“ Mengoreng ikan itu tidak mudah “ yang paling mudah adalah melahapnya ketika tubuh sang ikan sudah pasrah tak berdaya diatas piring plus sa...

Pengalaman Mengoreng Ikan Pakai Handuk Biar Aman

By | Januari 16, 2018 28 comments
“ Mengoreng ikan itu tidak mudah “ yang paling mudah adalah melahapnya ketika tubuh sang ikan sudah pasrah tak berdaya diatas piring plus sambal terasi disampingnya.

Iya. Betul tidak mudah mengoreng ikan menurut saya, apalagi dilakukan oleh orang yang amatiran seperti saya yang notabenenya mungkin satu tahun sekali mengoreng ikan, itupun adalah ikan teri.

Kesulitan yang saya alami ketika mengoreng ikan adalah saat kita menceburkan ikan kedalam kuali, maka percikan minyak goreng yang panas harus siap dengan ikhlas saya terima. 

Entah percikannya terkena ditangan, bibir, muka, pokoknya minyak goreng panas pasti menyerang saya ,seolah – olah saya tidak disuruh mengoreng ikan.

Kok bisa – bisanya Si cairan minyak yang berasal dari kelapa sawit ini suka meledak – ledak ketika mengoreng ikan. Apa karena minyak gorengnya palsu yach ? Ahh tidak mungkin.

Padahal saya lihat tetangga sebelah saat menggoreng ikan tidak bermandikan minyak goren seperti saya. 

Apa karena jam terbang saya dalam urusan goreng mengoreng , masih sedikit ?

Apakah karena Skill menggoreng ini hanyalah untuk wanita ? 
Atau teknik saya yang salah ?
Untuk menghindari cairan minyak panas terkena tubuh, maka saya menggunakan handuk. Lumayan bisa aman terlindungi.

Walau terlihat agak aneh penampakan saya saat mengoreng ikan, seperti orang kedinginan. 

Tapi tidak apalah yang penting sudah belajar menggoreng ikan.

Lain kali mungkin saya harus kursus ke Cheff terkenal untuk belajar mengoreng ikan. 

Tapi tak mungkin lah saya lakukan, bayarannya mungkin mahal, enakan langsung beli ikan yang masak dirumah makan. Beres urusan Perut.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

28 komentar:

  1. Wkwkkww lucu bangat tulisannya kang.. bukan masalah jam teebangnya kang.. tapi emang masak ikan harus meluap2 minyaknya wkkwkw saran saya pake helm kang biar ga kena minyaknya wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus meluap luap gmn Mbak ? ntr banjir minyak donk klu meluap. :)

      helmnya lg main mbak, sdng dipinjam teman mksdnya.... :)

      jd saya pakai yg terdekat sj buat pengaman daruratnya. :)

      Hapus
  2. Haha kok jadi syar'i ya kesannya pakai handuk gitu.
    Tapi kalau goreng ikan itu memang minyaknya pasti meletuk2.

    Saran ya, kalau goreng ikan kan dicuci dan dikasih bumbu ya kang nata?
    Airnya jangan sampai banyak yg ikut masuk ke dalam penggorengan. Ditiriskan dulu. Air dan minyak kan musuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.... saya seperti pakai jilbab yach Mbak... :)

      mungkin dimasa akan datang akan ada tren jilbab handuk, terinspirasi oleh gaya saya, hehehe.... maybe yess maybe no. :)

      klu saya cuma pakai garam dan airnya lupa ditiriskan mbak, mungkin kebanyakan garam dan air yach,,,, :)

      mksih sarannya Mbak,,,,nanti saya coba tipsnya. :)

      Hapus
  3. Aku baca judulnya udah ngakak kak.. Serius, hahaha
    Apakah aku juga tergolong orang2 yg jam terbangnya perihal goreng ikan ya?wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyuzz Mbak, ketwanya? :) saya jg ikutan ketwa ulang klu mbak ketawa membaca tulisan diatas. :) hahahah...

      soal tergolong yang mana, sepertinya mbak tergolong dalam golongan wanita yang rajin memasak, soal apa yang dimasak saya kurang tahu. :)

      Hapus
  4. Ha..ha, tapi habis makan ikan..dftr cucian kotornya tambah 1.. handuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah.... betul Mbak, PR saya jadi bertambah, yakni Handuk kotor akibat minyak. Jeli juga Mbak ini. :)

      Hapus
  5. Ya masukin ikannya jangan dilempar toh Kang..

    Nggak perlu pakai handuk. Pakai saja sodet dan tutup panci. Itu sudah cukup. Takutnya malah itu ujung handuk masuk ke dalam kompor lebih repot lagi.

    Ketahuan nggak pernah masak nih...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmmm...biasanya saya pakai jurus lempar lalu mundur beberapa meter lalu sembunyi dibalik lemari. :)

      tapi klu ditutup pas mau balik ikannya tetap saja minyaknya meledak2 ledak. ;)

      iya nich pak jadi ketahuan kartu saya " jarang masaknya " gr2 saya tulis artikel ini. :)

      Hapus
  6. wkwkwkwk....
    Ngakak habis deh baca ini.
    Suka, suka, suka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sich mbak.... saya ngk liat.... :)

      Hapus
  7. Hahaha, boleh juga nih tipsnya. Saya maish kadang pake tutup panci dan sarung tangan kalo goreng ikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh..... pakai pengaman juga yach mbak... :) tpi ngk pakai handuk kan.. ? :)

      Hapus
  8. Haha kocak, baru liat aku orang goreng pake handuk.. Pernah kuga liat yang pake helm.. wkwkwk.. Tapi emang goreng ikan, minyaknya pasti meletup-meletup ya.. :D Nice try-lah ini haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA begitulah adanya,,,,, newbie masalah goreng - mengoreng mbak.... tak afdol klu blm pakai tameng " Handuk " hehehe.

      Hapus
  9. itu goreng ikan plus mandi basah ya kang. :)

    kalau saya ngalamin persis kaya pak Anton dan mbak Eka cukup pakai tutup panci. ikan di cemplungin sambil di hadang letupannya pakai tutup panci terus tutup deh. beres.

    saat balik juga seperti itu.

    walau kadang suka kecolongan juga.

    tapi kayaknya pakai handuk cukup aman juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. goreng ikan dulu baru mandi basah Mas, mandi minyak goreng,,,heheheh. :)

      sepertinya tameng tutup panci lebih banyak yg dipakai yach mas.....

      saya mah males pakai tutup panci kekecilan soalnya. :)

      tpi pas buka tutup pancinya tetap saja kena percikannya mas....

      mungkin ngk bakat jadi penggoreng ikan, hehehe.....

      Hapus
  10. Mau coba raktekin ah:D Sepertinya bakalan berhasil xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dech Mbak..ntr,,,viral lohhh.....hehehe. :)

      Hapus
  11. astagaaa... super sekali bang... wkwkw..
    saya pernah pake helm.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha,,,,,super banjir kena minyak..kwkwkwkw....

      Pake helm Valentino Rossi yach mas,,, keren..tuch,,,heheh.

      Hapus
  12. Haha lucu banget nih kang nata, aku pernah goreng ikan pake helm karena takut dengan percikan minyaknya
    Bersusah-susah dahulu menggoreng ikan biar enak makan siangnya haha

    Aku sangat berterima kasih ada rasa peduli dengan blog jejak maya,

    sukses goreng ikannya bentar lagi makan siang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... saya juga pernah pakai helm, tapi kacanya burammm, jadi lebih nyaman pakai haduk,susah tapi akhirnya enak juga, hehehe....

      sama2 Mbak.

      Hapus
  13. Huahahahaha asli lucu banget ngakak begitu aku baca judulnya. Heboh ya kalo lelaki melakukan aksi menggoreng ikan di wajan. Pinter juga deh ngakalinnya pakai handuk gini. Tapi ga yakin kalo ga kena cipratan minyak gorengnya hehehe, bravo, Kang Nata! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahaha,,, saya malah ktawa membaca koment Mbak.....

      Masih kena sich Mbak...tpi lebih aman, ngk kena panasnya minyak. :)

      BraVo jg Mbak Nurul.... :)

      Hapus
  14. Wkwkwk gk cuma ikan si, soal goreng menggoreng itu kaya lg perang, tapi perlengkapan std sy ya kacamata, klo tgn biasa pake sarung tangan hahaha , sop goreng menggoreng hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap tuch peralatan tempurnya Mas, hehehe, jadi amin dari minyak yang akan siap saat mengincar mata. :)

      Hapus