07 November 2021

Membangun Kesabaran dengan Menghancurkan Pyramid Solitaire

Permaianan kartu yang lebih populer dengan nama Solitaire pada dasarnya memiliki banyak variasi dalam cara memainkannya. Salah satu bentuk variasi dari permainan Solitaire adalah permainan Pyramid Solitaire. Tidak jauh berbeda dengan permainan Solitaire lainnya, Pyramid Solitaire dalam permainannya melibatkan 52 kartu. 

Permainan ini memiliki perbedaan tujuan dengan Spider Solitaire yang dimainkan untuk membuat rangkaian kartu yang menarik. Pada permainan Pyramid Solitaire tujuan dari permainan adalah untuk menghancurkan susunan piramida kartu. Dalam upaya penghancuran susunan piramida kartu, pemaiun tidak perlu melibatkan alat berat seperti palu apalagi linggis. Pemain hanya perlu menggunakan logika dan pengetahuan matematikanya guna mengancurkan piramida tersebut.


Permainan kartu Pyramid Solitaire dengan tujuannya untuk mencapai sebuah kehancuran, tentu menjadi sebuah keunikan tersendiri. Hal tersebut mengingat pada umumnya indikator kemenangan dari sebuah permainan merupakan keberhasilan untuk membangun sesuatu, bukan menghancurkan.

Pada permainan Pyramid Solitaire kemenangan didapat ketika pemain berhasil mengeluarkan seluruh kartu dari tempat atau lapangan permainan. Jalannya permainan dilakukan dengan memasangkan setiap kartu hingga akhirnya bernilai 13. Pada setiap kartu yang dimainkan dalam permainan Pyramd Solitaire memiliki nilai tersendiri. Kartu Raja pada permainan Pyramid Solitaire memiliki nilai 13, kartu Ratu bernilai 12, kemudian kartu Jack dan AS masing-masing bernilai 11 dan 1.

Susunan kartu dalam permainan Pyramid Solitaire terdiri dari 7 baris, dengan masing-masing baris berisi 7 hingga 1 kartu.  Kartu-kartu tersebut kemudian disusun membentuk piramida dengan posisi kartu terbuka atau menghadap ke atas. Permainan dilakukan dengan memasangkan 2 kartu yang jika dijumlahkan bernilai 13, seperti memasangkan kartu Ratu yang bernilai 12 dengan AS bernilai 1. Dalam permainan ini kartu Raja tidak memiliki setelan atau pasangan, karena kartu tersebut sudah bernilai 13. Oleh karena itu, untuk mengeluarkan Raja dari permainan, pemain hanya perlu melakukan klik dan menggesernya dari barisan permainan.

Dalam permainan Pyramid Solitaire, kartu yang telah dikeluarkan dari barisan tidak dapat digunakan lagi untuk bermain. Selama permainan berlangsung, pemain boleh mengambil kartu stok guna dicocokan dengan kartu yang masih terbuka. Semakin berkembang permainan, tingkat kesulitan dalam meruntuhkan piramida juga semakin sulit. Hal tersebut dipengaruhi oleh kenyataan bahwa tidak ada lagi kartu yang cocok untuk dipasangkan hingga bernilai 13. Oleh sebab itu, guna mempermudah jalannya permainan, penting diingat oleh pemain mengenai kombiinasi kartu yang memiliki nilai 13.

Kemenangan akhir dari permainan Pyramid Solitaire ditandai dengan keluarnya seluruh kartu dari barisan piramida. Dalam kondisi tertentu yang tidak memungkinkan seluruh kartu keluar dari barisan piramida, maka skor akhir dihitung berdasarkan jumlah nilai kartu yang berada di lapangan permainan.

Permainan Pyramid Solitaire memang tidak sepopuler versi Solitaire lainnya, seperti Spider Solitaire misalnya. Akan tetapi, permainan ini juga tidak dapat dikatakan kalah asyik dengan versi Solitaire lainnya. Permainan Pyramid Solitaire masih sangat cocok untuk dimainkan dikala mengisi waktu luang atau hanya sekedar alat melampiaskan kebosanan. Permainan logika dan matematika yang berperan selama Pyramide Solitaire dimainkan dijamin membuat kita lupa akan waktu karena terlalu asik memainkannya.

Kini permainan Game Pyramid Solitaire tersedia dalam bentuk yang lebih modern. Pemain tidak perlu membawa kartu di kantongnya jika ingin memainkannya. Sebab, Pyramide Solitaire telah tersedia dalam bentuk video game yang dapat dimainkan di pc maupun hanphone. Jika ingin memainkannya pemain juga dapat mengakses https://www.solitaire.org/.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon