13 Juni 2023

Peran Chatbot Whatsapp dalam Membantu Bisnis

 

Kecepatan merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan dalam sebuah bisnis sangatlah penting.Hal ini akan berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan dan masa depan bisnis.Oleh karena hal inilah sehingga diperlukan otomatisasi respon seperti Chatbot WhatsApp sangat penting untuk dihadirkan dalam sebuah bisnis.



Chatbot WhatsApp seperti yang sudah kita ketahui bahwa dijalankan dalam sebuah aplikasi yang bernama WhatsApp. Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi untuk berkomunikasi yang sudah umum dipakai banyak orang di seluruh dunia, terutama dalam bidang bisnis.

Nah, lantas kenapa Chatbot WhatsApp sangat digemari oleh para pelaku bisnis ? apa sih peran – peran dari Chatbot WhatsApp dalam membantu bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa peran dari Chatbot WhatsApp dalam membantu bisnis Anda :


1.    Layanan Respon 24/7

Kehadiran dari chatbot whatsApp adalah jawaban untuk layanan respon cepat kepada para pelanggan dan dapat menanggapi feedback dari pelanggan setiap saat ( Selama 24/7 ). Sebagai kecerdasan buatan atau sering disebut dengan AI (Artificial Intelligent), chatbot whatsApp bisa melayani pelanggan dengan tugas yang tidak membutuhkan keahlian manusia.


2.    Penggunaan chatbot whatsApp yang fleksibel

Fitur chatbot whatsApp selain memang bisa digunakan di perangkat seluler, juga bisa digunakan di perangkat komputer atau laptop kantor.Hal ini sudah tentu akan menunjang kinerja perusahaan menjadi lebih fleksibel dan pada akhirnya akan membantu bisnis Anda menjadi maju lebih cepat.


3.    Lebih menghemat biaya

Adanya pemasangan fitur chatbot whatsApp bisa menghemat biaya sdm, sebab Anda tidak perlu menempatkan orang secara khusus dan stanby untuk menanggapi keinginan para pelanggan. Anda akan turun tangan jika sewaktu – waktu diperlukan saja. Hal ini sudah tentu akan lebih menghemat pengeluaran dari bisnis Anda.


4.    Tidak ada aplikasi tambahan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa aplikasi chatbot whatsApp merupakan fitur yang dimiliki oleh whatsApp bisnis. Nah, dengan menggunakan aplikasi chatbot whatsApp di akun bisnis Anda, maka  tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lainnya.


5.    Sudah Populer di Generasi Milenial

Kalau bicara masalah bisnis, maka generasi milenial adalah pasar terbesar yang ada di era sekarang. Generasi milenial adalah para pengguna aplikasi whatsApp .Oleh karena itu penting bagi bisnis Anda untuk menggunakan perangkat komunikasi yang umumnya dipakai oleh generasi milenial.


6.    Efisiensi waktu untuk menjawab FAQ

Frequently asked question ( FAQ ) adalah kumpulan pertanyaan dasar yang sering atau umum ditanyakan oleh para pelanggan. Dengan FAQ yang diberikan ke chatbot whatsApp, maka akan membuat waktu lebih efisien dan efektif dalam menjawab pertanyaan para pelanggan.Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lebih lama dalam memperoleh informasi tentang bisnis Anda.


7.    Personalisasi Pesan

Dengan menggunakan chatbot whatsApp yang terhubung dengan FAQ, maka Anda bisa mengatur dengan leluasa pesan apa yang ingin ditampilkan secara otomatis.Selain itu, Anda juga bisa membuat pesan otomatis yang menjawab pertanyaan dari para pelanggan. Dengan kemudahan mengatur secara otomatis ini , maka diharapkan urusan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Di era zaman yang sudah modern ini,untuk urusan layanan pelanggan kini sudah hadir sebuah perusahaan yang menyediakan solusi berbasis teknologi yang berfokus pada solusi komunikasi dan distribusi digital, yaitu Jatis Mobile. Produk Jatis Mobile yang satu ini sebenarnya masih tahap development. Pada dasarnya produk ini related dg produk chatbot yang bisa digunakan di beberapa platform messaging, salah satunya WhatsApp Business Platform.Dalam 18 tahun perjalanan di industri, Jatis Mobile telah membantu lebih dari 500 perusahaan meningkatkan bisnis mereka.

1 komentar

  1. Sudah pernah cek2 untuk keperluan kantor. Ternyata bujet kantor belum bisa menjangkau layanan jasa chatbot ini

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon