Saya adalah seorang yang dari kecil tinggal dipedesaan,dari kecil saya sudah mulai terbiasa dan hapal dengan nama – nama  benda dan bang...

Nama Aneh Benda Dan Bangunan Yang Ada Di Daerah Saya

By | November 07, 2016 Leave a Comment

NAMA ANEH BENDA,NIHU,DANGAU,MUKUN

Saya adalah seorang yang dari kecil tinggal dipedesaan,dari kecil saya sudah mulai terbiasa dan hapal dengan nama – nama  benda dan bangunan yang sedikit aneh dan unik menurut saya.


Jadi pada artikel ini saya akan mencoba menuliskan tentang sebuah kekayaan bahasa yang kita miliki.Mungkin untuk sebagian besar para pembaca sedikit agak merasa asing dengan istilah penamaan yang diberikan pada benda dan bangunan yang saya tulis.


Saya ingin semua orang mengenal atau paling tidak pernah mendengar istilah – istialah yang saya sebutkan pada artikel ini.saya ingin para pembaca memiliki wawasan dan pengetahuan luas dengan membaca artikel blog asik pedia ini.



NAMA ANEH DAN UNIK UNTUK BENDA :



1.    TERUMPAH


Nama unik dan aneh yang pertama untuk benda yang sering kami sebut sebagai terumpah.Terumpah adalah sandal yang sering dipakai kita sehari –hari, tetapi bedanya sandal ini terbuat dari kayu.

Zaman dahulu kakek moyang saya sering menyebutnya terumpah, peranan terumpah tersebut sudah digantikan oleh benda yang sering kita sebut sandal.

Jadi terumpah ini di desa saya sudah punah karena sudah digusur kemajuan zaman yang mengunakan sandal buatan pabrik yang lebih praktis dan ringan.

2.    MUKUN


Mukun adalah sejenis kaleng berbentuk bundar yang memiliki tutup,tetapi memiliki ukuran yang sedikit besar dari kaleng biasa.Fungsi mukun ini adalah untuk menempatkan makanan yang sering kami sebut wajik.

Wajik adalah makanan khas daerah kami yang terbuat dari ketan hitam yang diolah khusus.Jadi setelah wajik itu masak maka dimasukan kedalam mukun.

Biasanya mukun tersebut hanya digunakan pada saat akan melamar anak gadis orang lain.

3.    PELUPUH


Pelupuh adalah bambu  yang dibelah dan dicacah sehingga membentuk seperti papan.Pernan pelupuh ini sangat berguna dalam membuat bilik tempat menyimpan padi.

Penggunaan pelupuh ini sering dipakai karena bahan – bahannya mudah diambil dari kebun dan proses pembuatannya juga terbilang mudah.

Kekuatan pelupuh ini juga termasuk awet dan tahan lama kalau kita rendam dahulu didalam air untuk beberapa hari lalu kita jemur sampai kering.

4.    NIHU


Nihu adalah benda yang terbuat anjaman bambu yang dibuat seperti tampah tetapi berbentuk panjang.Fungsi benda ini adalah untuk memisahkan beras dari sekam yang bergabung dengan beras.

Pembuatan nihu ini tidak sembarang orang yang bisa melalukannya.Kalau didaerah saya dibuat oleh para nenek – nenek saja, sebab para generasi muda malas sekali dalam mempelajarinya.
Nihu ini masih sering dipakai didaerah saya jadi keberadaanya belum punah dan belum ada benda lain yang mengantikan fungsinya.

5.    LADENG


Ladeng adalah sejenis pisau kecil yang sering dipakai dalam mengiris bawang.Jadi menurut saya pengertian ladeng ini tidak terlalu rumit untuk dipahami oleh pembaca.

Ladeng yang terkenal didaerah saya adalah ladeng cap garpu,ladeng ini terbuat dari besi baja dan harganya juga terbilang lebih mahal dari ladeng – ladeng yang dijual dipasar yang rata – rata terbuat dari besi biasa.

Disamping itu juga ladeng cap garpu tidak mudah tumpul dan kalau diasah akan mudah tajam.

6.    PINGGAN


Pinggan dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan piring.Pinggan atau piring seperit yang kita ketahui fungsinya adalah sebagai wadah makanan seperti nasi.

Pinggan zaman dahulu memiliki corak yang uni sebab memiliki motif – motif yang menarik.Bahan dasar pembuatan pinggan zaman dahulu kebanyakan terbuat dari kaleng dan porselin.

Beda pada zaman sekarang yang lebih canggih keluaran pabrik dengan mutu dan kualitas yang tidak kalah dengan pinggan zaman dahulu.Tetapi ada juga pinggan yang lebih simple dan murah yaitu pinggan plastik.

7.    LANGSAI


Langsai adalah horden atau tirai yang sering kita gunakan di dalam rumah terutama dipintu tengah rumah dan jendela.

Peranan langsai ini selain sebagai untuk menutupi pintu tengah rumah juga sebagai benda yang mempercantik ruangan.Tidak banyak yang berubah peranan langsai atau horden ini dari zaman ke zaman, Cuma motif dan modenya saja yang selalu diperbaruhi.

NAMA ANEH DAN UNIK UNTUK BANGUNAN :



1.    DANGAU


Mendengar kata dangau mungkin untuk sebagian besar orang sedikit agak asing, hal ini wajar sebab istilah bahasa dangau hanya kita dengar didaerah pedesaan saja.

Dangau adalah bangunan kecil yang sering kita sebut dengan pondok.Ukurannya juga tidak terlalu besar hanya sekitar 2,5 M X 2,5 M saja dan biasanya beratapkan dari daun ilalang.

Didaerah saya atap pondok ini lebih banyak dipakai mengunakan kayu khusus selain awet juga bisa tahan lama.

Peranan dangau ini adalah tempat berteduh para petani yang sedang menunggu tanamannya dikebun.Tetapi sekarang ini penduduk lebih banyak memodifikasi bangunan dangau kearah yang lebih modern yaitu mengunakan bahan dari semen dengan beratapkan genteng, jadi lebih awet dan tahan lama dibanding dengan dangau buatan tradisional.

2.    GANDUK


Ganduk dalam istilah modern sering kita sebut sebagai dengan poskamling.Jadi ganduk ini memiliki kata yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama seperti Poskamling.

Seperti yang kita ketahui bahwa poskamling ini adalah Pos atau markas untuk para petugas keamanan lingkungan.Jari peranan ganduk yang ada didaerah kami memang khusus untuk ditempati oleh petugas keamanan lingkungan.

Di ganduk tersebut juga ada getuk yang sering kita sebut dengan kentongan.Fungsi kentongan tersebut untuk memberi tanda pada penduduk tentang suatu hal penting.

3.    HUMAH


Kata humah itu sebenarnya berasal dari kata rumah, karena logat bahasa kamilah yang sering menyebutnya humah.Jadi saya rasa kata humah mudah untuk anda mengerti.

Peranan humah atau rumah seperti yang kita ketahui adalah sebagai tempat tinggal kita.

Dari zaman ke zaman humah yang ada didaerah saya banyak mengalami perubahan mode.Dair rumah panggung sampai menjadi rumah minimalis yang sering kita lihat sekarang ini.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat buat kita semua terutama bagi pembaca asikpedia yang setia.JIka ada ide dan penulisan yang salah saya mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: