Berawal dari sebuah isi email yang masuk yang dikirim oleh seseorang yang berkerja di Bagian Marketing Penyedia Hosting maka artikel ini sa...

PA dan DA SERTA RANGKING BLOG ASIK PEDIA BULAN DESEMBER 2017

By | Desember 19, 2017 15 comments
Berawal dari sebuah isi email yang masuk yang dikirim oleh seseorang yang berkerja di Bagian Marketing Penyedia Hosting maka artikel ini saya buat dengan tujuan untuk mengetahui PA dan DA Serta Ranking Blog  dari Bulan Ke Bulan.

Isi email dari Bagian Marketing Penyedia jasa Hosting Itu berbunyi “ Untuk situs Admin, site metricsnya berada di UR 20 dan DR 35 “.

Terus terang saya binggung apa itu UR dan DR ? dari tool atau web mana ia mengecek UR dan DR blog saya. Saya ingin mengetahuinya namun binggung sebab di mesin pencari Google tidak ada informasi mengenai UR dan DR.

Tapi kalau DA dan PA blog saya mengerti, apa istilah UR dan DR itu sama dengan pengertian DA dan PA Situs ?

Kemudian saya lempar ke Forum untuk mengetahui jawabannya.

Menurut teman yang di forum, UR itu kepanjangannya adalah Url Rating , sedangkan DR kepanjangannya adalah Domain Rating.

Web atau situs yang menyediakan untuk mengecek UR dan DR blog adalah Ahrefs.

Singkat cerita saya pun meluncur ke websitenya Ahrefs. 

Ternyata si Ahrefs ini adalah situs yang menyediakan jasa untuk mengecek Site explorer, Position explorer, Content explorer, Crawl report, Position tracker, Domain Comparison Tool, Batch Analysis, Link Intersection, New and Lost Backlinks sebuah blog atau website.

Menurut kata teman – teman fungsinya sama dengan Moz ( situs untuk mengecek PA , DA dll sebuah blog ) tapi lebih lengkap.

Namun ternyata pengecekan seputar informasi  yang saya inginkan harus dilakukan dengan mengeluarkan uang dari Kocek alias berbayar sekitar $ 7.

Akhirnya misteri UR dan DR blog saya yang dikatakan oleh Si Bagian Marketing Penyedia Hosting pada angka 20 dan 35 tidak bisa saya ungkap.

Untuk melepas kekecewaan ini, hingga akhirnya saya menggunakan Jasa MOZ untuk mengetahui berapa angka DA dan PA blog Asik Pedia.

Selama ini saya jarang untuk mengecek tentang DA, PA dan Ranking blog pribadi, sebab menurut saya buat apa dilakukan, saya lebih melakukan hal lain.

Namun ternyata DA , PA dan Ranking blog sangat berpengaruh terhadap keputusan Si pemberi Job Review, ini yang membuat saya sadar.

Jika seandainya saya ingin menekuni dunia job review Website atau bahasa sederhananya ingin mendapat orderan menulis artikel review , maka mau tak mau harus berusaha untuk meningkatkan DA dan PA blog Asik Pedia.


Berapa DA blog Saya ?

PA dan DA SERTA RANGKING  BLOG ASIK PEDIA BULAN DESEMBER 2017

Saat saya cek di Bulan Desember 2017 ini, maka DA ( domain Authority ) blog Asik Pedia pada Angka 8. Sebuah angka yang masih kecil dan imut kalau dibandingkan dengan blog tetangga sebelah.

Urutan angka DA dari terendah hingga tertinggi adalah dari Angka 0 sampai dengan 100.

Kalau mengacu Pengertian dari DA ( Domain Authority ) itu artinya kekuatan domain blog ini termasuk masih lemah. 

Pengertian DA ( Domain Authority ) adalah kekuatan domain yang dimiliki oleh website atau blog yang berdasarkan pada faktor usia, popularitas, dan ukuran dari domain itu sendiri. 

Memang patut saya akui bahwa umur blog ini baru satu tahun lebih satu bulan, sebuah umur blog yang tergolong masih muda dan butuh perhatian lebih.

Dari segi popularitas juga blog ini bukanlah sebuah blog yang terkenal seperti blog Lovely Bogor, Juragan Cipir, Maxmanroe atau blog – blog lainnya.

Dari segi jumlah artikel yang sudah dipublish juga masih terbilang sedikit, masih diangka tiga ratus-an artikel.  

Cara Meningkatkan DA Blog Asik Pedia menurut saya :

- Harus Bersabar dan terus menerus menggunakan domain TLD.
- Rajin menulis artikel
- Dll

Atau ada masukan lain dari pembaca tentang cara meningkatkan DA ( Domain Authority ) ?

Sedangkan PA ( Page Authority ) blog Asik Pedia pada Bulan Desember 2017 ini : bertengger pada angka PA 23.

Dan urutan PA dari terendah sampai tertinggi dari angka 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai PA blog atau website tersebut, maka kemungkinan untuk dapat muncul di search engine sangatlah tinggi.

Kalau dari yang saya baca di Internet Page Authority ( PA ) adalah gambaran rangking pada website maupun blog yang dilihat atau ditemukan di mesin pencari Google. 


Berapa PA blog ini ?

Kalau melihat PA blog ini yang sudah pada Angka 23 sudah termasuk lumayan, walau belum begitu bagus ( Lihat gambar screnshot diatas ). 

Salah satu cara yang dipakai untuk meningkatkan PA blog sepertinya harus terus menulis artikel begitu dari informasi yang saya baca. 


Di Urutan Ranking ke Berapa Blog ini ?

PA dan DA SERTA RANGKING  BLOG ASIK PEDIA BULAN DESEMBER 2017








Sedangkan dalam urusan Global Ranking blog ini masih dalam urutan 9.809.062 , sangat gendut sekali, mungkin sering ngemil dan jarang olahraga. 

Kalau Ranking Di Indonesia blog Asik Pedia ini dalam urutan  3.52.591 versi Alexa, masih terbilang gemuk dan butuh kerja keras untuk merampingkannya.

Dari yang saya informasi yang saya baca, untuk membuat ranking blog menjadi ramping tetaplah harus rajin menulis, sebuah kebiasaan yang beberapa bulan terakhir ini sudah saya tinggalkan.

Jadi wajar saja Rangking blog saya menjadi gemuk, rupanya pengaruh dari malas menulis artikel.

Ohy ada 3 saran dari sumber yang saya baca untuk merampingkan rangking blog, yaitu dengan cara Melakukan BlogWalking, Memasang Alexa toolbar di Browser, Memasang Alexa  widget.

Untuk ketiga saran tersebut jujur saja saya belum mengerti akan fungsi dan hasilnya jika melakukannya.

Mungkin pembaca bisa menjelaskannya ?
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

15 komentar:

  1. thanks infonya gan,kayak nya punyaku lebih rendah dari itu deh,karena umur blog ku baru 4 bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk umur blog yang masih 4 bln sdh cukup hebat Mas, karena sudah ada iklan Adsensenya.

      soal DA PA itu penting ngk penting mas,,,,abaikan saja dan rajin menulis... toh rezeki tak kemana, hehehe

      Hapus
  2. Saran satu lagi.. Nggak usah dipikirin.. wkwkwkwkwkw

    Menulis saja terus sebanyak banyaknya. Perlahan tapi pasti pengunjung akan meningkat. Pengunjung meningkat dan ujungnya juga bisa naik PA dan DA

    Usia blog juga tidak terasa akan menua tanpa perlu mikirin.

    Itu cara saya kang.. saya sendiri nggak inget PA dan DA Lovely Bogor. Masih unyu-unyu kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. DA BLOG LB : 34 Dan PA-nya 29, cukup besar kalau dibanding blog saya, hehehe.... kalah kualitas sepertinya kalau diadu dng blog LB. :)

      gLOBAL rANK BLOg LB : 771,726
      Rank in Indonesia : 14,998

      wowww,,,,sudah sangat bagus sekali pak, terkesima saya. :)

      iya sich Pak menulis dan menulis saja seharusnya begitu....biar kelak DA PA nya naik sendiri, klu ngk naik ya di paksa naik aj. hehehe....

      Hapus
  3. Tetap semangat Kang 😆

    Karena baca artikel ini, saya juga iseng cek PA dan DA Maringenet, sesuai dugaan, keduanya masih berada di angka 1/100 😂😂

    Tapi tak apalah, mari lanjutkan kegiatan blogging kita. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. oce dech..... :)

      saya binggung Mbak ! kenapa DA PA maringenet dibawah BLOG ASIK PEDIA, sedangkan masalah urusan Rangking Alexa Maringenet lebih unggul dari Asik Pedia.

      apa tool cek PA DA nya sedang eror ?

      karena saya yakin Maringencess.....eeee Maaf maringenet maksudnya, DA PA nya lebih tinggi dibandingkan blog saya.

      ada pembaca dibawah ini yang bisa bantu menjelaskan kebinggungan saya ?? :)

      Hapus
    2. Haha, ngga usah dipikirin Kang Nata, yang punya aja cuek.

      Alexa dengan PA/DA, mungkin ibarat dua orang yang memiliki selera berbeda, jadi maklum kalo penilaiannya tidak sama, wkwk.

      Mungkin juga karena domain tld nya kan memang masih baru, umurnya kan baru tiga bulan, hehe,

      Hapus
    3. Kalau di atas 100.. malah aku bingung la yaw

      Hapus
  4. saya sendiri,juga ngga tahu saya pikir blog jelek banget,tapi setelah daftar adsense dan di terima semakin yakin dg kualitas blog sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip Mas, harus pede - pede aja. :) blog Mas itu sangat bagus kok, yang ngk bagus itu ngk ada blog, hehe... :)

      Hapus
  5. wakakakaka... Kang Nata hobi ngecek rupanya.

    PA dan DA punya metrik atau kriteria yang berbeda dengan Alexa. Jadi wajar-wajar saja berbeda. Lha ya wong dikelola dua pihak yang berbeda. Tidak akan sama.

    Alexa di bawa Amazon dan Mzz itu saya lupa siapa nama pengelolanya.

    Jadi jangan diharap sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yach,,,,, beda pengelolah beda cara penentuannya. Saya sudah mulai hobi dan ketagihan untuk Cek PA dan DA blog orang lain, hehehe.... termasuk blognya Mas Andi sdh saya cek. :)

      Hapus
  6. To Mbak Nisa > betullllll,,,,, sekali, hehehe......

    BalasHapus
  7. Senasib... rangking alexa masih jutaan, jadi gak enak dipandang, kalau DA dan PA malah susah sekali itu, nyerah saja, biar apa adanya kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....ya...yaa... nyerah aja dech Mas sambil lambaikan tangan ke Layar Monitor :) , biar saya saja yang berjuang, hehehe ( bercanda )

      Hapus