03 Januari 2018

Pengalaman Berjualan Madu Lebah Asli 4 Botol

Kisah berjualan madu lebah asli ini berawal ketika pada suatu malam pukul 22.00 WIB adik saya pulang membawa satu ember madu. Embernya tidak berisi penuh oleh madu,  melainkan bercampur dengan sarang lebah.

Cairan yang berasal dari kerja keras si Apis cerana ini, kalau dimasukan ke dalam botor sirup ABC, maka totalnya sekitar 8 botol. Jadi karena terlalu banyak stok….eee maksud saya karena adik saya ingin mendapat honor dari berburu madu dimalam itu, maka 4 botolnya akan dijual.



Pengalaman Berjualan Madu Lebah Asli 4 Botol


Nah ini dia tugas special saya, menjadi penjual madu lebah asli dadakan.

Esoknya botol – botol madu calon penghasil uang yang konon bermanfaat buat kesehatan kulit dan Kecantikan ini saya bawa ke kantor.

Belajar menjadi penjual madu sepertinya memiliki tantangan dan rintangan tersendiri. Sebab sekarang ini banyak orang yang tertipu membeli madu, dalih – dalih membeli madu asli, taunya membeli madu palsu. Rusak sekaset dech gara –gara ulah oknum penipu madu.

Sehingga calon pembeli ditempat saya bekerja menjadi kurang percaya. Duh Gusti susahnya menjual madu, padahal Cuma 4 botol. Bagaimana kalau 1000 botol. Bisa – bisa pusing 7 keliling anak muda.

Sehingga saya harus betul – betul menyakinkan para calon peminum madu sepenuh jiwa raga. Saya katakan pada mereka bahwa ciri ciri madu asli itu seperti ini loh :

1. Madu asli itu ketika dimasukkan ke dalam air putih,  ingat air putih bukan air sirup ABC , maka madu tidak akan mudah terpecah dan air akan tetap jernih sebelum diaduk. Madunya akan langsung turun menumpuk ke dasar gelas jika tidak diaduk. 

Madu yang tidak murni atau memiliki banyak oplosan maka ketika dimasukkan ke dalam air akan cepat menjadi keruh  dan menyebar.

2. Jika kita teteskan satu hingga dua tetes ke atas kertas yang berwarna putih, maka gumpalan madunya tidak cepat melebar atau menyebar. Beda sekali saat kita meneteskan air gula yang cepat meresap dan menyebar.

3. Jika disimpan di dalam freezer kulkas, ingat freezer kulkas bukan dibaju Blazer, maka cairan kental madu ini tidak akan membeku dalam kurun waktu 30 – 60 menit, namun jika disimpan terlalu lama berbulan – bulan maka, akan terjadi proses kristalisasi ( madunya membeku berbentuk butiran kasar ).

4. Jika dicicip / dimasukan ke mulut maka cairan madu terasa sekali kentalnya dilidah, agak lengket – lengket, sangat berbeda sekali kalau dibandingkan dengan meminum air gula.

Dengan sedikit menjelaskan dengan eksperimen kecil – kecilan  untuk poin ke 1,2,4 tentang  ciri ciri madu asli, sepertinya mereka mulai yakin dan mulai mengeluarkan isi dompet mereka.Horeee pikir saya.

Ya. Akhirnya madu yang mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa sebagai sumber pemanisnya ini jatuh ke tangan pembeli dengan harga Rp. 100 ribu perbotol.

Sebuah harga yang lebih murah dari harga pasaran. Harga pasaran madu untuk satu botol sirup ABC waktu itu pada kisaran harga 150 ribu. 

Untung tidak ada yang protes terhadap penjelasan saya, kalau pun ada mungkin saya akan berkata “ Mas Kalau mau MADU yang benar – benar asli, silakan cari sendiri dihutan “. Emang mudah nyari madu, kalaupun dapat sangkarnya emang berani menghadapi kerumunan lebahnya.

Selain itu, saya pun sedikit promo tentang manfaat madu bagi kesehatan kepada calon pembeli, untuk memotivasi mereka agar semangat mengkonsumsi madu. 

Saya katakan kepada mereka bahwa manfaat madu itu sangat penting yaitu untuk :

- Kecantikan dan kesehatan Kulit
- Meredakan radang tenggorokan
- Mengobati infeksi pada luka
- mengobati bibir yang pecah-pecah
- menjaga saluran cerna
- mencegah bakteri jahat yang akan menyerang tubuh manusia
- meningkatkan kekebalan tubuh

Diantara calon konsumen yang saya tawari untuk membeli madu lebah asli, saya lebih tertarik untuk menjualnya ke pria yang baru menikah. Sasaran empuk. 

Sebab madu pasti sangat dibutuhkan pria yang baru menikah, tentu sebelumnya harus disodori dahulu celotehan singkat tentang manfaat madu untuk pria. 

Tinggal saya berkata “ Mas madu itu dipercaya mampu meningkatkan produksi sel sperma secara cepat dimana kuantitas sperma akan meningkat dalam jumlah yang besar saat kita mengkonsumsi madu asli secara teratur. Selain menambah kuantitas, madu dipercaya bisa memperbaiki kualitas sperma pria.

Kandungan vitamin B2 dalam madu berfungsi untuk membantu reproduksi dan pertumbuhan sperma. Serta juga kandungan B6 memiliki fungsi penting sebagai benteng pertahanan keseimbangan hormon dan juga mengatur fungsi kekebalan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi madu asli yang tidak dipanaskan, sama saja dengan meminum stimulant ringan alami, karena di dalam madu asli terkandung vitamin , zinc, dan vitamin E yang berperan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan pria. “

Bagaimana Mas ? tidak rugi bukan membeli madu asli dari saya ! ini stok terakhir loh… :)

Dengan begitu si Pria yang baru menikah tadi menjadi tidak segan – segan mengeluarkan isi dompetnya. Mungkin Si dia kasihan dengan gaya saya yang bak salesman gadungan.

Jadi pada hari itu saya mendapat omzet 400 ribu rupiah yang harus saya setor ke Bos, yakni adik saya.

Artikel Terkait

18 komentar

wah mantap emang madu banyak khasit termasuk membuat vitalitas tubuh menjadi lebih baik. Ditambah lagi untuk yang ingin keturunan pasti sangat bermanfaat sekali ya kang

ya... ya...ya betul sekali Bu Vika,,, asalkan yang diminum bukanlah madu Palsu. :)

kalau madu palsu bisa mencret. Hati - hati dan waspadalah ! :)

gak sia-sia mulut sampe berbusa jelasinnya.

akhirnya laku juga tuh madu.

saya malah lagi bayangin aksi kang Nata yang layaknya salesman obat di pinggir jalan itu. ha..ha..

oh... iya sampe lupa saya pesen atu Kang. hihi

Hahaha.. Ku jg kl beli madu selektif banget, takut madunya palsu.. Biasanya sebelum membeli aku uji coba dengan netesin madu ke gelas yang berisi air putih.. Kl madunya lgsg jatuh kedasar gelas dan air nggak berubah jd keruh, bisa dipastikan madunya asli.. Hhh
Btw, berburu madu smpe dapat 8 botol abc banyak banget tu

iya -iya.... seprti itulah mas.... ahhh parah nich imajinasinya...hahahaha. Kayak sales MLM.

hahhhh..... Mas ngk baca habisss tulisan saya yach. :) ahhh payahhhhh....heheh.

itu mah cerita lama massss...!! artinya Madunya sudah lama ludessss.....

klu pun masih ada saya ngk akan jual, tapi saya kirim gratiss tisss.... buat emas seorang, hihiiii ( lebay ).

iYa Mbak.... madunya banyak banget, itu artinya sarangnya gede loh Mbak. Maklum madu Hutan. :)

trik pinter yg di pakai Mbak ella ini, sdh berpengalaman sepertinya dalam hal madu, jangan saja mau dimadu yach mbak. Amit2.....hehehe.

Trimakasih Kang, bermanfaat sekali tips membedakan madu asli dengan tiruan.

waduhhhh ngk usah terima kasih mas.... gratis koq. :)

saya yg harus trima kasih dng Pak Guru. :) krn sdh ada waktu membacanya.

saya dan keluarga suka mengkonsumsi madu, sanga bagus buat daya tahan tubuh di tengah rutinitas dan kepadatan kerja.
jual di mana bang?

ya.bagus itu....

eeeee....Mas atau Mbak yach....saya harus memanggilnya. :)

saya jual ditempat kerja, coba2 modal dengkul plus nekad.:)

Keren kang, strategi marketingnya TOP BGT... wah jadi gitu ya perbedaan madu asli dan tidak

hahaha....mksih2 atas semangatznya. Sbenarnya biasa2 aja kaleee... :)

iya seperti itulah...mungkin mbak bisa menambahkan. :)

Wah, jadi tahu nih perbedaan madu asli dan bukan. Rupanya Kang Nata suka banget ya sama madu. Sampai lebah lalat bersarang di kamar aja dibiarin :)

Tapi perolehan adik kali ini lebih banyak ya. Mungkin karena lebahnya lebah beneran dan diburu di hutan.

Kalo cara ngejelasin madunya seperti di artikel ini plus gaya bicara salesmen, saya percaya aja deh, semua madunya habis terjual 😊

iYA Cek gu saya suka yang manis - manis, terutama madu.

hahaha.... iya betul sarangnya sengaja dipelihara, buat nyicip madunya, hehehe...

iya betul, mbak madu dihutan itu sarangnya lebih besar sehingga madu yg didapatkan juga lebih banyak.

ohy. ngomong2 sepertinya Mbak perlu nyiapin madu, kan ada target khusus di tahun 2018. :)

kang nata emang gak niat, buktinya saya gak di sisain malah di jual semua.. hihi

hahaha.... nich masih ada lilin sarang madunya, mau ? :)

itu pengalaman ditahun2 sebelumnya mas, saat saya blm kenalan dng blogerrrr.. :)

Cieeeee.....Cieeeee.....Yang Mau Minta Maaf. :)
Tenang saja sudah saya maafin koq. :)
Yang Mau nyicip Kue Kering, Silakan datang kerumah yach.... :)
EmoticonEmoticon