Ada yang pernah nyicip metode pengobatan sakit gigi dengan mengunakan cabe Keriting  yang sudah dipanaskan dengan api ?  Mudah - mudahan...

Pengalaman Atasi Sakit Gigi Dengan Cabe Keriting Panas ( Bikin Trauma )

By | Juni 05, 2018 39 comments
Ada yang pernah nyicip metode pengobatan sakit gigi dengan mengunakan cabe Keriting  yang sudah dipanaskan dengan api ? 

Mudah - mudahan cuma saya saja yang pernah mencoba dan merasakannya, untuk orang lain sebaiknya jangan dilakukan, sebab bikin trauma.

Begini awalnya…. 

Sewaktu saya berumur kira – kira 10 – 12 tahun saya sering sekali langganan sakit gigi, maklum saya suka makan permen hacks pemberian kakek saya.


Pengalaman Atasi Sakit Gigi Dengan Cabe Keriting Panas ( Bikin Trauma )


Sulit sekali menolak ketika sang kakek memberikan beberapa biji permen tersebut, sebab enak dan terasa nikmat saat dikunyah.

Singkat cerita karena rajin memakan permen tersebut sehingga saya lupa gosok gigi ketika tidur, maka gigipun menjadi berlubang dan sakit gigipun menyerang.

Kalau sudah begitu, biasanya saya akan diajak oleh Ibu saya berobat ke orang – orang yang dipercaya buka praktek pengobatan sakit gigi.

Tapi bukan ke dokter loh, melainkan ke Juru Pengobatan tradisional sebab ditahun tersebut dokter – dokter gigi ditempat saya sepertinya belum ada yang buka praktek, entah kenapa, mungkin belum wisuda, atau mungkin belum ada yang tamat kuliah, hehehe….

Nah salah satu target yang di incar oleh ibu saya demi mengobati buah hati kesayangannya ini ( uhuk – uhuk ), maka dipilihlah si Kakek yang pengobatannya menggunakan cabe Keriting tersebut.

Awalnya saya dan ibu saya tidak tahu, bagaimana cara kerja si Kakek untuk menyembuhkan sakit gigi saya.

Waktu itu saya hanya memperhatikan jemari – jemari si kakek yang sibuk memainkan sebuah cabe keriting diatas api lampu batuk.

# Lampu batuk adalah lampu yang terbuat dari kaleng kecil, lalu diisi dengan minyak tanah dan diberi sumbu dari kain sebagai sumber cahaya.
Melihat gaya si kakek yang sedang melintir- lintir si Cabe Keriting tersebut, membuat saya membhatin “ Ahhh…. Sepertinya mudah sekali metode pengobatan sakit giginya, dengan hanya melintir – lintir cabenya diatas api, kelar deh urusan sakit giginya “.

Tapi kok ada yang aneh……..!!!

Si Kakek menyuruh saya untuk mendekat,  ….!!!!

Lalu kemudian memegang kepala saya dan ………!!!!! 

Akhhhhh…..!!! Sontak sayapun terkejut dan kemudian memekik lirih.

Ternyata…… cabe Keriting yang sudah dipanaskan tersebut ditusukkan ke dalam telinga saya.

Ampyunnnnnnn ….. !!! Tobaattttt !!!. Panasss campur kaget plus sakit, itu yang saya alami pada waktu itu.

Boro – boro Sakit giginya sembuh, malahan sakitnya bertambah satu, sakit di liang telinga.

Sejak saat itu saya tidak berobat ke Kakek itu lagi.Kapok.

Baca Juga, (  Kalau Mau sih ) :
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

39 komentar:

  1. Parah bngat yaa,, yg sakit gigi malah di obatnya lewat telinga ,, cabe yg sudah di panasi pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum,,,, cara Ekstrim, Mas :)

      Hapus
    2. ngomong ngomong pengalamannya Mas admin banyak juga ya...

      sekarang berbagi pengalaman ngobatin sakit gigi, sepertinya cara pengobatanya agak ngeri Mas,
      kalau saya biasa di pijit jempol tangan, nggak tahu ya kok bisa nyampai ke pusat gigi yang sakit

      Hapus
    3. Ekstrim atau eskrim mas

      Hapus
    4. Ngomong2 juga......tumben komentnya bikin adem, biasanya bikin ngakak, bawaan puasa yach Mas, hahahahah....

      Ah...pengalaman saya tidak banyak Mas kalau dibandingkan dengan pengalaman mas Trik. :)

      Hapus
  2. Demi apa dimasukkan ke telinga? 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Maksudnya Gimana Mbak ?? :) Saya gagal Paham.

      Hapus
  3. 😂😂😂
    Gimana sih si kakek. Kan gigi ada di mulut kok telinga yg dicabein hahaha
    Sakitku jadi dua deh 😂 ngakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trik pengobatannya uniq Mbak, susah dipahami oleh kita para cucu2 di era zaman modren ini. :)

      Hapus
  4. itumah pengalihan rasa sakit sementara kang dari gigi ke telinga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entalah Mas aku ora ngerti .... Heheheh.... :)

      Hapus
  5. wah dobel sakit malah mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gaji dobel lebih enak. :)

      Hapus
  6. Sakitnya dimana, diobatinnya dimana. Udah gitu sakitnya jadi dobel.

    Saya juga sering sakit gigi. Kali ini malah sariawan. Kalo makan bawaannya pengen nangis karena sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh...sakitnya tuch disini, diobatnya tuch disana....

      Banyakin minum plus makan jus jambu Biji Mbak..... Smoga cepat sembuh sariawannya. :)

      Hapus
  7. Mungkin si kakek berpikir seperti dokter THT Kang, antara telinga hidung dan tenggorokan kan masih ada kaitannya tuh. nah mungkin beliau pikir penyebab sakit giginya di kuping kang Nata.

    Nah entar kalau kuping yang sakit. gantian giginya yang di sodok cabe. haa..ha..ha... :)

    tapi lucu juga ya orang dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah..... sepertinya Mas Andi Berbakat jadi Tukang Pengobat menggunakan media Cabe.

      Hapus
  8. baru tahun ada pengobatan kaya gini, yang sakit gigi yg diobatin telinga. Malah sakit juga ahahahaa

    setau sha biasanya ada yg gunain cabe buat barusuh atau sariawan trus di gosok2 ke bagian sariawannya. Temen sha pernah ngelakuin ini dan nangis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trik pengobatannya aneh Mbak, maklum orang zaman dulu memang begitu.

      Masak sich temannya nanggis,,,, :) pasti cowok yach yang nangis tsb.. ?

      Hapus
  9. Hahahahaha .. Wadoooh .. parah nian kakek jahil itu 😂
    Udah tauuu giginya yang sakit, eeeh .. kok telinga yang disodok ?.

    Kalo aku yang digituin .. , udah kugigit tangannya si kakek ... hahahah 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sich maunya gigit mas, tapi karena giginya sakit jadi ngk bisa, hahahahah.... :)

      Hapus
    2. Dicium aja kalo gitu .. wkkwwkk 😅

      Hapus
  10. Bacanya miris, Kang. Duh, kakek itu dukun atau apaan, sih. Kasihan Akang dan apakah ibu menyesal? Itu pengobatan berbahaya. Bisa bikin telinga infeksi. Tega banget tu kakek!
    Gak logis, orang sakit gigi telinga yang diapa-apain.
    Saya juga kala kecil punya pengalaman buruk gegara dukun gituan. Makanya anti banget pada yang namanya disebut orang pintar tak lebih dari kundukun. Aaah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terasa sakit sich Mbak, tapi tdk berefek infeksi kok. Ibu saya tidak mengajak saya lagi kesana, sebab trauma juga,hahahah.......

      Hapus
  11. jadi critanya si kakek malpraktek gitu? yg sakit gigi yg dicolok telinga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah Mas kayaknya 11 12 lah, hahahahah.....

      Hapus
  12. Ahahahahaha..tak pasal-pasal kena sakit telinga pulak. Nightmare tu masukkan cili dalam telinga. Kaitan apa dengan sakit gigi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak taulah saya pulak apa kaitannya, yan saya tau Upin dan Ipin suka nasi goreng..... betul, betul, betul.... :)

      Hapus
  13. Saya kira cabenya bakal dikunyah gitu kang, lah kok dimasukkin ke telinga..
    Sakit gigi reda kalau diobati pakai minyak cengkeh kang, panas sih awalnya tapi hilang sakitnya, cocok buat gigi berlubang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah... kayak makan sambel gitu yach Mbak. :) dan ternyata bukan, melainkan dituzuk....:)

      Hapus
  14. Woiiii ini sakit gigi, bukan sakit kuping!
    #Ternyata…… cabe Keriting yang sudah dipanaskan tersebut ditusukkan ke dalam telinga saya.

    #GulingGulingNgakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.... :)

      Makanya tulisan ini saya buat mbak soalnya sulit dilupakan.

      Mudah2an stelah ditulis ingatan buruk ini bisa lupa. :)

      Hapus
  15. Ya ampuuun, masa cabe panas gitu dimasukin ke telinga.. Si kakeknya mah, huhuhu
    Lebih aman ke dokter ya Kang, itu cabe mah cocoknya dimasukin mulut mantan yg suka ngumbar janji *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.... ( # tertawa sambil bertepuk tangan.)

      Ngk Baca sampai tuntas yach Mbak..... Perihal dokternya. :)

      Hapus
  16. wwkkwkwkwkw ngakak guling2 di kasur sambil gigit banttal,, ada ada aja tu kakek masa ngobatin sakit gigi pake yang begituan yaa? halah halah lucu banget nih kakek wkwk

    BalasHapus
  17. Mungkin maksud kakek dikasih cabe keriting itu biar nanti fokusnya ke rasa panasnya cabai bukan ke sakit giginya.. Hehehe...
    Lebih sakit mana nich... Sakit gigi atau sakit hati? Nggak dua-duanya ya? Hehehe...

    Minal Aidzin Wal Faizdin Mohon maaf lahir dan batin ya Kang Nata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.... ngk dua2nya Mas. :)

      Sama2 Mas, mohon maaf lahir dan bhatin juga . :)

      Hapus
  18. Logika kakek yg aneh. Td sy baca pikir saya bakal dicucukan ke gigi yg sakit, atau cabek ny pecah mencotot kena mata atau kena gigi yg berlubang, dan pedas cabenya lah yang membuat sakit luar biasa bikin kapok.

    Nah ini gigi sakit, kuping disodok. Jaka sembung bawa golok, gak nyambung go'lok

    BalasHapus
  19. hehehe pengalamannya gokil, tapi lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ya hehhe, salam kenal kang. dan terima kasih atas resep pengobatan sakit giginya hehhe

    BalasHapus