Lowongan kerja SMA – Sekolah Menengah Atas sekarang ini merupakan bangku pendidikan yang wajib dilalui oleh kita agar bisa kelak menemp...

Lowongan Kerja Lulusan SMA itu SULIT, Benarkah ? Baca Pengalaman Saya ini Sampai Habis

By | Oktober 31, 2016 Leave a Comment

LOWONGAN KERJA LULUSAN SMA ITU SULIT,BENARKAH ? BACA PENGALAMAN SAYA INI SAMPAI HABIS

Lowongan kerja SMA – Sekolah Menengah Atas sekarang ini merupakan bangku pendidikan yang wajib dilalui oleh kita agar bisa kelak menempuh pendidikan di Univsersitas atau perguruan tinggi yang kita inginkan sehingga mendapat lowongan kerja yang lebih bergengsi.


Tapi bagimana dengan teman- teman yang belum memiliki biaya untuk menempuh pendidikan sampai ke jenjang universitas ? hal ini merupakan kendala yang serius, sebab cita – cita bisa terhambat, misalnya ingin menjadi dokter atau profesi lainnya.


Hal yang mungkin bisa kita lakukan agar cita – cita kita menempuh pendidikan ke universitas bisa kita capai adalah dengan bekerja atau mencari lowongan kerja.Tetapi apakah hanya bermodalkan ijazah SMA kita bisa mencari lowongan kerja ? apakah terlalu sulit jika mencari lowongan kerja hanya mengandalkan ijazah Sma ? 


Saya adalah lulusan SMA yang sudah bekerja pada sebuah perusahaan swasta, itu artinya setiap orang memiliki peluang dan rezeki masing – masing.Yang penting kita mau berusaha.


Lowongan kerja untuk anak tamatan sma mungkin tidak akan sama seperti orang yang lulus sarjana, Cuma beda posisi dan golongan saja.Tetapi lulusan sma tetap memiliki peluang mendapat kerja,contohnya saya.


Dahulu sekali saat saya masih kecil lulusan sma termasuk lulusan orang – orang yang berpendidikan tinggi.Tetapi zaman sekarang ini lulusan sma itu seperti tiada artinya, tetapi soal lowongan kerja , lulusan sma tetap memiliki peluang mendapat kerja.


Jadi para pembaca sekalian jangan berkecil hati jika anda hanya tamatan sma,sebab jika anda mau berkerja apa saja seperti yang saya lakukan dulu maka lowongan kerja akan terbuka buat anda.


Sebenarnya sekrang ini standar untuk diterima bekerja di sebuah badan usaha haruslah memiliki ijazah yang lebih tinggi dari ijazah sma, misalnya memiliki ijazah strata 1.Dengan ijazah strata 1 maka memungkinkan kita mendapat lowongan kerja yanglebih baik.


Banyak sekali anak – anak lulusan sma menganggur itu disebabkan karena mereka belum memiliki motivasi tinggi, saya dahulu melakukan pekerjaan apa saja sehingga pada suatu hari saya mendapatkan lowongan kerja yang lebih baik.Mungkin itu adalah rezeki saya yang tidak memandang jenis pekerjaan apapun yangterpenting tidak melanggar hukum.


Lowongan kerja untuk anak lulusan sma sekarang ini terbilang banyak seperti penjaga toko, satpam, office boy,dan lainnya.Apalagi daerah saya adalah daerah yang berkembang pesat jadi banyak membutuhkan lowongan kerja.


Sebagai anak lulusan sma saya tidak gengsi untuk melakukan pekerjaan apapun asalkan halal.Pekerjaan yang pernah saya lakukan dulu adalah menyadap karet, buruh bangunan, memasang tenda, penjaga toko, sales produk , buruh kebun dan kerja serabutan lainnya.


Bagi para pembaca yang tamatan sma tetapi ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, tetapi belum ada biaya coba dech mencari lowongan kerja yang anda anggap bisa dilakukan,lalu uangnya anda tabung.


Uang tabungan tersebut bisa anda gunakan untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi.Jika kita masih muda dan belum menikah itu berarti kita masih memiliki peluang besar untuk menamatkan pendidikan di bangku kuliah, sehingga nanti kita bisa mencari lowongan kerja yang kita inginkan.


Sebenarnya lulusan sma itu dicetak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi, beda dengan lulusan smk yang dicetak untuk mencari lowongan kerja setelah lulus sekolah.


Dulu saya memang berminat ke sekolah smk, tetapi karena pertimbangan maka saya menlanjutkan ke sekolah sma dengan harapan saya bisa kuliah.Walau setelah sma ternyata saya tidak bisa kuliah, tetapi saya bertekad untuk mencari lowongan kerja.


Peluang lowongan kerja saya waktu dulu memang tidak sebagus peluang lulusan strata satu, hanya bekerja sebagai asisten mandor pada tahun 2003 sampai tahun 2006, tetapi saya sangat bersyukur Allah SWT tetap menganugerahi saya rezeki berupa pekerjaan.


Tetapi pembaca jangan heran loh banyak juga para sarjana yang menganggur, itu disebabkan karena banyaknya persaingan antara sarjana – sarjana yang setiap tahunnya lulus dari perguruan tinggi.


Bagi lulusan sarjana yang kreatif, saya perhatikan mereka membuka lapangan kerja sehingga bisa membuka lowongan kerja bagi orang lain.Lulusan sma juga bisa kok untuk membuka lowongan kerja bagi orang lain, jika kita memiliki ide dan modal maka usahapun bisa terbentuk.


Jadi sekali lagi bagi  anda yang hanya lulusan sma jangan berkecil hati tidak mendapat pekerjaan, percayalah Allah SWT tidak tidur selagi anda tidak malas maka lowongan kerja akan dengan mudah anda dapatkan.


Awalilah kehidupan anda dengan banyak membantu orang lain dengan ikhlas tanpa meminta imbalan, sebab suatu saat nanti Allah SWT akan memudahkan langkah kaki kita untuk mendaptakan lowongan pekerjaan.


Seperti saya lakukan dahulu, saya selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongan saya, entah itu memperbaiki genteng ,entah itu membantu mendorong mobil orang lain yang mogok, pokoknya saya lakukan saya tanpa meminta imbalan.


Karena pada waktu itu saya dilihat orang lain tidak memiliki perkerjaan tetap tetapi suka bekerja maka saya banyak sekali tawaran lowongan kerja, walau pada waktu itu bukan bekerja kantoran seperti sekarang ini, tetapi tetap saya ambil.


Sekecil apa pun peluang pada saat itu tetap saya lirik dan saya jalani, misalnya pada waktu itu saya disuruh orang untuk menanam pohon duku dengan upah yang sangat kecil, maka tetap saya jalani dengan penuh keikhlasan.


Sebagai lulusan sma kita tidak bisa mengatur jalan rezeki kita , kita hanya mencari peluang dan menjalani peluang itu dengan sebaik – baiknya.Jangan pernah meremehkan setiap peluang yang ada, bisa jadi peluang tersebut akan membuat peluang lowongan kerja berikutnya.


Selama lulus sma sudah banyak sekali kegagalan dalam mencari lowongan pekerjaan.Pekerjaan – perkerjaan yang  pernah saya gagal mendapatkannya antara lain : Tidak lulus pns, tidak lulus bekerja di tambak udang, tidak lulus bekerja di PT.KAI dan lain sebagainya.


Seperti kata para motivator “ habiskanlah kegagalanmu sehingga tidak ada lagi yang tersisa kecuali kesuksesan “.Dan kalimat itu sudah saya buktikan sendiri dan ternyata benar.Sebab saya sudah banyak sekali kegagalan dalam mencari lowongan kerja yang saya inginkan sehingga suatu saat saya sukses mendapatkan pekerjaan yang saya minati, yaitu Perkerjaan yang sudah saya jalani sekarang ini sebagai Tenaga Administrasi Perusahaan Transportasi.


Yang penting kita sebagai lulusan sma tidak malu dalam menjalani apa pun pekerjaan tersebut, entah tukang cuci , entah tukang tambla ban, ataupun lainnya sebab dalam bekerja serabutan seperti itu kita akan mendapatkan banyak pengalaman hidup.


Ohy sebagai lulusan sma saya memiliki motto “ Mencari Uang Bukan Mencari Pekerjaan “.Sebab kalau kita mencari pekerjaan terkadang perkerjaan yang kita dapat itu tidak sesuai yang kita inginkan, tetapi kalau kita berniat mencari uang maka semua jenis pekerjaan akan kita ambil dan jalani.
Lowongan pekerjaan hanya buat orang yang berpengalaman, walaupun kita hanya berbekal ijazah sma tetapi memiliki segudang pengalaman maka kita pasti akan dibutuhkan.


Jadi dengan jiwa yang bersemangat tinggi modal ijazah sma bisa kita gunakan dalam mencari pekerjaan, jangan lihat pekerjaanya tetapi lihatlah seberapa diri kita mampu untuk mengerjakannya.


Demikianlah artikel singkat ini saya buat berdasarkan dari hasil pengalaman saya sendiri, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: