Pernah membuat Parutan Kelapa dari Kaleng Bekas ? saya yakin bagi Anda yang hidup di Perkotaan enggan melakukan kegiatan remeh seperti ini. ...

Pengalaman Membuat Parutan Kelapa Dari Kaleng Bekas Susu

By | Desember 18, 2017 2 comments
Pernah membuat Parutan Kelapa dari Kaleng Bekas ? saya yakin bagi Anda yang hidup di Perkotaan enggan melakukan kegiatan remeh seperti ini. Pasti Anda lebih memilih membelinya di Toko karena bisa sekalian cuci mata. Betul tidak ?

Beda dengan kami yang tinggal di Pedesaan yang Prinsip “ Lebih Baik Buat Dari Pada Beli “ yang cukup kental dan selalu dipakai turun – temurun.


Pengalaman Membuat Parutan Kelapa Dari Kaleng Bekas Susu


Apalagi kalau Cuma masalah membuat Parutan kelapa, itu mah Keahlian yang tidak sulit dipelajari. Kita tinggal mencari kaleng bekas susu yang banyak dibuang di dekat dapur rumah Orang Kaya.

Begitupun dengan saya pada waktu itu, terpikir untuk menguji coba skill Sederhana yang pernah saya intip dari Orang Tua yang pernah membuat Parutan kelapa.

 Caranya mudah kok, kita tinggal menyiapkan kayu dengan ukuran 20 – 30 cm yang berbentuk empat persegi panjang, paku papan , paku triplek, dan kaleng bekas susu bendera.

Tinggal kita potong kalengnya menjadi empat persegi panjang dan dibuang bagian atas dan bawahnya.

Kemudian kita tusuk kalengnya menggunakan paku papan serata mungkin dan sesuaikan dengan keinginan.

Setelah itu kita pasang dan pakukan paku tiplek pada kayu yang sudah kita siapkan.

Pemasangan kaleng yang sudah berbentuk persegi empat jangan sampai terbalik. Pasang permukaan yang tajam pada permukaan luar dan bagian tajamnya dibagian dalam.

Tujuannya agar pada saat kita memarut kelapa, butiran halus kelapanya akan jatuh pada bagian dalam parutan.

Jangan lupa juga diberi pegangan , agar saat kita memarut kelapa tangan kita bisa kuat menahan getaran parutan kelapa. 

Kalau Anda masih binggung lihat saja pada gambar diatas, atau bisa Anda bertanya langsung di Kolom komentar dibawah ini.

Tapi saya yakin Anda tidak akan bertanya, sebab membuatnya sangat mudah dan tidak perlu sekolah Ke Luar Negeri untuk mempelajarinya.

Anda hanya perlu menyisihkan waktu 30 Menit untuk membuatnya, menjadi lebih baik dibandingkan dengan gambar diatas. 

Saran saya sebaiknya menusuk kaleng yang akan dibuat parutan kelapa menggunakan paku ukuran kecil, karena semakin kecil maka hasil parutan kelapa akan semakin halus.

Semakin halus hasil parutan kelapa, maka akan membuat santan atau sari pati kelapa akan mudah keluar saat kita meremasnya nanti.

Selamat mencoba jika mau mencobanya, hehe.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

2 komentar:

Cieeeee.....Cieeeee.....Yang Mau Minta Maaf. :)
Tenang saja sudah saya maafin koq. :)
Yang Mau nyicip Kue Kering, Silakan datang kerumah yach.... :)