23 Oktober 2020

Pemantauan Online Armada Menggunakan Aplikasi Manajemen Armada

Distribusi dalam alur logistik sebuah industri memiliki peranan sangat penting, mulai dari distribusi bahan baku menuju pabrik hingga pendistribusian produk jadi kepada toko-toko. Pentingnya distribusi dalam industri, beberapa pelaku usaha menyediakan armada sendiri. Namun, memiliki armada sendiri menimbulkan banyak masalah, sehingga membutuhkan aplikasi manajemen armada.




Masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik armada adalah tidak adanya kejelasan posisi armada saat yang keluar. Terlebih pola berkendara para pengemudi juga memiliki peranan penting dalam menjaga ketahanan armada yang digunakan. Dengan begitu, menggunakan sistem ini  sangat menguntungkan dalam mengatur manajemen armada yang dimiliki.

Alasan Peralihan Sistem Manajemen Konvensional Menjadi Aplikasi Manajemen Armada

Manajemen bisnis adalah aspek penting dalam mengatur sirkulasi bisnis dengan baik. Tanpa adanya manajemen yang baik, bisnis akan berjalan dengan buruk. Salah satu penerapan manajemen adalah manajemen armada. Saat ini manajemen armada masih tergolong konvensional terutama untuk pengecekan kondisi kendaraan hingga pencatatan pengeluaran setiap kendaraan.

Dengan alasan ini, Anda harus mulai beralih dari sistem konvensional manajemen menjadi manajemen berbasis aplikasi. Terdapat beberapa alasan yang dapat menjadi perhatian Anda sebelum beralih ke sistem manajemen berbasis aplikasi seperti di bawah ini:

1.       Paperless

Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem manajemen konvensional membutuhkan banyak sumber daya terutama pencatatan dengan kertas. Dengan menggunakan aplikasi, Anda cukup memasukkan informasi yang ada ke dalam kolom-kolom yang telah disediakan dengan lebih mudah dan cepat.

2.       Efektif dan Cepat

Kelemahan dalam sistem manajemen konvensional adalah proses pencatatan dan arus informasi cenderung lambat. Dengan menggunakan aplikasi, informasi dapat disampaikan secara cepat dan transparan, sehingga permasalahan yang terjadi dapat segera terselesaikan.

3.       Tren digital

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan penggunaan yang mudah, membuat banyak sektor mulai pelan-pelan menggunakan sistem berbasis aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi, bisnis Anda mengikuti tren yang ada, sehingga pelanggan dapat lebih mudah menjangkau Anda.

4.       Pemeliharaan yang mudah

Alasan terakhir yang harus menjadi perhatian Anda adalah pemeliharaan. Pada sistem manajemen konvensional, Anda harus mengecek semua berkas dan memastikan semua berkas ada. Aplikasi mampu membantu Anda memelihara berkas lebih mudah, dan Anda tidak perlu melakukan pemeliharaan aplikasi yang rumit.

5.       Biaya lebih murah

Menggunakan aplikasi untuk manajemen dapat mengurangi ongkos manajemen sekaligus lebih murah. Cukup dengan satu kali pembelian, Anda bisa menggunakan aplikasi selamanya tanpa terbatas oleh waktu. Anda bisa melakukan peningkatan aplikasi kapanpun sesuai keinginan.

6.       Penggunaan yang mudah

Aplikasi memberikan kemudahan dalam penggunaan terutama dengan tampilan yang interaktif, sehingga semua orang dapat menggunakan dengan cepat. Cukup dengan training sederhana, setiap orang dalam bisnis Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen.

Keuntungan Menggunakan Sistem Aplikasi Manajemen Armada

Kemudahan penggunaan teknologi saat ini membawa banyak aspek bisnis berubah menjadi sistem online. Manajemen armada adalah salah satu sektor yang terkena dampak perubahan digitalisasi ini. Dengan menggunakan aplikasi manajemen untuk armada Anda, terdapat beberapa keuntungan yang bisa dirasakan seperti di bawah ini:

1.       Safety Operation Management

Keuntungan pertama adalah safety operation management. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk membuat iklim operasi armada yang efektif. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memantau perilaku berkendara dari para pengemudi. Aplikasi ini akan memberikan informasi berupa report dan peringatan bagi pengemudi yang memiliki cara berkendara yang buruk.

 

Dengan menggunakan report yang diberikan oleh aplikasi ini, Anda bisa melihat pengemudi Anda yang memiliki cara berkendara yang buruk. Anda bisa memberikan pelatihan sekaligus sanksi kepada pengemudi, sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat berkurang, dan Anda bisa mengurangi pengeluaran yang diakibatkan oleh kecelakaan.

 

Informasi yang diberikan oleh aplikasi ini dapat membantu Anda untuk merancang SOP dalam berkendara dengan lebih baik. Dengan begitu, risiko-risiko yang dapat mengganggu operasi bisnis Anda dapat diselesaikan dengan baik. Semua orang dapat lebih nyaman dan efektif dalam mengikuti SOP yang telah disesuaikan dengan hasil analisis yang ada.

 

2.       Mengurangi Biaya Operasional Kendaraan

Keuntungan kedua adalah mengurangi biaya operasional kendaraan. Aplikasi manajemen armada akan membantu Anda untuk memonitor setiap kendaraan yang digunakan. Aplikasi ini akan memberikan informasi mengenai kilometer dari setiap kendaraan, penggunaan bahan armada Anda, dan perbandingan antara kilometer dengan bahan bakar.

 

Informasi ini akan membantu Anda untuk memahami keadaan dari armada, sehingga Anda dapat melakukan penjadwalan servis kendaraan menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi pemborosan bahan bakar melalui aplikasi ini. Pengeluaran Anda menjadi lebih teratur dan rapi tercatat.

 

Pengeluaran yang dapat dipangkas dapat dialihkan untuk membeli berbagai produk di Bhinneka. Bhinneka memberikan layanan pembelian produk dengan jumlah besar untuk kepentingan bisnis Anda. Bhinneka memberikan banyak kategori barang yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda, seperti ATK dan peralatan lain.

 

3.       Laporan Bulanan Manajemen Armada

Keuntungan ketiga yang didapatkan dengan menggunakan sistem manajemen berbasis aplikasi adalah laporan bulanan manajemen armada. Sistem manajemen konvensional membutuhkan usaha lebih untuk membuat laporan dan memastikan, bahwa semua informasi yang masuk dan keluar adalah sama.

 

Aplikasi dapat secara cepat dan ringkas dalam membuat laporan bulanan manajemen armada Anda. Semua informasi yang masuk ke dalam aplikasi ini akan secara langsung ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel yang mudah dibaca, sehingga Anda tidak perlu lagi mengurutkan atau kebingungan mencari data.

 

Anda cukup memasukkan kata kunci seperti nomor kendaraan, tanggal tertentu, perusahaan tujuan, hingga nama pengemudi, semua informasi akan muncul secara langsung, sehingga Anda tidak perlu repot mencari data satu per satu. Semuanya menjadi lebih mudah dan praktis dalam manajemen armada Anda.

 

4.       Tracking Armada yang Keluar Pool

Keuntungan keempat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan sistem manajemen armada berbasis aplikasi adalah tracking atau pelacakan armada yang keluar dari pool. Pada sistem manajemen konvensional, Anda tidak bisa melihat jalur dan posisi real-time dari kendaraan yang keluar dari pool.

 

Aplikasi ini dapat membantu untuk memperhatikan jalur yang dilewati oleh armada Anda, sehingga dapat diketahui wilayah mana saja yang dilewati. Dengan begitu, Anda bisa memperhatikan kilometer yang ada di speedometer armada berdasarkan jalur yang dilewati. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan posisi real-time kendaraan Anda.

 

Aplikasi ini memberikan informasi posisi kendaraan yang keluar dari pool secara real-time. Anda bisa melakukan estimasi perjalanan sekaligus melacak lokasi armada, untuk memastikan bahwa armada yang digunakan bekerja dengan semestinya. Informasi ini dapat membantu Anda untuk manajemen bahan bakar dan pengeluaran yang diberikan kepada pengemudi.

Aplikasi manajemen armada memberikan banyak keuntungan dalam memastikan armada dan bisnis Anda berjalan dengan baik. Dengan beralih pada teknologi digital seperti aplikasi akan meningkatkan efektivitas kinerja dari perusahaan Anda. Monitoring dan evaluasi menjadi lebih mudah dan pengeluaran menjadi lebih teratur.

Menarik bukan? Untuk info selengkapnya tentang manajemen armada terbaru, langsung saja kunjungi website Bhinneka dan jadikan bisnis anda lebih efisien.

2 komentar

  1. aku baru tau ada aplikasi khusus untuk armada seperti ini
    si owner bisa ngecek armadanya dengan mudah kalau begini, selama ini yang aku tau hanya konvensional aja, mungkin berdasarkan laporan dari mulut ke mulut dan belum tentu benar tidaknya

    BalasHapus
  2. Kalo kita jadi owner nya penting banget nih punya aplikasi ginian. Bisa membantu usaha lebih praktis dan efisien pastinya

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon