?
‘’ Mas …kalau menuju ke objek wisata tersebut , banyak nyamuk ngk ? “

Memang sich kalau kita ingin banyak yang berkomentar di blog kita, cobalah membuat artikel tentang TUTORIAL, atau tentang WISATA.

Tetapi seorang blogger sejati, tidak mengejar jumlah komentator, ada syukur tidak ada menulis artikel blog jalan terusss….

Jadi pertanyaan pada kotak komentar blog kita merupakan suatu hal yang sering terjadi, dan sebagai penulis kita sebaikknya harus cepat merespon pertanyaan mereka.

Karena mereka sendiri pasti sedang menunggu jawabannya.

Sama halnya dengan saya sendiri jika bertanya pada sebuah blog maka sewaktu – waktu saya pasti mengceknya kembali, apakah sudah direspon atau belum.



3.    KRITIKKAN


Saya jarang sekali membaca sebuah blog yang isi komentarnya berisikan kalimat kritikan, lebih banyak kalimat masukan atau pujian.

Tetapi bukan berarti kalimat kritikan itu tidak ada, misalnya :

“ kok Tamplatenya mahal sekali  !! “
“ Artikelnya memusingkan kepala !!“

Rata – rata orang yang berkomentar di blog saya sangat sopan – sopan sekali, hampir tidak ada kalimat kritikan.

Saya juga demikian jika berkunjung pada blog orang lain selalu berkomentar dari segi positif  saja, sebab jika harus mengunakan kalimat kritikan bisa jadi komentar saya tidak diterbitkan alias terlalu menyakitkan.

Mungkin karena untuk menjaga perasaan hati pemilik blog lah sehingga kalimat yang berbau kritikan jarang muncul.

Tetapi cenderung kalimat kritikan tersebut ada benarnya juga.



4.    SARAN atau MASUKAN


Pada kolom komentar blog pasti pernahlah kita membaca komentar yang berbau SARAN atau MASUKAN, baik di blog kita sendiri maupun diblog orang lain.
Saran – saran dari pembaca yang ditulis pada kotak komentar blog merupakan hal yang penting buat penulis atau pun buat pembaca lainnya.

Sebab biasanya merupakan pelengkap dari artikel yang ditulis, dan juga sebagai bahan pengetahuan tambahan buat para pembaca.


Demikianlah artikel sederhana ini dibuat semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

2 komentar:

  1. artikelnya keren banget mas .. hihi maju terus ya mas, jangan lupa kunjungan baliknya www.tutortatut.xyz

    BalasHapus
    Balasan
    1. TRima kasih atas pujiannya,,,semoga kita maju terus sebagai penulis blog,,,baik dari segi penulisan maupun pendapatanya.AMIN

      Hapus