24 Desember 2018

Pengalaman Pertama Lomba Menulis Review Tentang Stimuno

Awalnya Saya Ragu untuk menulis tentang Pengalaman Pertama Lomba Menulis Review tentang stimuno ini, saya takut ditertawakan, hahahah…sebab yang baca tulisan ini mungkin saja sudah puluhan kali ikut lomba menulis dan puluhan kali juga mungkin pernah menjuarai.

Sedangkan saya baru pertama kalinya….ini saja dipaksa-paksakan karena mata terlanjur hijau melihat Total hadiahnya,huhuhuh.
Lomba menulis review yang saya ikuti pertama kali ini adalah mengusung kata kunci Stimuno Untuk Balita, Sebuah Kontes SEO yang diadakan oleh Sosiago.


Pengalaman Pertama Lomba Menulis Review Tentang Stimuno


Apa Sich Sosiago Itu ?

Sosiago adalah Situs yang memfasilitasi bertemunya antara Para Blogger denganPemberi  Job Content Placement ( itu intinya ).

Dulunya Sosiago bernama Iblogmarket, Namun di akhir – akhir tahun 2018, situs tersebut berubah menjadi Sosiago.

Jadi selain Sosiago Bagi – Bagi Job Content Placement, Situs tersebut memiliki menu Khusus Kontes.

Dan Kontes yang diadakan Oleh Sosiago sudah dua kali semenjak Situs tersebut berubah Nama, yang pertama Mereview tentang Sosiago dan Yang kedua Lomba Menulis Review Tentang Stimuno Untuk Balita.

Lomba menulis review yang pertama saya tidak ikut, sebab diserang mood males Nulis.

Nah Lomba menulis review yang kedua inilah saya coba – coba ikut dengan berbagai pertimbangan Jangka Pendek dan jangka panjang, ciee seperti  PELITA ( Pembangunan Lima Tahun ) saja pakai  Rencana Jangka pendek dan panjang segala.

Motivasi Ikut Lomba

Ada Udang di Balik Gandum, mungkin seperti itulah peribahasa yang cocok untuk mewakili  tujuan saya untuk ikutan Lomba menulis review yang Launcing  Oleh Sosiago pada Bulan Desember 2018, tahun lalu. 

Tujuan Jangka Pendeknya adalah Bisa  masuk 10 Besar, karena honor / hadiahnya Lumayan juga, Yaitu :

- Hadiah Untuk Pemenang Pertama Rp.10.000.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Dua Rp.8.000.000,-
- Hadiah Untuk Pemenag Ke Tiga Rp.5.000.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Empat Rp.3.000.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Lima Rp.1.500.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Enam Rp.1000.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Tujuh Rp.800.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Delapan Rp.600.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Sembilan Rp.400.000,-
- Hadiah Untuk Pemenang Ke Sepuluh Rp.200.000,-

Gara – gara iming – iming hadiah inilah saya jadi memutuskan untuk ikutan lomba menulis review tentang Stimuno Untuk Balita, pikiran saya uang, uang,dan uang, ( matre banget yach saya, gimana ngak matre Pipis saja di Pasar mesti bayar, hahaha ).

Namun…..

Sebelum menulis artikel lomba menulis review , saya sempat berpikir ulang “ bagaimana kalau seandainya saya tidak masuk 10 Besar “ ?

Saya khawatir pikiran saya jadi down kemudian stress , Mana biaya berobat ke Ke psikiater pasti mahal, ngak diobati ntar saya di rantai,hahaha…

Lalu kemudian….

Saya merubah tujuan awal ( jangka pendek ) dari ikut lomba menulis review ini menjadi tujuan terahir saja, sedangkan tujuan awalnya ( jangka Panjang ) saya ingin menulis dengan harapan suatu saat kelak tulisan tersebut berguna buat orang banyak ( cieee..sok Mulia banget ) sehingga menghasilkan trafik.

Ya.Sepertinya dasar/motivasi jangka panjang untuk ikut lomba menulis review yang berhadiahTotal Rp.30.000.000,-sudah cukup kuat, sebab di Investasikan untuk menghasilkan trafik dimasa akan datang.

Kalaupun menang, itu adalah Bonus, kalaupun kalah tinggal nangis saja,hahahaha… 


Cara Ikut Lomba Menulis Review Sosiago

Kalau mau ikutan Lomba menulis Review tentang Stimuno yang diadakan Sosiago, caranya mudah :
- Daftar Dulu Jadi influencer Di Sosiago
- Buka Kontes Di Menu Sosiago
- Baca Aturan Mainnya.

Saran saya sich jangan langsung daftar atau buru –buru menulis, baca dulu dengan teliti pemberitahuan dan aturan Lomba menulis review dengan seksama agar terhindar dari Kesalahan.

Karena dari yang saya perhatikan para peserta ada yang salah mendaftarkan URL.Seharusnya  yang didaftarkan adalah URL judul postingan, bukan URL nama Blog.

Jangan malu bertanya kalau seandainya ada yang ingin kita tanyakan.Malu bertanya sesat di Jalan loh….


Kesalahan Yang saya Lakukan

Tak ada Gading yang Tak retak, tak ada Manusia yang tak melakukan kesalahan.

Begitupun juga dengan saya ketika menulis artikel tentang Lomba menulis Review Stimuno ini.

Kesalahan yang saya lakukan cukup fatal, dimana saya mengubah URL Judul dan Judul Artikel, yang awalnya berjudul :

“ Stimuno Untuk Balita : Suplemen Herbal Bersetifikat Untuk Meningkatkan Imun Tubuh pada Anak “.

Menjadi……….

“Stimuno Untuk Balita : Suplemen Herbal Bersetifikat Dari BPOM “.

Fatalnya adalah ketika saya cek di Google, tulisan saya memang muncul, walau masih di halaman Ke Tiga ( berat amat cuy persaingannya ), namun ketika di buka judulnya “ maka muncul halaman yang berbunyi : “ THE PAGE COULD NOT BE FOUND “.




Itu artinya Mbah Google masih mengindeks Judul dan URL yang pertama kali saya buat.Alamak ghawattt,,nich…. Kekalahan menghantui pikiran saya,hahahah….

Betapa menyesalnya saya mengubah URL Judul dan Judul Artikel, padahal semangat saya untuk ikut lomba sudah diangka 45.

Untuk mengatasi Google mengindeks Judul dan URL yang lama, saya coba mengais – ngais informasi di Intenet.

Hasilnya …………

Ada yang mengatakan ‘ nanti akan normal kembali ‘ sebab Googlebot harus merayapi ulang Url dan Judul artikel saya, padahal artikel lomba menulis review tersebut sudah terindeks di mesin telusur Google.

Selain bermodal pasrah tapi tak reladalam menghadapi masalah ini,saya juga coba iseng fetch As Google dan Pecth As Render URL artikel di akun Wbmaster tool , siapa tahu ada pengaruhnya sehingga Judul artikel dan URL-nya jadi Normal kembali.

Untuk mengatasi dengan cara yang dijelaskan Oleh Google, otak saya sepertinya tidak menangkap penjelasannya, mungkin karena saya kebanyakan makan kangkung kali yach, heheheh….


Strategi Saya Dalam Lomba Menulis Review 

Seperti kata orang lain strategi akan menentukan hasil, nah saya ingin mencoba menerapkan beberapa strategi sederhana untuk mengadu peruntungan di Lomba menulis review tentang Stimuno ini.


1. Print Ketentuan Lomba Menulis Review

Ya. Agar tidak terjadi kesalahan dan informasinya bisa kita tangkap dengan jelas, upaya pertama yang saya lakukan adalah print semua ketentuan ,perihal apapun mengenai informasi lomba menulis review.

Dengan membuatnya dalam bentuk brosur ,maka ketika saya sedang leyeh – leyeh santai dirumah, saya bisa baca ulang isi dan ketentuan  lomba.

Saya centang mana – mana yang wajib kita lakukan dan mana yang tidak kita lakukan.

Misalnya : Wajib pasang banner disedebar,masukan konten yang wajib dicantumkan dan  lainnya.

Hal seperti ini terlihat sepele, namun kalau kita lupa  menyertakannya sudah pasti kita akan di diskualifikasi walau konten kita sudah masuk 10 besar.

Untuk Pasang Banner, saya sengaja tidak  memasangnya dahulu, sebab batas waktu akhir pendaftaran masih lama, yaitu tanggal 23 Maret 2019.

Jadi tujuan saya tidak memasang banner adalah agar loading blog masih level optimal. Sehingga tulisan lomba menulis review yang saya buat bisa memuaskan para pembaca, tanpa harus menunggu leletnya loading blog.

Sidebar yang dipasangi oleh banner, baik iklan adsense atau pun banner lomba menulis review atau banner lainnya akan mempengaruhi loading blog.Blog akan terasa berat.Saya sudah buktikan itu.

Makanya sidebar saya tidak ada banner Adsense.Itu karena alasan loading blog yang memberatkan template.


2. Daftarnya Santai Saja

Iya. Saya daftarkan blog asikpedia.com pakai cara santai saja, mengingat jadwal akhir lomba adalah pada tanggal 23 Maret 2019.Jadi masih lama cuy….
Walau tulisan saya sudah kelar Pada tanggal 27 Desember 2018, saya tetap santai daftarkan tulisan saya.

Lagipula tidak ada aturan yang mengharuskan main “ cepat-cepatan daftar “ apalagi tidak ada juga ketentuan yang berbunyi “ 13 orang  pendaftar pertama berhadiah bla..bla..bla “.

Keuntungan tidak buru – burunya kita mendaftarkan tulisan lomba menulis review ini, menurut saya adalah :

a. Kita bisa Mengecek kesalahan dan kekurangan Artikel kita,lalu perbaiki.
b. Agar loading blog optimal seperti yang saya katakana diatas.
c. Agar Para Kompetitor tidak mengecek blog saya di Kolom peserta via Sosiago.
d. Dll 


3. Blogwalking

Blogwalking atau berkunjung ke blog tetangga tidak ada ruginya, walau harus menguras waktu dan quota internet. Ngak apa – apa namanya juga perjuangan cuy,iya kan ?….

Dengan blogwalking saya berharap artikel  lomba menulis Review Tentang Stimuno ada pembacanya, sehingga ada tambahan trafik selain trafik dari mesin pencari guugle.

Melalui Blogwalking ini juga saya berharap ada visitor unik yang masuk, sehingga menjadi nilai tambah buat blog asikpedia.com.

Kalau ada nama – nama di kolom komentar yang baru muncul, itulah salah satu hasil saya selama bergeriliya dari satu blog ke blog lainnya.

Makasih yach cuuy…sudah koment… 

Tapi saya khawatir, mengingat Google akan melakukan Penutupan G+ pada Bulan Maret 2019.

Saya khawatir kalau nantinya alamat G+ mereka itu akan jadi link putus.Ahh… itu urusan nanti, pikirnya juga nanti,hehehe…

Yang penting artikel tentang Lomba  menulis Review sudah ada baking trafik, sebelum ia bersaing di Mesin Pencari Guuglee… 


4. Menulis Sesuai Kemampuan dan di Buat Lengkap

Saya berusaha menulis sesuai kemampuan IQ saya, walau mungkin hasilnya menjemukan atau bisa dibilang jauh dari kata berkualitas.

Tapi paling tidak ada beberapa informasi yang bisa saya sampaikan di artikel lomba menulis review yang saya ikuti tersebut.

Informasi tersebut tidak semuanya murni lahir dari Otak atau pengetahuan saya melainkan berasal dari berbagi sumber yang kemudian saya tulis ulang dengan gaya bahasa saya sendiri.

Dalam tulisan review tentang stimuno tersebut sebisa mungkin saya buat lebih lengkap alias detail.Walau tidak sedetail yang orang kira.

Yach, Cuma sebatas itulah kemampuan jari tangan saya dalam mengetik.


5. Cek Kompetitor

Sebelum dan saat artikel lomba menulis review selesai, saya coba  - coba cek and ricek, blog siapa – siapa yang ikut perlombaan Kontes SEO ini.

Dengan cek dan ricek peserta lomba menulis, paling tidak saya bisa melihat dan mengukur blog Asikpedia.com dengan competitor lainnya.

Mana yang lebih kuat dan mana yang lebih unggul.

Sehingga saya bisa mempelajari kira – kira apa penyebab keunggulan mereka.

Dengan begitu mungkin bisa jadi masukan buat saya untuk memperbaiki diri.

Saya juga memperhatikan apakah ada blog – blog Master SEO yang ikut.

Kalau ternyata ada banyak blog – blog master yang ikut, maka sepertinya saya harus menyinsingkan lengan baju agar lebih kerja keras untuk memaksimalkan artikel lomba menulis review agar bisa dihalaman pertama.


6. Kata Kunci Dibuat Lebih Mencolok dan Di Awal Kalimat

Kata kunci yang dilombakan dalam lomba menulis review tentang Stimuno ini adalah Stimuno untuk Balita.

Kata kuncit tersebut saya pasang diawal kalimat Judul Artikel.

Ini Judulnya, silakan baca juga kalau mau :

STIMUNO UNTUK BALITA : Produk Herbal Yang Bermanfaat Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Usia 1 Tahun

STIMUNO UNTUK BALITA : Suplemen Herbal Bersertifikat Fitofarmaka dari BPOM “.

Pemasangan kata kunci ini berdasarkan dari hasil pengalaman saya, bahwa kata kunci yang dipasang di awal judul akan mempermudah artikel saya muncul di Halaman Google, walau dihalaman yang entah keberapa.

Untuk kasus pemasangan kata kunci di awal kalimat judul memang tidak bersifat mutlak bisa muncul di Halaman pertama Google.

Sebab kata kunci ditengah Judul, Diakhir judul, masih bisa berpeluang besar muncul di SERP Google.

Selain itu juga, saya membuat kata kunci menggunakan hurup capital atau huruf besar , seperti ini  : STIMUNO UNTUK BALITA .

Tujuannya adalah ketika artikel lomba review ini muncul diantara  kata kunci yang sama, maka tulisan kalimat “STIMUNO UNTUK BALITA” akan terlihat mencolok.

Sehingga akan berpeluang untuk mudah dilihat pembaca di mesin pencari.

Dari yang saya survie ternyata para competitor lainnya, juga memasang kata kunci “STIMUNO UNTUK BALITA” diawal Judul tulisan mereka, namun menggunakan huruf kecil, seperti ini : Stimuno Untuk Balita .

Jadi saya sangat bersyukur kata kunci di Judul kalimat menggunakan Huruf besar, sehingga berbeda dengan Judul milik Kompetitor.

Tapi kalau seandainya sudah ada kata kunci yang sama persis dengan saya, mungkin saya tidak akan menirunya, sebab judulnya sudah tidak unik lagi.

Mungkin bisa pilih atau buat judul yang berbeda.


7. Call Back Artikel Lomba Review

Agar ada tambahan trafik, saya coba Call Back Artikel Lomba menulis Review yang saya buat.

Istilah Call Back Artikel ini, sebenarnya istilah saya saja, sebab istilah umumnya adalah membuat Internal Link.

Pemasangan internal link artikel lomba, sudah saya lakukan di tulisan ini, mungkin pembaca secara tidak sadar mengetahuinya.

Coba dech cek di penjelasan No.06. ( Kata Kunci Dibuat Lebih Mencolok dan Di Awal Kalimat )  di sanalah saya sudah menyematkan internal link dengan judul yang lengkap.

Sedangkan link lainnya  saya buat di kata “ stimuno untuk balita “ , coba perhatikan di awal kalimat atau diatas kata “ Apa sich Sosiago itu ? ” 

Jadi Internal link yang menuju ke artikel lomba menulis review yang saya ikuti berjumlah dua buah.

Saya tidak berani membuatnya berlebihan, karena bisa saja nanti Googlebot mengira saya nyepam.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi strategi yang saya lakukan demi mengikuti lomba menulis review tentang Stimuno ini, namun biarlah  nanti saya bahas kalau seandainya saya menang dan tidak berhalangan menulisnya.

Kalau menurut teman – teman bagaimana ? adakah usul dan saran ?

Terutama masalah “ Judul tulisan saya tidak bisa di buka pasca ganti URL “

Mohon Masukannya.Terima Kasih.

Artikel Terkait

13 komentar

semoga menang mas, jangan lupa sedekahnya ya, terutama buat saya wkwkwk

Ntahlah kang,,saya gk ikut lomba ini,,,bukannya saya tidak tergiur hadiahnya tapi serius saya sangat 0 dalam hal SEO wkwkw,,tapi kang ada beberapa usul nih siapa tau akang bisa juara,,,kalo misal akang punya beberapa blog coba tulis seperti ini dan buat link yg mengarah ke artikel yg akang daftarkan lomba,,,lomba seperti ini kalau hadiahnya besar lawannya juga pasti para master kang hhhe,,,yg penting coba dulu aja dah,,

Hai Kang Nata, semoga menang, ya. Semangat. Semoga masalah pengindeksan bisa beres dan normal lagi. Dan semoga berkenan kalau saya juga ingin ikut lombanya, he he.
Saya seharusnya bobo soalnya sudah ngantuk. Namun setelah baca tulisan lucu Akang, saya ngakak eanpa suara karena takut ganggu anak dan suami yang sudah nyenyak dibuai mimpi.
Semangat saja ikutan. dan terima kasih sudah berbagi info yang informatif. Soal Sosiago dan internal link.
Duh, saya ini kerap ngasi banyak internal link di dalam tulisan. Bisa lebih dari 2 atau 3. Belum lagi ngasi banyak foto padahal bisa memberatkan pemuatan (loading) blog. Blog Akang mah bisa langsung dibuka tanpa hambatan karena saya pakai kartu dengan paket data puas untuk 2 minggu,. jadi tak masalah akses blog berfoto banyak, cuma bergantung gimana ukurannya.
Sepertinay saya harus benahi tampilan foto dalam blog yang banyak nanti. Padahal sudah capai ngedit.
Eh, maaf malah curhat OOT.
Sayang saya tak pernah pakai Stimuno jadi tak punya pengalaman, kang. Apa bisa untuk anak 9 tahun juga? Syukurnya Palung jarang sakit. Cuma dia harus rutin minum obat cacing. Nah, kalau ada lomba review obat cacing mungkin gampang saya ikuti daripada produk yang belum dicoba, he he.
Semangat, Kang. Jangan keder dengan para master yang jadi kompetitor. Yang penting sudah usaha.

Mas Eko 》 mksih Mas Eko atas sarannya, sayang sekali saya ngak banyak blog. :)

Mbak Rohyati 》 Saya salut dng Mbak sebab rela tidur telat demi perkembangan blognya...ckckckck salut dech....

Mbak mau ikutan ... ayo dong ! :) biar seru... ngak usah pikirin menang,tulis semampu saja biar ada sumber trafik dimasa akan datang.

TQ atas supportnya Mbak.. :)

Wah hadiahnyaa lumayan gede juga yaa :D

Aku sudah lama nggak ikut lomba. Apapun usahanya, semoga berhasil ya mas. Semangat!

Tidak tahu mau kasih saran apa karena saya sendiri tidak pernah ikut lomba sepeti ini hahaha tapi hadiahnya memang menggiurkan ya Kang Nata 😂 Semoga menang, dan tetap semangat, karena kalaupun tidak menang, seperti kata Kang Nata: bermanfaat bagi yang membaca 🤗 *jempol*

Good Luck Kang Nata...moga2 jadi pemenang..!!

Iya Kang. Nuhun. Semoga saya bisa ikutan. Biar bisa asah tak uga agar tak pelupa dengan banyak nulis dan banyak interaksi. Saya sudah baca tulisan lombanya, meski lucu namun serius mengulas produk. Bisa jadi contoh yang baca.

Selamat berjuang kang.. saya ga bisa kasih saran apa apa.. maklum belum mampu untuk ikutan lomba.. Jadi selama ini nggak pernah ikut lomba apapun. Bingung mo kasih saran apa.. maaf yah

wkwkwkw, ayo dibuka komen url - nya atuh kang hahaha :D
Kok cuman Google plus aja.
Sayang banget sih kalau Google plus beneran di tutup, selain bikin kita kerja keras hapus broken link, plus kita kehilangan satu peluang memperbesar DA blog dari Google plus :D

Btw saya kayaknya udah daftar Sosiago, cuman belum update data deh, lupa-lupa mulu, baru tau saya kalau ada lomba SEO, keren euy lomba SEO itu, tantangan banget berlomba-lomba muncul di page one Google.

Btw kok diganti url-nya?
Sayang banget sih ya, takut kesalip lainnya lagi hehehe :)

Kalo lagi ikut lomba, sebaiknya memang jangan mengganti judul dan url artikel, apalagi kontes SEO.

Kalo saya sih gak pernah ikut yang SEO, karena memang gak menguasai.

Artikel lomba sebaiknya dishare di sosial media atau group dan komunitas.

Tambahkan foto atau gambar pendukung. Kalo perlu infografis.


EmoticonEmoticon