18 Oktober 2018

2 Kesalahan Saya Selama menjadi Blogger

Banyak orang yang mengaku selalu benar dalam urusan blogging, tapi biarlah itu urusan mereka.Namun kali ini saya mengaku salah dan semoga kesalahan ini tidak menular buat rekan – rekan pembaca.

Semoga pengalaman  saya ini bisa bermanfaat buat blogger lainnya.

2 Kesalahan Saya Selama menjadi Blogger


1. Yang dipikirkan adalah Uang dan Uang

Sewaktu pertama kali ngeblog yang ada dipikiran saya adalah dengan membuat blog maka saya bisa menghasilkan uang melalui kerja sama iklan.

Memang tidak  salah amat sich kalau motivasinya uang, sebab mana ada orang yang tidak suka uang, kecuali mahluk halus, betul tidak ?

Namun jika dalam benak kita adalah uang dan uang, maka secara pelan – pelan namun pasti akan mempengaruhi kinerja kita dalam ngeblog.

Sehingga demi mempercepat untuk mendapatkan akun adsense, pada tahun 2015 saya nekad mengcopy paste hasil tulisan orang lain.( Mudah2an dimaafkan dan semoga blog – blog yang saya copy paste selalu diberkahi dan selalu bermanfaat serta dibukakan jalan rezekinya. Amin )

Sudah tentu ini adalah perbuatan yang tidak baik sehingga akhirnya blog tersebut mendapat balasan yang setimpal, yaitu dibanned.

Jadi kalau yang dipikirkan Cuma uang ketika ngeblog, yang perlu diwaspadai adalah tindakan kita, jangan sampai berbuat yang tidak baik, karena itu pasti akan berbuah yang tidak baik juga.

Buatlah blog sesuai dengan bakat,minat ataupun hobi kita, kemudian bersabarlah menunggu si Pohon itu akan berbuah pada waktunya.Jangan tiru cara saya sewaktu dulu yang selalu dihantui oleh uang dan uang sehingga terjerumus ke jalan yang sesat.

2. Kurang Ambisi

Dari dulu saya selalu setia terhadap satu blog saja.Sehingga tidak heran jika ada blog baru maka blog yang lama akan saya tinggalkan begitu saja.Padahal blog lama masih sayang – sayangnya dengan saya, hahaha lebay……

Lagi – lagi tidak salah jika kita hanya setia pada satu blog saja, namun memiliki satu blog ada potensi kerugiannya.

Misalnya : blog terkena banned, blog dicuri orang lain, blog dijahili orang lain, blog disita mantan, dll.

Apalagi ketika blog ada borongan konten placement atau job review, sangat rugi jika kita hanya punya satu blog.Kalau banyak blog maka potensi penghasilan juga akan melimpah.Betul tidak ?

Nah dari berbagai pengalaman inilah, saya merasa kalau saya salah jika hanya memiliki satu blog aktif saja.

Blog saya sich terbilang adalah beberapa biji, namun tidak aktif alias jarang diisi dengan artikel terbaru, inilah salah satu point kesalahan saya.Saya tidak berambisi untuk menambah artikel dan menambah blog – blog baru.

Apa saya perlu minum obat kuat dulu yach, biar gagah perkasa mengelolah blognya ?

Padahal kalau saya berambisi mungkin akan banyak konten – konten yang berguna buat orang lain.

Soal waktu menulis, sebetulnya bukanlah sebuah penghalang, walau sering dijadikan kambing hitam.Kalau kita memang berambisi biasanya kita bisa menyiasati waktu menulis dan mengelolah blog kita.

Artikel Terkait

17 komentar

Setiap orang punya jalan masing2 Kang. Saya juga punya banyak blog, tapi saat ini hanya satu yang rutin diupdate. Meski begitu, saya tidak berniat untuk menceraikan blog2 yang lain, hehe. Karena saya yakin, akan ada waktunya, saya ingin menulis untuk blog2 tersebut. Saat ini, biarlah mereka tidur cantik dulu 😄

Jadi udah semangat lagi belon ngeblognya?

hahahah.....mudah2an mimpi indah yach blog2nya. :)

Betul sekali mbak semua punya jalan masing2 utk menuju Roma... :) ada yang jalan kaki, ada yg naik Comuterline dll. :)

Belum Pak, uang GA nya masih sedikit, heheheh...

Yang penting ngeblog itu semangat berbagi lewat tulisan dan foto (juga video) hahaha. Kalau uang, uang, dan uang, anggaplah bonus. Yang penting ngeblog itu tali silaturahmi terjaga/bertambah. Ini kan keren bisa punya teman dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Yuhuuu :)

Halo kang, apa kabar? aduh udah lama banget aku ga berkunjung kesini. Awal banget ngeblog sampe memutuskan untuk TLD malah aku blm dpt penghasilan sama sekali dr ngeblog kang, aku malah ga tau kalau bisa menghasilkan uang dr ngeblog. Setelah TLD Puji Tuhan dpt tawaran review produk hihi. Kesalahan yg sering aku buat skrg, kadang nyabet project sana sini sampe kewalahan sendiri ahahha, next time aku hrs bnr2 bisa manajemen waktu dgn baik.

Wkwkkww bodor deh klau baca artikelnya kang nata, kaya gada seriu2nya hahaha boleh pake obat kuat, siapa tau nanti besok2 sehari langsung kuat bikin 100 artikel ampe keebelenger wkkqkq

iya betul juga sich mbak, namun ketika sedang bokek dan domain harus dibayar, maka mau tak mau, rasa pusingnya kebawa ke semangat menulis. :)

Kabar baik mbak, memang saya perhatikan mbak sdh lama tidak muncul di sini, saya pikir mbak sudah pensiun ngeblog, hahahah....

Blog mbak punya potensi untuk mendapat tawaran review, jadi teruslah ngeblog dan berkarya.

itulah keuntungan blog sudah TLD mbak, bisa dapat job, lumayan bisa buat poya2 heheheh.....

kirim2 nich kesaya jobnya mbak, biar kena percikan rezeki juga, hehehhe...

hahahahah..... saya ngk mau pakai obat kuat mbak, khawatir over dosis, jadi gila menulis.:)

pakai sistem slow saya seperti mbak vika lakukan. :)

Iseng2 baca... Karena msh blm terlalu paham tentang blog... Baru tahu kalo blog sebaiknya ada banyak... Tapi ini saya satu blog aja blm konsisten kang... Ini baru mulai buat serius... Soalnya sblmnya cuma buat simpenan cerita aja sihh... Hehehee... Kebalik ya... Skrg mikir kalo bsa dibuat lebih menarik kan better... Apalagi kalo bsa jd side job... Hehehee...

Jadi nulis blog atau ngeblog itu nggak boleh mikirin uang, uang,terus ya nanti tersesat, Harus sabar nunggu pohon yang berbuah manis.
Saya juga menunggu kapan buah itu akan jatuh dari pohonnya. Sabarr hehehe..

Blog bisa menghasilakan uang asal sabar menulis berbulan bulan mas.

Ohy..... buat profile blog dong mas,biar saya bisa main ke blognya.

Namun pastikan pohonya adalah pohon yang menghasilkan buah, ada juga loh pohon yang tidak menghasilakan buah. :)

Hal yang lumrah bagi orang yang lagi jatuh cinta sama blog. Yang ada hanya bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog. sehingga selalu ingin menambah jumlah blognya.
Tapi dengan seiring waktu, nanti akan terjawab dengan sendirinya pula.

Hooooooo, saya untung sejauh ini belum terlalu mikir masalah uang ehehe. Masih menganggap uang dari blog adalah bonus :)

Aneh, di chrome saya bisa komen. Tampilan blognya gak logout lagi. Kalau di firefox develoer edition saya keluar mulu. Sampai barusan bikin blog baru. Ah, biarlah. Blog baru tetap akan diisi. :D
Dua kesalahan tersebut jangan saya tiru. Kita bisa belajar dan tak mengulanginya lagi.


EmoticonEmoticon