13 Juni 2023

Apa Itu Pengiriman Cargo? Dan Mengapa Harus Pilih Layanan Cargo? Simak Ulasannya Berikut Ini!

 

Bagi Anda yang terbiasa belanja atau berjualan online, pasti sudah tidak asing lagi dengan perusahaan ekspedisi. Keberadaan jasa ekspedisi ini memang sangat membantu pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Selain jasa pengiriman reguler, Anda juga bisa menggunakan pengiriman cargo untuk mengirim barang.

Lalu, apa bedanya pengiriman reguler dengan layanan pengiriman kargo?

 


Apa Itu Pengiriman Cargo

Pada dasarnya, jasa kirim cargo adalah layanan pengantaran barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam melakukan pengantaran, jasa cargo dapat menggunakan berbagai jenis transportasi. Termasuk pesawat, kapal, truk, dan kereta api. Barang yang diantar pun juga bisa beragam. Mulai dari barang mentah, produk jadi, hingga dokumen penting.

Dalam istilah ekspedisi logistik, pengiriman cargo biasanya merujuk pada pengiriman barang dalam jumlah besar. Biasanya, ada berat minimal yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan jasa cargo. Umumnya, berat minimal layanan cargo adalah 10 kilogram.

Namun, setiap ekspedisi memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, layanan cargo dari J&T Cargo dapat digunakan dengan berat minimal hanya 5 kilogram.

 

Keuntungan Menggunakan Layanan Jasa Pengiriman Secara Cargo

Dibandingkan layanan pengiriman biasa, layanan pengiriman cargo memiliki beberapa keuntungan. Khususnya jika Anda perlu melakukan pengiriman untuk barang yang cukup berat atau besar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan layanan cargo yang bisa Anda dapatkan:

1. Pengiriman Barang Besar dengan Lebih Mudah

Dalam beberapa kondisi, Anda mungkin membutuhkan layanan pengiriman untuk barang yang cukup berat atau besar. Termasuk mengirim barang elektronik besar seperti kulkas dan mesin cuci hingga mengirim kendaraan seperti motor.

Barang-barang seperti ini cenderung sulit dibawa jika menggunakan pengiriman reguler. Apalagi, pengiriman reguler biasanya menggunakan motor sebagai kendaraan kurirnya. Sedangkan pengiriman cargo biasanya dilakukan dengan menggunakan mobil atau truk. Sehingga, proses pengantaran barang besar menjadi lebih mudah.

2. Hemat Biaya

Secara harga, layanan cargo juga menetapkan harga per kilo yang lebih murah dibandingkan pengiriman reguler. Namun, layanan ini memiliki batas minimal berat yang harus dipenuhi. Sebagai contoh, layanan cargo dari J&T Cargo memiliki syarat berat minimal sebesar 5 kilogram.

Dengan berat minimal yang relatif ringan ini, layanan J&T Cargo cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan pribadi seperti pindah rumah atau pulang kampung hingga keperluan bisnis.

3. Lebih Praktis, Efisien, dan Hemat Waktu

Jika Anda memiliki bisnis sendiri, menggunakan layanan pengiriman cargo tentu saja lebih praktis, efisien, dan hemat waktu dibandingkan dengan melakukan pengantaran sendiri. Sehingga, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam bisnis Anda.

Biasanya, layanan cargo juga memberikan jaminan keamanan pengiriman. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman. Ditambah lagi, beberapa layanan cargo juga menawarkan opsi pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Perusahaan Penyedia Layanan Cargo Terbaik (J&T Cargo)

Saat ini, ada banyak layanan pengiriman cargo yang bisa Anda gunakan di Indonesia. Salah satu yang terbaik dan dapat diandalkan adalah layanan dari J&T Cargo.

Seputar Tentang J&T Cargo

J&T Cargo merupakan perusahaan ekspress yang masih berada di bawah naungan J&T Group. Sejak didirikan pada Agustus 2015, J&T Cargo terus berusaha memberikan layanan dan pengalaman terbaik untuk pelanggannya.

Hingga saat ini, J&T Cargo telah memiliki lebih dari 240 gudang sortir skala besar yang dilengkapi dengan lebih dari 600 set alat sortir otomatis. Selain itu, J&T Cargo juga telah memiliki lebih dari 8000 kendaraan milik sendiri, 23 ribu outlet operasional, dan 350 ribu karyawan yang mendukung proses operasional J&T Cargo.

Keunggulan Keunggulan  J&T Cargo

Ada banyak keunggulan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa J&T Cargo, di antaranya:

1. Wide Coverage

Saat ini, layanan J&T Cargo telah mencakup hingga 98% area di Indonesia. Dengan lebih dari 3000 outlet yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, J&T Cargo mampu melayani pengantaran barang dengan jangkauan area yang luas.

2. SLA On-Time

J&T Cargo juga memberikan layanan pengantaran yang tepat waktu. Selain itu, waktu pengantaran juga dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Sehingga, Anda menyesuaikan pengantaran sesuai kebutuhan.

3. Real Time Tracking Melalui Website

Proses pengantaran juga dapat dicek secara real time melalui website. Layanan EzTrack dan integrasi API yang J&T Cargo gunakan membantu proses pengolahan informasi menjadi lebih cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa mengetahui dengan mudah proses dan posisi paket yang dikirimkan.

4. Layanan Gratis Jemput Paket

Salah satu kendala dalam mengirimkan paket besar adalah pengantaran paket menuju outlet ekspedisi. Memahami hal ini, J&T Cargo juga menyediakan layanan jemput paket atau layanan pick up gratis. Sehingga, Anda bisa mengirim paket dengan lebih mudah.

 

Biaya Kirim Lebih Efisien Hingga 50%

Layanan J&T Cargo dikhususkan untuk barang berat atau berukuran besar. Selain itu, layanan kargo dari J&T Cargo memiliki berat minimal yang relatif kecil. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk paket dengan berat 5 kilogram hingga 500 kilogram. Sehingga, Anda bisa mengirimkan berbagai barang menggunakan layanan ini. Mulai dari buku atau pakaian berjumlah besar, furnitur, barang elektronik, hingga kendaraan bermotor.

Dibandingkan dengan pengiriman reguler, biaya kirim pengiriman cargo relatif lebih murah. Bahkan, Anda bisa mendapatkan biaya kirim hingga 50% lebih hemat. Untuk mengetahui tarif yang lebih pasti, Anda bisa mengunjungi website https://www.jtcargo.id/ untuk mengecek tarif ongkos kirim yang lebih pasti.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan J&T Cargo?

Cara Menggunakan Layanan J&T Cargo cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah kirim barang lewat J&T Cargo berikut ini:

1. Cek Ongkos Kirim

Sebelum mulai mengirim barang, Anda bisa mengecek tarif ongkir yang berlaku melalui website : jtcargo.id. Pilih opsi “Cek Ongkir”, kemudian pilih kota asal dan kota tujuan pengiriman. Lalu isi perkiraan berat barang dan cara membayar. Jika sudah, klik tombol “Cek” untuk melihat tarif J&T Cargo.

2. Pilih Layanan J&T Cargo yang Sesuai

Ada 3 jenis layanan yang disediakan oleh J&T Cargo. Yaitu kargo kecil, kargo standar dan layanan SLA. Layanan kargo standar dapat digunakan untuk mengirim barang dengan berat 100 kg hingga 300 kg dan 300 kg hingga 500 kg. Sedangkan kargo kecil dapat digunakan untuk mengirim barang dengan berat 50 kg hingga 100 kg dan barang dengan berat di bawah 50 kg.

Layanan SLA atau Service Level Agreement adalah pilihan pengiriman cargo antar kota dengan jalur darat. Anda dapat memilih estimasi waktu kedatangan sesuai kebutuhan. Layanan ini mencakup pilihan estimasi kedatangan esok hari atau hari berikutnya.

3. Packing Barang

J&T Cargo sendiri memiliki layanan packing barang. Namun, Anda perlu membayar biaya tambahan untuk menggunakan layanan ini. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa melakukan proses packing barang sendiri. Pastikan proses packing telah sesuai dengan standar packing J&T Cargo. Khususnya untuk barang elektronik dan barang pecah belah.

4. Antar Paket ke Outlet J&T Cargo

Jika paket sudah siap, Anda tinggal melakukan pengantaran ke outlet J&T Cargo terdekat. Untuk mengetahui lokasi outlet terdekat, Anda bisa membuka https://www.jtcargo.id/ dan pilih opsi “Lacak Outlet”. Kemudian, pilih kota atau kabupaten dan nama provinsi tempat tinggal. Lalu, klik gambar kaca pembesar warna hijau.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan alamat lengkap dari outlet terdekat lokasi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui nomor telepon outlet yang bisa dihubungi. Jika ingin menggunakan jasa jemput paket atau pick up, Anda bisa menghubungi outlet tersebut terlebih dahulu.

5. Terima Resi

Setelah menyerahkan paket ke outlet, Anda akan mendapatkan resi pengiriman J&T Cargo. Resi ini dapat digunakan untuk mengecek lokasi paket. Untuk mengecek lokasi paket, Anda dapat melakukan melalui website J&T Cargo. Kemudian, masukkan nomor resi dan klik Enter pada keyboard atau klik gambar kaca pembesar.

 

Kesimpulan

Mengirimkan paket dalam jumlah besar dan berat bisa cukup merepotkan dan menghabiskan biaya. Namun, Anda bisa menghemat biaya pengiriman hingga 50% dengan menggunakan jasa pengiriman cargo. Salah satu jasa pengiriman kargo yang bisa Anda andalkan adalah J&T Cargo. Selain menawarkan harga yang lebih terjangkau, J&T Cargo juga menawarkan pelayanan terbaik. Mulai dari jasa pick up, proses pengiriman yang terjamin, hingga pelacakan paket secara real time melalui website : jtcargo.id.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon