14 June 2017

Sudahkah Saya Menulis Artikel Original ?

Sebuah pertanyaan sederhana  yang saya tujukan kepada diri saya sendiri dan menjadi bahan renungan sekaligus PR Besar untuk hari – hari saya selanjutnya.

Memang terlalu mudah untuk diucapkan namun belum tentu bisa dengan mudah juga mewujudkan menulis artikel Original dengan benar dan konsisten.


Sudahkah Saya Menulis Artikel Original ?
pixabay

Saya jadi ingat penjelasan Dari blog MM Karya Anton Ardiyanto Tentang Artikel Original, Yang mengatakan bahwa Artikel Original itu adalah “ Semua tulisan yang di dasarkan pada pemikiran yang belum pernah diterbitkan sebelumnya “.

Nah kalau mengacu pada pemahaman yang digelontorkan oleh Pak Ardiyanto, sepertinya karya – karya di blog saya memang masih sedikit yang Ori.( Saya jadi Malu…… )

Karena selama ini atau lebih tepatnya ngeblog dari bulan November tahun 2015 hingga 2017 ini, sepertinya masih campur aduk seperti Es Campur.Walau terasa enak penuh dengan Variasi, namun tidak menunjukan Indentitas diri sendiri.

Saya terkadang Menulis Artikel Original berdasarkan pengalaman sendiri dan terkadang menulis Ulang dari Materi yang sudah banyak bergentayangan di Jagat Internet.

Jadi memang selama ini saya sangat kurang menulis Artikel Original dengan blog Khusus.

Blog Asik pedia ini saja….seperti terlihat Abu – Abu, campuran artikel tulis Ulang dan Sedikit Original.Setingan dari awal hanyalah untuk menulis tentang diri pribadi saja, lalu meleset dengan menulis apa saja……

Kedepannya saya ingin menulis artikel original atau lebih tepatnya belajar menulis sesuatu yang memang berasal dari pemikiran dan kisah – kisah saya sendiri.

Sehingga suatu saat kelak pertanyaan yang saya tuliskan berupa judul diatas bisa terjawabkan dengan sebuah tindakan menulis.

Memang tidak mudah bagi saya yang masih pemula ini untuk membebek gaya blogger yang sudah membuat brand sendiri – sendiri.

Namun tidak ada sesuatu yang sulit, kalau menulis artikel original yang dimulai dari materi yang kita sukai dan kita kuasai.

Memang benar  kata promo blogger “ Buatlah Blog Unik dan Menarik “ dan dapatkan penghasilan dari Hobimu.

Artinya kita memang harus menulis dari sesuatu yang kita sukai dan berbeda serta dikupas atau ditulis dengan gaya yang menarik seperti blog Lovelly Bogor dan Blog Agus Mulyadi.

Terus bagaimana dengan Anda ? Apakah masih melakukan rewrite dalam membuat artikel ? renungkanlah tujuan anda !

Sekian.

2 komentar:

  1. Halah.. Kang.. Nggak usah ruwet sama istilah original atau nggak. Saya mah yang penting nulis ajah.

    Kalau ada yang mau nyebut saya nggak original juga ga masalah. Hehehehehe...:D

    Ntar saya coba terjemahin ke dalam bahasa Inggris deh

    ReplyDelete