20 November 2016

Bake alat tradisional khas desa untuk membawa barang



PENGERTIAN BAKE


Bake adalah alat tradisional khas pedesaan yang terbuat dari bambu yang dianyam sedemikian rupa dan berfungsi untuk membawa barang dari tempat yang jauh.


Bake biasanya digunakan oleh masyarakat pedesaan saat akan pergi ke kebun,sebab setelah pulang dari kebun banyak sekali yang akan dibawa kerumah,misalnya kayu bakar, hasil alam atau peralatan kebun lainnya.
Bake ini memang sangat jarang sekali kita lihat diperkotaan sebab hanya digunakan dipedesaan saja.Menurut pengalaman saya bake ini bawa oleh para wanita,khususnya ibu rumah tangga saat akan pergi ke kebun.


Kenapa harus bawa bake ? karena bentuknya cukup besar sehingga bisa membuat barang bawaan dalam jumlah besar.Cara membawa bake ini yaitu digantungkan ke kepala dengan posisi bake menempel pada punggung badan,istilahnya adalah ngamben.


Untuk membawa bake ini memang menumpukan kekuatan pada kepala yang dialasi dengan sebuah kain agar kepala tidak terlalu sakit saat membawa beban yang ada di dalam bake.



BAHAN PEMBUATAN


Untuk membuat bake ini memang perlu keahlian khusus,bahan yang digunakan juga terbilang sederhana dan mudah di dapat disekeliling lingkungan pedesaan.Bahan yang dipakai hanya bambu dan rotan, kedua bahan tersebut diserut tipis dan dijemur sampai kering setelah itu baru dianyam.


Bentuk bake sebenarnya seperti bakul tetapi agak lebih besar dan memanjang secara vertical.Bake tersebut memiliki tali yang digunakan untuk membawa benda tersebut saat akan kekebun.Tali yang digunakan bisa juga dari rajutan rotan atau bisa juga terbuat dari kulit kayu yang sudah dihaluskan dan dijemur.

FUNGSI BAKE

Fungsi bake dalam kehidupan sehari – hari di desa memang banyak digunakan sebagai alat untuk menempatkan barang – barang,baik yang akan dibawa kekebun maupun barang – barang yang dibawa dari kebun.
Biasanya para penduduk saat pulang dari kebun membawa kayu bakar yang disusun didalam bake, juga biasa untuk wadah sayuran yang dibawa dari kebun.


Kegunaan bake ini juga bisa dimanfaatkan untuk sebagai wadah hasil panen padi,karena memiliki tali khusus jadi memang sangat mudah untuk dibawa kerumah.
Jadi peranan bake ini hanyalah sebatas sebagai alat perlengkapan untuk pergi ke kebun saja.



BAKE DIERA MODERN


Di era modern ini peranan bake di pedesaan tidak terlalu banyak mengalami perubahan, sebab fungsi bake memang sulit untuk digantikan oleh benda lainnya.Kalau untuk membawa kayu bakar digantikan dengan karung,biasanya karung itu mudah rusak,jadi lebih enak menggunakan bake saja saat untuk ke kebun.


Tetapi diera modern ini kerajinan tradisional bake memang hanya dikuasai oleh kalangan terbatas saja,seperti orang tua kita.Hal ini disebabkan kurangnya minat para anak muda untuk mempelajarinya.


Proses pembuatan bake juga terbilang membutuhkan kesabaran dan tidak bisa langsung jadi sebab banyak tahapan – tahapan yang harus dilalui,nah tahapan – tahapan inilah yang membuat para anak muda enggan untuk mempelajarinya.


Ohy didesa biasanya kerajinan dalam membuat bake ini hanya dikuasai oleh para ibu rumah tangga, terutama ibu rumah tangga yang memiliki profesi sampingan yaitu berkebun.


Hal yang mendorong para ibu rumah tangga harus menguasai keterampilan membuat bake ini dikarenakan kebutuhan mereka akan bake,jadi jika harus membeli mereka terlalu enggan.



PELUANG BISNIS BAKE

Jika memiliki kerampilan membuat bake, sebenarnya memiliki nilai ekonomis sebab banyak dari penduduk yang ingin membeli benda tradisional tersebut.Apalagi kalau kita sendiri memiliki kebun bambu yang luas maka kita akan bisa memproduksi bake tersebut secara massal.

Demikianlah artikel singkat tentang bake ini dibuat semoga bermanfaat dan berguna jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

0 komentar

Posting Komentar