Saya tebak, anda adalah orang yang suka pergi ke Objek Wisata ? betul tidak ? kalaupun salah, cobalah dulu sekedar melihat – lihat gambar di...

7 Fhoto Jepretan Sendiri, Tema Objek Wisata Air Terjun Curug Tenang

By | Januari 11, 2017 6 comments

Saya tebak, anda adalah orang yang suka pergi ke Objek Wisata ? betul tidak ? kalaupun salah, cobalah dulu sekedar melihat – lihat gambar di bawah ini, mungkin akan membuat anda bisa sedikit tertarik untuk berkunjung ke Objek Wisata Curug Tenang.

Objek wisata air terjun curug tenang berada di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara enim, Sumatera Selatan.


Saat pergi ke Objek Wisata Air Terjun Curug Tenang, saya mencoba belajar menjepret fhoto yang ada di sekitar objek wisata tersebut.


Selama ini saya terlalu acuh dalam hal fhoto - memfhoto, bagi saya membuat fhoto atau berfhoto adalah kegiatan yang membuang – buang waktu, tapi setelah saya mulai ketagihan ngeblog, maka mencari atau membuat fhoto karya sendiri memiliki tingkat kepuasan tersendiri.


Nah ini adalah hasil fhoto dan penjelasannya, semoga pembaca tidak kecewa :



1.    AIR TERJUN CURUG TENANG

AIR TERJUN CURUG TENANG


Fhoto ini saya ambil sebelum menyeberangi jembatan penghubung , dan saya selalu ambil gambar Air terjun curug tenang dari berbagai sisi.

Tujuannya jelas agar saya bisa menikmati pemandangan tersebut dari berbagai sudut dengan objek yang sama.

Hanya bermodalkan kamera depan Smartphone dengan resolusi kecil, menurut saya cukup menarik, apalagi dengan mengunakan kamera resolusi lebih besar.

Kelebihannya mengambil gambar dari jarak yang cukup jauh dari Air terjun curug tenang adalah kamera Smartphone saya tidak basah.

Kalau dalam jarak 20 meter maka situasi seperti sedang hujan gerimis.


2.    JEMBATAN TEMPAT STRATEGIS UNTUK BERFHOTO SELFIE 

AIR TERJUN CURUG TENANGDalam waktu puncak kunjungan ke Air terjun curug tenang, sekitar  pukul 08.00 s/d 13.00 siang jangan harap anda akan punya tempat untuk numpang berfhoto diatas jembatan penghubung.

Sebab rata – rata pengunjung engan meninggalkan tempat tersebut, sebab jembatan tersebut merupakan tempat strategis untuk berfhoto selfie dan melihat – lihat pemandangan sekitarnya.

Arus orang berjalan diatas jembatan penghubung, baik yang mau pulang atau pun baru datang cukup padat.

Sehingga anda harus memperhatikan anggota keluarganya jangan sampai tertinggal jauh di belakang.

Kondisi jembatan tersebut saya lihat cukup kuat dan kokoh untuk menampung orang yang melewatinya.

Tapi bagi anda yang takut ketinggian, jangan sering melihat kebawah.

Sebaiknya tidak terlalu lama diatas jembatan tersebut saat berfhoto selfie, karena akan menganggu pejalan kaki lainnya.


3.    ANTRIAN DI TANGGA MENUJU KE PUSAT AIR TERJUN

AIR TERJUN CURUG TENANG


Fhoto saya selanjutnya adalah mengabadikan orang – orang yang menuruni dan menaiki anak tangga yang berada tidak jauh dari sumber air terjun curug tenang.

Sebuah pemandangan yang cukup menarik hati, sebab banyak orang yang rela untuk antri dengan sabar dan datang ke objek wisata ini hanya untuk menikmati indahnya sebuah air terjun yang dialiri oleh air dari sumber air bukit barisan.

Tangga tersebut cukup kokoh, karena terbuat dari semen dengan dilengkapi pegangan tangan sehingga pengunjung tidak terjatuh.

Menaiki anak tangga ini sebaiknya berjalanlah dari sisi kiri, sebab kalau dari sebelah kanan maka, kita akan bertabrakan dengan orang yang berlawanan arus dengan kita.

Jika ingin mengambil fhoto jangan lupa memperhatikan anak tangga agar anda tidak terpeleset.


4.    KOLAM IKAN YANG MENEDUHKAN HATI

AIR TERJUN CURUG TENANG


Sekitar 20 meter dari tempat parkir motor disebelah kanan jalan setapak menuju air terjun curug tenang maka kita akan melihat sebuah kolam ikan yang cukup luas.

Dan salah satu ikan yang di budidayakan di kolam ini adalah ikan jenis Nila.

Dengan dilengkapi tempat duduk yang cukup nyaman maka kita bisa menikmati kolam ikan yang meneduhkan hati ini dengan sepuasnya.

Tetapi kebanyakkan pengunjung lebih memfokuskan untuk segera datang ke pusat air terjun curug  tenang.


5.    TEMPAT DUDUK YANG TAK PERNAH SEPI

AIR TERJUN CURUG TENANG

Rasa lelahnya para pengunjung  baik yang baru datang maupun yang sudah puas menikmati air terjun curug tenang bisa menggunakan Fasilitas tempat duduk untuk istirahat ini.

Tempat istirahat ini bukan merupakan satu – satunya tempat istirahat sebab masih banyak lagi disediakan tidak jauh dari pusat air terjun.

Dalam waktu puncak biasanya tempat duduk ini selalu pada dipenuhi oleh pengunjung,jadi anda harus mencari tempat alternative untuk istirahat lainnya seperti warung – warung kecil dekat air terjun.


6.    TEMPAT PARKIR YANG NYAMAN DAN AMAN

AIR TERJUN CURUG TENANG


Karena banyaknya pengunjung yang membawa kendaraan pribadi baik motor atau pun mobil maka anda jangan khawatir tidak kebagian tempat parkir sebab lahannya cukup luas.

Disekitar tempat parkir selalu berjaga petugas parkir yang akan menjaga kendaraan anda, jadi cukup aman dan nyaman untuk kita tinggalkan.

Suasana didekat parkir motor juga terasa teduh sehingga menjadi tempat  yang nyaman buat anda melepas lelah setelah anda puas menikmati indahnya air terjun curug tenang.


7.    BASAH – BASAHAN


AIR TERJUN CURUG TENANG


Bagi yang suka mandi basah – basahan maka, saat ke Air terjun curug tenang maka anda bisa sepuasnya bermain disana.

Baik di aliran air terjun maupun di bawah air terjun itu sendiri.

Tapi hati – hati loh sebab banyak sekali batuan besar yang lumayan licin kalau anda tidak hati – hati.

Atur berapa lama anda bermain dengan air tersebut, agar tubuh anda tidak masuk angin.

Untuk ganti pakaian anda jangan khawatir sebab banyak toilet umum yang berada tidak jauh di pusat air terjun.

Saat berada di objek wisata air terjun curug tenang pastikan anda dan keluarga anda tidak terpisah dari rombongan sebab, pada tahun baru para pengunjung sangat membludak.


Demikianlah artikel sederhana ini saya buat, semoga bermanfaat jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

6 komentar:

  1. Mantapss.. sekalian belajar fotografinya kang.. jadi sambil menyelam minum air. Bisa dapet pengetahuan tentang bagaimana memotret yang baik.

    Foto-fotonya bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fhotonya mungkin bagus - bagus pak,,tetapi teknik memfhotonya saya kira masih kurang...mungkin saya harus belajar lagi dari blog bpak yang tentang Potret itu.....

      atau Bpak bisa kasih saran...?

      jenis kamera ternyata berpengaruh juga terhadap hasil...

      Hapus
  2. Begitulah kang.. mau tidak mau jenis kamera bisa berpengaruh terhadap hasil. Tetapi, kalau kita tahu memotretnya, paling tidak cara menempatkan fokus, hasilnya bisa lumayan.

    Kebetulan saya sedang pindah blog tentang memotretnya ke tempat lain dulu. Blogspot ternyata kurang cocok untuk blog fotografi, atau mungkin template yang dipakai ga pas. Jadi saya alihkan pakai wordpress (pakai subdomain saja)

    Pelan-pelan kang. Nikmati saja proses belajar fotografinya. Jangan terlalu ngoyo malah nggak menikmati. Nanti kalau sudah terbiasa perlahan tapi pasti hasilnya akan membaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih tau saja saya Pak..sebab ilmu cara memotret saya sangat membutuhkannya...

      Hapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Objek Wisata Air Terjun Curug Tenang di Sumatera Selatan.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh terima kasih banyak...Mas Rangga

      Hapus