09 December 2016

Menulis Artikel Blog Tanpa Banyak Pikir, Jalani Dan Nikmati

Mungkin judul artikel saya pada kali ini terlalu sederhana dan kurang memikat,tetapi saya ingin sekali menguraikan apa – apa saja yang terkandung di dalam judul tulisan tersebut diatas.

MENULIS ARTIKEL BLOG
Saya mendapat ide untuk menulis judul diatas karena masukkan dari teman saya yang ada dikolom komentar yaitu Pak Anton, selaku pemilik Bog Maniak Menulis.

Singkat dan padat menurut saya komentar beliau pada artikel saya tersebut yang saya ambil intinya menjadi “ tulis artikel tanpa banyak pikir, jalani dan nikmati “.


Komentar beliau menjadi sesuatu yang berguna buat saya sebagai bahan renungan dan masukan penting buat kita para blogger pemula.


Sederhana tetapi memiliki makna yang sungguh mendalam menurut saya.Betapa tidak, coba kita pisahkan judul diatas menjadi 4 bagian yaitu :



1.    Menulis Artikel Blog


Memang pekerjaan pokok kita sebagai blogger adalah menulis artikel, dan tidak ada batasan dalam menulis sebuah tulisan.

Tinggal kita sendiri yang menentukan batasannya , apa harus menulis yang bermanfaat atau tidak.Soal jumlah suku – kata juga tidak ada yang membatasinya tergantung dari kemampuan kita sendiri –sendiri.

Jadi sebenarnya menulis artikel blog  itu sungguh asyik sekali, jika kita memang menyenanginya dan memiliki waktu yang cukup.

Menurut sudut pandang saya menulis artikel di blog itu sama halnya kita merekam sesuatu berbentuk kalimat.

Kenapa harus direkam ?

Seringnya  ide yang bermanfaat muncul tiba – tiba di kepala kita membuat kita harus memiliki media untuk merekamnya agar ide tersebut tidak hilang.

Seiring dengan berjalannya waktu terkadang ide tersebut hilang begitu saja jika tidak kita tulis di blog.

Nah peranan penting blog sebagai salah satu media menulis amatlah penting bagi seseorang yang menyukai dunia tulis-menulis.

Disamping itu juga menulis artikel di blog memiliki keunggulan jika dibandingkan kita menulis di buku kecil biasa, sebab tulisan kita punya potensi untuk dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.

Sehingga manfaatnya juga akan dinikmati oleh orang banyak,beda buku kecil yang hanya tersimpan rapi dirak buku dirumah kita.Tentunya hanya segelintir orang saja yang akan membacanya.

Menulis artikel diblog juga bisa mendatangkan penghasilan sehingga menjadi salah satu penyemangat para blogger.


2.    Tanpa Banyak Pikir


Hal kedua yang saya ambil dari judul diatas yaitu menulis tanpa harus banyak mikir, bukan berarti kita tidak boleh berpikir dahulu dalam menulis.

Terkadang kita terlalu banyak berpikir dalam mencari ide tulisan, sehingga proses menulis pun terhambat dan waktu berlalu tanpa hasil tulisan.

Saya juga pernah mengalaminya, nah untuk menyiasatinya saya menulis terlebih dahulu judul artikel saya, lalu buat kerangka tulisan.Jika ada waktu maka saya langsung mengembangkan ide tulisan itu menjadi kalimat yang lebih panjang.
Tetapi jika saya belum ada waktu untuk menulis artikel blog maka saya menyimpanya terlebih dahulu.


3.    Jalani


Jika kita sudah punya ide atau bahan untuk menulis sebaiknya segera jalani, apalagi jika kita sudah memiliki tabungan tulisan yang sudah kita simpan sebelumnya.

Jika kita terus menunda menulis artikel padahal memiliki waktu luang dan ide tulisan, biasanya akan membuat kita menjadi malas menulis.

Rasa malas itu jika kita tetap pelihara maka akan membuat blog kita sepi tulisan, yang tentunya akan berdampak pada hal lainnya, seperti turunnya traffic pengunjung, turunnya penghasilan blog dan lainnya.

Turunnya penghasilan blog lewat iklan adsense, memang saya belum merasakannya,sebab blog ini belum ada iklan.Tetapi banyak teman – teman lain yang mengeluh jika postingan artikel semakin jarang kita posting maka berdampak buruk dengan penghasilan.

Iya sich wajar saja menurut saya sebab, mana ada pembaca yang suka mengulang membaca tulisan artikel, walaupun ada itu kecil jumlah pembacanya.

Biasanya orang akan lirik artikel terbaru, jika ada mereka baca dan jika belum ada mereka akan pergi.

Hal itu biasanya dilakukan oleh pengunjung yang berlangganan dengan blog tersebut.

Tetapi pengunjung yang mencarinya lewat mesin search engine Goolge biasanya tidak peduli dengan artikel lama atau baru, kalau artikelnya sudah nempel di halaman pertama Google, mereka akan klik saja.

Jadi sebaiknya dalam menulis artikel kita jalani saja, lambat laun setiap kata yang kita rangkai akan menjadi sebuah tulisan.

Jangan banyak mikir tapi banyaklah menjalani, jangan menunda tetaplah action dalam menulis artikel blog.


4.    Nikmati


Menurut saya ada dua kenikmatan yang mestinya kita rasakan dalam ngeblog yaitu kenikmatan dalam menulis dan kenikmatan dalam membaca tulisan itu sendiri.

1.    Kenikmatan menulis

Pernah terpaksa menulis ? saya pernah merasakannya dan menjalaninya pada waktu menulis blog khasiatjitu.

Saat menulis artikel blog itu saya seperti dikejar – kejar oleh sesuatu yang saya sebut “ SETORAN ARTIKEL “.

Pada saat saya dikejar – kejar Setoran Artikel membuat saya merasa terpaksa dan tidak nyaman, sebab waktu dulu saya memang sangat buru – buru untuk mendaftarkan blog khasiatjitu ke Adsense.

Beda sekali dengan cara saya menulis artikel blog ASIKPEDIA.COM ini saya lebih terasa santai tanpa beban.

Jadi kata  demi kata saya tulis dengan nikmat, sehingga tulisan saya diblog ini banyak yang panjang – panjang , karena keasyikan sehingga lupa untuk mengakhirinya.

2.    Kenikmatan Membaca Tulisan

Pernah tidak hasil tulisan kita, di baca oleh kita sendiri secara berulang,mungkin jawabannya pernah atau tidak pernah.

Coba anda baca kembali tulisan anda dengan baik, bagaimana rasanya ?Jika kita sendiri selaku penulisnya asyik membaca tulisan kita sendiri maka kemungkinan besar tulisan kita tersebut asyik juga dihati dan pikiran orang lain.

Jika tulisan kita membosankan kita sendiri, maka begitulah yang akan dirasakan oleh pembaca blog anda.


Demikianlah artikel sederhana ini dibuat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.


Bagi saya Komentar Anda Maha Penting Buat saya dan Blog ini, jadi jangan ragu untuk sekedar menuliskan beberapa kalimat pada kolom komentar.Trim’s

6 komentar:

  1. 4 hal itu menurut saya sangat penting, tapi kita sebagai seorang blogger tdk bs menulis begitu saja. Salah satu hal yang sangat perlu dilakukan adalah riset keyword.
    .
    Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri, blog dg 1000 artikel tanpa riset itu tidak mampu menghasilkan trafik seperti pada blog dg 50 artikel tapi diriset terlebih dahulu.

    Tapi kalau kita jurnalis, menulis itu tak perlu susah cari ini dan itu, berbeda dg blogger seperti kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima Kasih Yach Mas Achmad atas saran dan masukannya...

      Saya dapat Ilmu dan Pelajaran penting dari Mas Achmad,, bahwa boleh menulis sebanyak mungkin tapi perlu riset keyword,,,agar blog kita bisa diketemukan banyak orang,,,sehingga trafik meningkat.

      Mksih yach mas sekali lagi atas sarannya...

      Delete
  2. Saya sih tetap pilih menulis bahkan tanpa melakukan riset keyword.

    Jalani dan nikmati saja.

    Tetapi, itu tergantung tujuan. Kalau memang mentargetkan harus dibaca orang, mungkin riset keyword membantu, mungkin juga tidak.

    Kenyataannya bahkan tanpa riset keyword sekalipun yang baca pun tetap ada. Kalau saya melakukan riset keyword seperti yang disarankan, blog utama saya mungkin tidak akan pernah jadi. Tetapi, dengan jalan apa adanya dan menulis apa yang saya lihat justru web tersebut berjalan dengan baik dan mendapat cukup banyak pengunjung.

    Banyak jalan menuju ke Roma, bukan cuma satu jalan. Riset keyword hanya salah satu cara saja.. bukan keharusan.

    :-)) kalau ada yang bilang sebuah keharusan , yah saya cuma bisa bilang berarti ga pernah baca mojok.co atau blog agus mulyadi.. hehe atau yah terkena sindrom blogger tutorial yang terbiasa mengatakan hanya ada satu jalan ke roma.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang sudah dikatakan oleh Pak Anton Juga,merupakan cara yang sudah teruji dengan baik...saya sendiri sudah melihat dan membaca blog Utama Beliau yang diberi nama " LovelyBogor.Com

      Jumlah pembaca dari blog Utama Pak Anton juga terbilang sangat banyak dan selalu bertambah.

      Tergantung dari pribadi Blogger masing2...mau menuju ke Roma Dengan Pesawat apa ? semuanya akan bermuara ke arah yang sama.

      Delete
  3. Sependapat dgn apa yg Kang Nata tulis dan jg mas Anton.. Artikel akan lbh hidup kalo kt menulisnya dengan hati ( lewat jari tangan di keyboard :-D ) . Riset keyword memang penting, tp pengunjung adalah manusia, yg tentu akan lebih nyaman jika membaca rangkaian kata yg natural dan tidak di paksakan. Bkn hal mudah untuk bersaing dengan website kelas kakap dlm permainan keyword populer.. Just my opinion.. N jujur, saya suka dgn gaya penulisan Kang Nata yg apa adanya.. ada bnyak hal yg bs saya jadikan pembelajaran di asikpedia. Asyeekk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih yang tak Terhingga saya ucapkan kpd Mas Kopi Hitam....atas kunjungannya dan Kejujurannya.

      saya cenderung lebih nyaman menulis apa adanya, apalagi konten yang berasal dari pengalaman...membuat menulis lebih mudah dan mengalir....

      Delete