Berawal dari ketidak sengajaan membaca pemberitaan tentang sebuah badai yang bernama “ Irma “ yang sedang menerjang Florida, Amerika Serikat...

Kok Nama Badainya Bernama Irma ! Kenapa yach ? Mungkin Ini Alasannya

By | September 11, 2017 6 comments

Berawal dari ketidak sengajaan membaca pemberitaan tentang sebuah badai yang bernama “ Irma “ yang sedang menerjang Florida, Amerika Serikat pada 10/09/17.

Kok Nama Badainya Bernama  Irma ! Kenapa yach ?
viva.co.id
Membuat saya cukup penasaran, terhadap penamaan badai – badai yang sering menerjang di Negeri Paman Sam itu.

Kok unik yach…sebuah badai diberi nama mirip dengan nama manusia, apa sich maksudnya ? begitu kira – kira yang ada dipikiran saya.

Apalagi diberi nama dengan sebutan “ Irma “ terkesan berbau nama orang Indonesia saja, sama dengan nama anak tetangga saya, Irma Juminten. :)

Usut punya usut, ternyata pada awalnya badai hanya diberi label dengan angka garis lintang – bujur saja.Tujuannya untuk mempermudah para Ahli Meteor untuk melacak badai.

Akan tetapi penamaan badai hanya dengan memakai angka garis lintang – bujur membuat pihak pencari informasi mengalami kesulitan, sehingga peluang keselamatan pun menjadi rendah.

Sehingga kemudian Pusat Badai Nasional Amerika Sekitar ( NHC ) menyiapkan sebanyak 21 nama badai setiap tahun untuk 7 tahun berjalan.

Otoritas pemberian nama – nama untuk badai tersebut berada dibawah pengawasan Badan Meteorologi  Dunia ( WMO ).

Dengan adanya penamaan badai yang mirip nama manusia ini, diharapkan agar media lebih mudah mempublikasikan prihal badai yang akan terjadi dan diharapkan pula banyak orang yang tertarik terhadap peringatan tentang badai yang akan terjadi.

Sehingga tingkat keselamatan bagi Manusia dari ancaman badai menjadi tinggi.

Dan ternyata jurus membuat orang tertarik terhadap penamaan badai memang terbukti, salah satunya saya yang menjadi tertarik untuk membaca dan mengetahuinya.

Penamaan badai ternyata hanya sampai pada aksara ‘ W ‘ saja, karena tidak ada nama badai yang diwakili dengan huruf Q, U, X, Y, Z.

Penamaan badai ini sudah dimulai sejak tahun 1950 yang memang tujuannya adalah untuk edukasi, namun tidak boleh menggunakan nama seorang Penjahat atau Pembunuh.

Sebelum tahun 2017 sudah banyak nama – nama badai yang dibuat, seperti : Matthew, Otto, Erika, Ingrid, Joaquin, Irene, Sandy, Igor, Tomas, Katrin dan masih banyak lagi.

Sedangkan nama Badai yang disiapkan oleh Pusat Badai Nasional Amerika Sekitar ( NHC ) untuk tahun 2017 berjalan, seperti Arlene, Bret, Cindy, Don, Emily, Franklin, Gert, Harvey, Irma, jose, Katia, Lee, Maria, Nate, Ophelia, Philippe, Rina, Sean, Tammy, Vince dan Whitney.

Jadi karena ada badai yang terjadi di bulan September Tahun 2017, maka penamaannya menggunakan nama “ Irma “ .

Sedangkan nama “ Harvey ‘ sudah dipakai untuk badai yang terjadi di Texas sebelum badai Irma terjadi.

Bagaimana menurut pembaca ? 

Mau Namanya diabadikan untuk nama Badai ?






Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

6 komentar:

  1. Aku pernah baca tentang penjelasan nama badai irma di salah satu website portal.., ya memamg nama badainya terkesan aneh.., hehe

    BalasHapus
  2. iya mas untuk memancing rasa ketertarikan Masyarakat agar cepat tanggap sebelum badai terjadi.

    BalasHapus
  3. Nama "Irma" mudah diingat seperti
    nama "Rina"
    Boleh juga pakai nama "Nata" hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.... kalau nama saya dipakai...mmmm...saya tidak tahu sebesar apa badai yang terjadi. :)

      tapi kalau nama badainya " Maya " mmm...saya yakin badainya pasti menyejukkan dan tidak terlalu parah...hehe.

      Hapus
  4. Oohh..itu cuma penamaan aja to. Saya kira itu nama penemu badai tersebut.
    He..he...he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... bukan Mas, kalau penemunya sich....saya kurang tahu mas... karena badai tidak perlu di temukan mas dia datang sendiri.....tapiiii,,,,jangan sampai datang dech bisa berabe..kwkwkwk :)

      Hapus