24 Desember 2018

( Rencana ) Google Plus Tutup Di Bulan Maret 2019, Yuk Kita Sambut Gembira !!

Berita tentang Google plus tutup baru saya ketahui ketika membaca sebuah artikel milik rekan saya Anton Ardiyanto di blognya Maniak Menulis ditambah baca – baca info dari media Di internet.

Padahal info Google Plus akan ditutup sudah disebarluaskan sejak beberapa bulan yang lalu, maklum telat info,hahahah….


( Rencana ) Google Plus Tutup Di Bulan Maret 2019, Yuk Kita Sambut Gembira !!


Dari kabar yang beredar, alasan penutupan Google Plus adalah :

- Pengguna Google plus terbilang rendah kalau dibandingkan pengguna Medsos Lainnya.

- Ada Celah bug, sehingga ada kabar kalau data Pengguna Google Plus Bocor. ( Berita ini saya tidak tahu apakah, benar -benar bocor atau tidak ).

Tapi…. Kalau menurut saya , kita tidak perlu panik dan pusing menyikapi berita Google plus yang akan ditutup oleh pihak Google di Bulan Maret 2019 Nanti, kita sambut saja dengan gembira .Toh…kita cuma pemakai gratis selama ini, masih banyak jalan menuju Roma, jika ingin mencari media promosi.Betul ngak ?

" Jadi usap air matamu cah bagus…, jangan nangis sesungukan , gara –gara akun G+ milikmu ditutup ".

Saya yakin Pihak Google Melakukan yang terbaik dengan penuh pertimbangan.
Saya paham kalau membangun jumlah Follower Google Plus itu tidak mudah, apalagi jumlah follower kita sudah sangat banyak. Tentu berita Google Plus tutup ini akan membuat kita pusing, karena momen kehilangan follower sudah di depan mata.

Sekali lagi sebaiknya berita Google Plus yang akan ditutup ini kita hadapi dengan hati yang ikhlas.Agar hati kita tenang dan pada akhirnya akan lahir ide – ide baru, sebagai penganti Google plus.Setuju ??

Saya sendiri cukup beruntung jika ternyata nanti memang benar Google Plus akan di tutup, sebab jumlah Follower yang saya miliki Cuma dibawah 250 Orang. Jadi tidak rugi – rugi amat, hehehe….

Maklum selama ngeblog saya tidak focus untuk mencari Follower, saya dan teman saya Anton Ardiyanto saja tidak pernah saling follow Akun G+ masing – masing,padahal kami sudah 2 tahun berteman.

Itu tadi penyebabnya saya memang tidak focus menjadikan media Google Plus sebagai media Promosi.

Saya saja tidak terlalu rajin share artikel di G+, jika ada artikel yang tershare itu karena artikelnya terposting otomatis dari Blog, karena saya mengaktifkan fitur otomatis untuk share artikel di G+.

Saya tidak begitu kehilangan, jika Penutupan Google Plus memang akan realisasikan oleh Pihak Google.

Namun ada beberapa hal yang terpikir oleh saya :


1. Link Google Plus Eror

Jika nanti Pomotongan  Pita penutupan Google Plus terjadi dibulan Maret 2019, yang saya pikirkan adalah nasib link – link Google plus  milik teman  - teman yang tercantum di kolom komentar blog kita masing – masing.

Dengan penutupan layanan Google Plus sudah tentu akan membuat link yang di kolom komentar menjadi terputus dan tidak bisa diakses.

Sedangkan kita tahu kalau Google memiliki Robot Googlebot yang merayapi setiap link keluar.

Nah bagaimana kira-kira respon dari Googlebot, jika ternyata link nama Google plus tersebut tidak bisa dirayapi karena terputus akibat penutupan g+.

Bisa saja yang terjadi akan banyak laporan  eror di Meja Google, bukan hanya itu saja yang mungkin terjadi, bisa saja berdampak pada Peringkat blog atau DA PA blog sebagai imbas penutupan Google Plus.

Jika yang terjadi adalah eror akibat link dikolom komentar putus, saya pikir solusinya adalah menghapus semua komentar yang masuk.

Rugi,,,ya jelas rugi, tapi apa boleh buat, harus ikhlas… demi kebaikan blog yang kita kelolah.


2. Lupa Nama Blog

Tidak semua nama blog yang menjadi follower Google Plus milik kita hapal semuanya.

Jika penutupan Google Plus benar – benar terjadi, maka itu artinya kita akan kehilangan data – data nama blog milik teman kita. 

Pertanyaanya apakah kita sudah menyimpan data – data nama blog milik teman – teman kita ? 

Kalau belum, maka sebaiknya kita simpan disebuah catatan, terserah nyimpannya dimana ? simpan dihati juga boleh. Hehe…

Sebab kalau tidak disimpan, khawatir kalau kita lupa, sehingga kita kesulitan untuk menimba bacaan di blog milik teman kita.

Kalau menurut saya, Google sudah memberikan warning kepada kita untuk siap –siap melakukan sesuatu sebelum hari “ H “. Salah satunya adalah agar kita siap – siap menyimpan data – data nama blog milik teman kita.


3. Jika akan Saling Blogwalking, fitur apa yang dipakai

Adat istiadat yang bernama Blogwalking memang sulit untuk dihentikan.Karena melalui blogwalking inilah terjadi interaksi dan pertemanan.

Persoalannya adalah kita tidak bisa lagi menggunakan fitur Google Plus untuk dicantumkan ke dalam ke dalam kolom komentar.

Untuk yang pakai blogger seperti saya, mungkin bisa menggunakan atau mengaktifkan tombol “ komentar untuk semua orang “  atau tombol “ Hanya Anggota blog Ini “ atau juga dengan mode  lainnya untuk wordpress.


4. Lapak Forum Besar Terancam Di Gusur

Nah imbas dari Penutupan Google Plus  juga akan berdampak pada Forum – Forum besar.Sebut saja forum Indonesian Adsense Publisher discussion yang sudah sangat buanyak membernya.

Forum ini adalah lapak bagi para blogger untuk bisa saling sharing yang menumpang di Google Plus sebagai tempat berteduhnya.

Dengan ditutupnya Google Plus sudah tentu akan membuat lapak Forum Indonesian Adsense Publisher discussion tergusur.

Lantas dimana dan akan kemana, jika para blogger akan saling sharing ? 

Kita lihat saja nanti yach, yang terpenting penutupan Google Plus ini, tetap kita  sambut dengan gembira, biar tidak pusing.

Badai pasti berlalu……. :)

32 komentar

  1. Mendengarnya saja saya sudah pusing, masak beneran mau ditutup. Bakal sedih banget ini....😭😭

    BalasHapus
  2. Sepertinya harus siap2 segera.. ..

    BalasHapus
  3. Wah, mantap juga nih ulasannya. Terkait adanya kemungkinan link error yang menuju ke akun g plus, saya rasa google juga memikirkannya. Mungkin akan dialihkan ke akun blogger. Jadi ngga perlu repot menghapus semua komentar, kan sayang.

    BalasHapus
  4. Media promosi blog masih ada yang lain, tapi ya itu imbas ke forum-forum yang ada, komentar G+ di blog, dll sebagainya. Yaaa badai pasti berlalu �� hadapi saja qiqiqiqi.

    BalasHapus
  5. Yah, sayang banget ditutup padahal saya suka banget promosi link blog di google+ 😭, lagian suka komen di mari pake google+, aktifkan lg komen yg mnghubungkan ke blog ya

    BalasHapus
  6. biar Google Plus ditutup, ngeblog terus berjalan. hhee

    BalasHapus
  7. Sebenarnya dari dulu saya sudah aktifkan komentar untuk semua orang di kolom komentar. Saya juga sudah sediakan 2 ruang untuk para pengikut, apakah akan blogger atau google plus. Namun kebanyakan yang nongkrong di G+ termasuk Kang Nata, gak isi satunya lagi. Kalau ada teman yang sediakan ruang pengikut 2 bagian kayak G+ dan blogger, saya selalu ikutri kedsuanya. Sedih karena blogger kosong padahal fitur itu sudah lama banget ada dan barangkali dipilih Google sebagai prioritas.
    G+ bagi saya bikin kita bisa nyimak di halaman lain untuk tahu kabar postingan teman lain, sedang di blogger tinggal lewat dasboir dan praktis. Di blog lama pengikut saya kebanyakan di blogger. Seharusnya Google mengotomatiskan agar kedua hal itu saling terhubung jika memang akan hapus fitur G+, alihkan ke blogger ahgar tak kehilangan jaringan pertemanan.
    Kalau sampai terjadi hilangnya G= bikin link kolom komentar galat (error), maka yang rugi Google juga. Kinerjanya akan dianggap tak futuristik dalam mempersiapkan berbagai aspek kemungkinan.
    Kalau saya klik profil Kang Nata di kolom komentar, maka akan menuju G+. Apakah itu berrati kita juga harus alihkan opsi dari profil kita tak mengarah ke G+ melainkan blogger?

    BalasHapus
  8. Rohyati > Ide mengalihkan dari G+ ke blogger, mungkin itu salah satu cara yang terbaik. Mbak...

    Mmmm.... Komentarnya berkualitas sekali Mbak,,, Mksih yach...

    BalasHapus
  9. Kayaknya, untuk pengguna blogger yang menggunakan gplus profile pada akhirnya kembali lagi ke blogger profile

    BalasHapus
  10. Kalau terlanjur banyak komentar-komentar di postingan blog yang menggunakan akun G+, mau tidak mau kita harus 'bersih-bersih' blog nih. Supaya nggak banyak broken link.

    BalasHapus
  11. Ngakak di bagian jumlah followernya kang nata :v . Aduh kang bersyukur dulu, follower saya baru 50 an.

    Tapi yang buat saya sedih itu bener kata kang nata, di mana lagi tempat kita mencari forum blogwalking. Ayo yang banyak uang dan waktu senggan monggo buat forum blognya saya siap membantu

    BalasHapus
  12. @ Tri Bintang > hahahah iya...ya... kalau dibandingkan dng jumlah follower milik adik, follower saya terbilang banyak yach, bersyukur2.... :)

    BalasHapus
  13. Kalaupun dihapus gak susah nyari daftar temen yang blog walking MZ, soalnya udah di simpan di daftar bacaan blog, jadi tinggal buka blogger terus klik mana blog temen yang mau di kunjungi 😅,

    BalasHapus
  14. @Kang Nata Gimana kang masih gak mau nyesal nih? heheheh

    BalasHapus
  15. Pelan-pelan follower bertambah... dan akan di gusur google juga.
    sedih kalau udah punya ribuan follower, karena G+ emang jadi ajang promosi.

    tapi pasti ada gantinya kang, kita liat aja nanti.

    BalasHapus
  16. Kalau begitu, mulai sekarang kudu mulai mencatat daftar nama teman di akun G+ nih, kalau ngga .. , bakalan ngga keinget nama blog siapa saja.

    Atau bisa jadi kalau betulan G+ ditutup, nantinya pihak google akan menyediakan aplikasi penggantinya yang lebih wuz wuuuz kecepatannya ...
    Ngga kayak sekarang, seringkali diakses cuma muter-muter searching sekian menit.

    BalasHapus
  17. Btw kolom komentarnya juga dipasang Google plus aja ya kang hehehe

    Saya sudah 2 bulanan mungkin, menghindari komen pakai akun Google plus, masalahnya banyak yang lebih suka pakai Google plus saat komen di BP karena menghindari klak klik gambar.

    Lalu, beberapa orang komen pakai blogger, saat di klik, bingung nentukan blog yang dia kelola saking blognya banyak hehehe

    BalasHapus
  18. HAH? GOOGLE+ TUTUP? Jangan sampeeeeeee

    Saya kalo mau blogwalking musti liat profil Google+ orang yang blognya mau gue kunjungi. Kalo tutup... kan berabe.. :v

    Saya aja ke sini lewat Google+. Wkwkwkwkwk

    Pokoknya jangan sampe dah, jangan sampe!

    BalasHapus
  19. Semoga saja ada solusinya yang terbaik yang sudah disiapkan oleh Google ya kang. Follower saya juga baru 540, tapi yang repot kalo harus menghapus komentar yang jumlahnya banyak sangat.

    Untuk link blog teman-teman sudah saya buatkan daftarnya di satu blogspot khusus blogwalking, jadi gak terlalu ambil pusing

    BalasHapus
  20. Yaghh padahal baru aja mau agak serius make g+

    BalasHapus
  21. Sedih, kok bisa bocor, ga pake sayap ya....

    BalasHapus
  22. hiks gimana coba kang komentar pakai url dianggap spam pokoknya mumet dah

    BalasHapus
  23. sedih yaaa. sha juga paling seneng bw lewat G+ trus nambahin plus sebagai tanda udah pernah baca.. huhu

    BalasHapus
  24. Sedih juga kalau G+ ditutup, bagaimanapun kita tetap mikir promosi blog kita jadi berkurang kang Nata..
    Oke kalau begitu mulai sekarang kuta harus mencatata nama-nama blog teman-teman ya supaya nggak lupa. Ide yang bagus. Makasih kang Nata.

    BalasHapus
  25. Nanti jadi broken link nggak yaa...koment2 yang make g+ itu..?

    BalasHapus
  26. Kalau bisa jangan ampe ditutup lah yaaa.. soalnay sayang banget buat blogwalking ya dari ggle plus.. semoga ad solusi terbaik ya kang Nata semangat 45

    BalasHapus
  27. kalo menurut saya ini kabar buruk soalnya banyak trafik yg dihasilkan dari g plus, dan banyak membantu di SERP

    BalasHapus
  28. Followerku ada 937 tapi gpp kalau mau ditutup krn dunia digital kan memang super fana. Berarti kalau kita saling bw jangan pake link G+ lagi biar nantinya nggak jadi broken link.

    BalasHapus
  29. @mbak lusi, sepertinya bakal ada solusi dari mbah gugel soal broken linm hehe

    BalasHapus
  30. Hah seriusan ini kang? Aku kok kudet banget ya, jgn sampe akun G+ ditutup, aku kehilangan banget ntr

    BalasHapus
  31. Baru mengenal blog.. infonya sudah mau di tutup...

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon