30 Agustus 2023

Perjalanan Asyik Dengan Sleeper Bus

tips memilih sleeper bus

Barusan teman sekantor saya vidcall dan mengabari jika kami berdua mendapat tugas dinas luar. Rencananya kami mau berangkat ke Jogya lanjut Jakarta sama-sama. Yah, lagi asyik-asyiknya diskusi anak saya yang kecil nunjukin meja belajarnya yang bergambar Tayo. Wah, kami jadi punya ide untuk naik bus saja. Udah lama kami berdua tidak naik bus lagi. Kayaknya bakalan asyik nih kalo kami bisa bernostalgia melewati jalan-jalan yang pernah kami lalui dulu saat masih sama – sama menapaki karier di kantor ini. Biar perjalanan lebih menyenangkan kami sepakat mencari sleeper bus Jogja-jakarta

Kami berdua belum pernah naik sleeper bus. Karena belum pernah itulah kami jadi penasaran bagaimana rasanya naik sleeper bus ini. Dulu, kami biasa naik bus ekonomi untuk menghemat pengeluaran. Naik bus buat kami identik dengan lagu-lagu Denny Caknan yang liriknya bikin patah hati itu. Hehe..  Entah kenapa setiap bus yang kami naiki sepertinya hampir semua memutar lagu penyanyi yang baru saja menikah ini. Pengamen yang lewat pun nyatanya juga lebih suka menyanyikan lagu Loss Doll atau Cundamani.

Kebetulan kami mendapat jadwal kunjungan ke luar kota. Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran ya naik bus. Salah satu kelebihan utama naik bus adalah harganya yang terjangkau. Tiket bus cenderung lebih murah daripada tiket pesawat atau kereta api untuk perjalanan dalam jarak yang sama. Dan saya baru dapat fakta lho jika sleeper bus ini ternyata murah meriah tapi fasilitasnya kayak sultan. Jadi makin penasaran pingin nyobain.

Bus adalah salah satu transportasi yang familiar dan mudah ditemui hampir di setiap wilayah di Indonesia. Bahkan sekarang bus modern saling bersaing memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Bus-bus itu dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan seperti AC, kursi yang nyaman, colokan listrik, dan toilet. Beberapa bus bahkan menawarkan WiFi gratis dan hiburan dalam perjalanan.

Dengan naik bus kita juga bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Ada berbagai lanskap, kota, dan desa yang berbeda di sepanjang rute. Selain itu kita juga bisa bertemu kenalan baru dan saling bertukar cerita selama di perjalanan. Namun jangan sampai salah pilih bus. Ada beberapa bus yang ugal-ugalan yang bikin spot jantung aja. Pastikan bus yang kita naiki aman dan membuat kita tenang selama perjalanan.

Sleeper Bus, Pilihan Yang menyenangkan Untuk Bepergian

Perjalanan darat dari Yogyakarta menuju Jakarta adalah pengalaman yang tak terlupakan. Salah satu opsi yang semakin populer adalah naik sleeper bus, yang menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas dalam perjalanan panjang. Sleeper bus emang juara sih buat yang pingin menghemat biaya tapi dengan fasilitas yang oke. Agar perjalanan menjadi pengalaman terbaik jangan lupa memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Sleeper bus emang bisa memberikan kenyamanan yang tinggi sejak awal perjalanan. Tempat duduk yang nyaman dan luas, lengkap dengan sekitaran kaki yang dapat disesuaikan mampu membuat kita serasa berada di tempat tidur sendiri. Bayangkan nyamannya saat dapat merenggangkan kaki, berbaring, dan bersantai sepanjang perjalanan.

Sleeper bus modern biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Ini termasuk AC yang dingin, colokan listrik untuk mengisi daya perangkat kita, serta hiburan dalam bentuk layar TV atau WiFi. Kita dapat menonton film favorit, mendengarkan musik, atau bahkan bekerja selama perjalanan.

Di sepanjang perjalanan kita bisa menikmati keindahan alam, seperti perkebunan hijau, pegunungan yang megah, dan sungai yang mengalir. Pastikan untuk membawa kamera agar dapat mengabadikan momen-momen ini.

aman naik bus

Tips Nyaman Naik Sleeper Bus

1. Pesan Tiket Terlebih Dahulu

Agar perjalanan berjalan lancar, pastikan untuk memesan tiket sleeper bus jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Ini akan membantu Kita mendapatkan tempat duduk yang sesuai dengan preferensi. Pasang jadwal agar tak ketinggalan saat hari H keberangkatan.

2. Persiapkan Perlengkapan Tidur

Meskipun bus ini nyaman, kita mungkin ingin membawa bantal leher dan selimut sendiri untuk tidur lebih nyenyak. Apalagi perjalanan yang panjang pasi akan melelahkan. Istirahat yang berkualitas membuat badan kita tetap segar dan sehat selama perjalanan. Jika tak mau ribet kita bisa memakai jaket dan kaos kaki panjang untuk menghadapi perubahan suhu.

3. Bawa Minuman dan camilan Favorit

Sleeper bus biasanya memberikan makanan ringan dan minuman, tetapi untuk menghindari kelaparan atau haus, bawa camilan dan air minum favorit. Lagi pula camilan ringan bisa membuat mood kita jadi stabil saat perjalanan panjang yang melelahkan itu.

5. Gunakan Kamar Kecil dengan Bijak

Sleeper bus biasanya dilengkapi dengan toilet kecil. Gunakan fasilitas ini dengan bijak dan hindari menggunakannya ketika bus sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Teman saya pernah lho waktu itu gak ketahan mau ke kamar kecil. Nah pas bus sedang melaju kencang dia hilang keseimbangan dan terpeleset. Hehe.. lebih baik antisipasi pergi ke kamar kecil dulu sebelum keberangkatan.

6. Pastikan Keamanan Barang Bawaan

Selalu awasi barang-barang berharga kita, seperti ponsel, dompet, dan paspor. Simpan mereka di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Berhati-hatilah dengan orang yang baru kita kenal di perjalanan.

Sleeper bus ini cocok banget untuk kamu yang suka melakukan perjalanan di malam hari. Nah siapa nih yang punya rencana mau bepergian dari Jogya ke Jakarta? Coba aja naik sleeper bus yang direkomendasikan oleh Beranda.co.id ini. Ada beberapa informasi penting yang  bisa kita dapatkan saat ingin melakukan perjalanan. Gimana? Jangan lupa nanti ceritakan perjalanan serumu dengan sleeper bus, ya!

2 komentar

  1. Sleeper Bus lagi in sekarang, dulu wishlist aku naik sleeper bis di negara bagian Indochina. Entah kenapa aku milih Indochina, soalnya negaranya estetik gitu menurutku

    BalasHapus
  2. Pernah nyobain sleeper Jakarta Malang, bener2 overnight. Sampe di Malang, meskipun masih gelap, tapi badan udah seger karena tidurnya bisa lurus...

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon