Pengalaman kerja di perusahaan swasta adalah pengalaman yang penuh dengan pembelajaran,karena banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bis...

Pengalaman Kerja Di Perusahaan Transportasi Swasta Sebagai Tenaga Administrasi

By | November 01, 2016 Leave a Comment

PENGALAMAN KERJA DI PERUSAHAAN TRANSPORTASI SWASTA

Pengalaman kerja di perusahaan swasta adalah pengalaman yang penuh dengan pembelajaran,karena banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bisa saya dapatkan dari tempat saya bekrja.


Pada saat saya bekerja pada perkebunan sawit dahulu, saya pernah bercita – cita ingin bekerja di kantoran, sebab waktu itu saya lihat bekerja dikantor itu enak, tidak kepanasan, tidak kehujanan, seperti saya bekerja di kebun sawit pada waktu itu selalu kepanasan dan kehujanan.


Sekarang cita – cita saya pada waktu itu akhirnya tercapai juga, karena mulai bulan Agustus pada tahun 2007 saya resmi bekerja di Perusahaan yang bergerak dibidang Transportasi,tetapi belum menjadi karyawan tetap pada waktu itu cuma sebagai karyawan honorer, tetapi tak mengapalah yang penting saya sudah bekerja dan mengahasilkan uang.


Sebelum masuk kerja saya memang sudah bertekad ingin menghasilkan uang melalui kerja apa saja, entah itu pekerjaan serabutan atau pekerjaan tetap.Dan Alhamdulillah saya diberi jalan Oleh Allah SWT, untuk bekerja dikantoran.


Waktu itu saya diberi tahu oleh kakak sepupu saya bahwa perusahaan transportasi tersebut memerlukan tenaga kerja, saya pun bergegas menyiapkan berkas lamaran dan segera melamar pekerjaan.


Pada siang hari sekitar pukul 09 pagi saya dipanggil oleh perusahaan tersebut untuk menjalani wawancara.Proses wawancara pun berjalan dengan mudah dan semua pertanyaan saya bisa jawab dengan cepat dan tepat. Setalah wawancara saya pun pulang dan diminta oleh managemen perusahaan untuk mulai bekerja pada keesokan harinya.


Perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan yang berkecimpung dalam bidang angkutan.Banyak jenis material yang diangkut, misalnya Batubara, semen, dan lainnya.Perusahaan tempat saya bekerja itu bekerja sama dengan perusahaan lainnya yang memerlukan jasa angkutan.


Banyak sekali armada mobil yang tersedia dari truk yang kecil sampai mobil fuso dan mobil –mobil lainya yang berbody besar.


Pada awal masuk kerja saya ditugaskan oleh perusahaan sebagai tenaga administrasi umum dibidang tagihan angkutan.Tagihan angkutan tersebut harus kami buat persepuluh hari sekali.


Jadi setiap tanggal 10,21 dan akhir bulan kami harus merekap atau menyusun tagihan tersebut untuk ditagihkan kepada perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan kami.


Membuat dokumen tagihan itu tidak terlalu sulit, yang penting kita harus mengantongi data awal.Data awal yaitu data –data tentang berapa jumlah mobil kami yang mengangkut material dari perusahaan lain dalam kata lain yaitu jumlah Rit mobil.Jadi jumlah rit tersebut dikalikan dengan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak perusahaan. 


Setelah proses dokumen tagihan selesai maka tagihan tersebut kami masukkan dan setelah itu menunggu proses pencairan dari pihak yang menyewa transportasi kami, biasanya melalui transfer rekening bank.


Tugas saya pokok pertama masuk kerja dulu adalah sebagai tenaga yang menyiapkan berkas – berkas yang berhubungan dengan tagihan sekaligus memasukan tagihan ke perusahaan yang bekerja sama dengan kami.


Ohy teman – teman pembaca pada awal masuk kerja saya belum punya keahlian dalam mengetik mengunakan computer seperti sekarang ini.Jadi saya hanya menonton saja orang yang lagi sibuk mengetik dan sesekali bertanya.
Keberanian dan tekad saya pun muncul untuk bisa mengetik,saya mulai belajar dari NOL BESAR.Modal saya adalah bertanya dengan karyawan lainnya lalu mempraktekkanya.


Pernah suatu ketika saya sangat binggung dalam mematikan computer, lalu terpaksa saya menyuruh orang lain.Kebodohan saya yang belum mengerti tentang computer dan mengoperasikannya membuat saya memutuskan untuk kursus computer.


Disamping karena saya masih bodoh dan tidak tahu cara mengetik pakai computer, pernah suatu ketika saya merusakkan monitor computer dikantor karena sering mengutak – atik akhirnya monitor computer jadi rusak dan harus dibuang.


Saya menjalani kursus keahlian computer pada salah satu tempat kursus selama tiga bulan dan mendapat sertifikat dengan nilai yang memuaskan.Karena saya mulai pandai dalam mengoperasikan computer maka saya pun diangkat oleh pihak management perusahaan untuk mengurusi tagihan perusahaan sepenuhnya dibawah kendali saya dan diangakat dari tenaga honorer menjadi tenaga kontrak.


Proses kenaikan karir saya ini pun saya syukuri dan membuat saya bangga sekaligus senang,sebab perjuangan saya membuahkan hasil.Saya berusaha maksimal dalam mengerjakan pekerjaan saya, sehingga bisa memberikan hasil yang memuaskan.


Selain itu juga saya menjalankan kepercayaan yang diberikan perusahaan ke pada saya dengan penuh tanggung jawab, saya pun harus rela lembur pada hari sabtu minggu jika ada pekerjaan yang harus segera dikerjakan.


Pekerjaan yang sering saya lemburkan sabtu minggu adalah untuk proses penanda tanganan berkas, jadi biasanya saya mengejar pimpinan perusahaan kami atau pun pimpinan perusahaan kami.


Pekerjaan saya dibidang tagihan ini memang selalu sibuk pada tanggal – tanggal tertentu seperti yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu tanggal 10, 21 dan akhir bulan.Kalau belum tanggal itu biasanya saya sedikit agak santai dan bisa bercanda – canda dengan teman.


Karena kesuksesan saya dibidang Administrasi tagihan ,saya pun dipromosikan dan diangkat menjadi karyawan tetap, Alhamdulillah sekali.Selain menjadi karyawan tetap saya pun diberi jabatan baru yang berkecimpung di bidang keuangan, yang disebut verifikasi.


Cara kerja Jabatan verifikasi ini pun pernah saya lihat dari senior saya dulu, dan waktu itu tidak pernah terpikir oleh saya bahwa suatu saat saya akan memangku jabatan tersebut.


Tugas pokok saya yang baru ini adalah menganalisa berkas – berkas pemasukan dan pengeluaran perusahaan setelah itu pada akhir bulan melaporkannya ke Kantor Pusat.


Sebenarnya tugas sebagia Verifikasi ini mudah – mudah gampang ,yang penting kita harus teliti dan pandai berhitung dengan baik yang didukung dengan keahlian mengunakan computer.


Hasil kerjaan saya setahun sekali harus diaudit sehingga berkas- berkas perusahaan tidak boleh hilang.Dan tugas saya mengamankan berkas- berkas perusahaan tersebut pada tempat yang aman. 


Ohya teman – teman yang baik, pada artikel ini saya akan menuliskan atau menambahkan tips sukses bekerja dikantor, berdasarkan pengalaman saya.



Tips Sukses Bekerja di Kantoran agar mudah naik jabatan :



1.    Taati Peraturan Perusahaan


Jika anda bekerja pada suatu badan usaha, sebaiknya anda taati peraturan  perusahaan.Perusahaan sangat tidak suka terhadap karyawan yang tidak disiplin atau melawan aturan.Biasanya orang yang suka melawan aturan perusahaan susah sekali untuk naik golongan atau jabatan.

2.    Capai target pekerjaan sekuat mungkin


Untuk naik jabatan bukanlah hal yang mudah, sebab butuh perjuangan.Hal yang saya lakukan pada saat bekerja di Perusahaan adalah mengejar target yang sudah ditetap kan oleh perusahaan sekuat mungkin, bila perlu kita lampaui.


Target –target perusahaan yang sudah tercapai denga memuaskan akan membuat pihak perusahaan akan melirik kita untuk dinaikkan jabatannya dan golongan gajinya.

3.    Selalu Mempelajari Pekerjaan Lainnya


Walau job – job atau pekerjaan kita dengan karyawan lainnya berbeda, sebaiknya kita juga mempelajari pekerjaan yang bukan tanggung jawab kita, sebab bisa saja pada suatu saat pekerjaan tersebut menjadi pekerjaan kita,itu berarti dari jauh hari kita sudah pandai sehingga memudahkan kita untuk mengerjakannya.

Karyawan yang memiliki kepandaian dan keahlian yang banyak lebih mudah untuk dipromosikan oleh pihak management untuk jenis jabatan dan pekerjaan baru.


Demikianlah tulisan saya pada kali ini tentang pengalaman saya bekerja sebagai tenaga administrasi pada sebuah perusahaan swasta ,semoga bisa bermanfaat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya Mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: