04 Agustus 2022

10 Alasan Memelihara Anjing untuk Fisik dan Mental

 

Umumnya, bila ditanya apa alasan memelihara anjing? Jawabannya pasti menyukai binatang. Padahal, lebih dari itu yang bisa didapatkan manusia.

Alasan memelihara kucing dan anjing sebagai hewan peliharaan adalah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental manusia. Mulai dari menghilangkan stres sampai menurunkan berat badan akan dirasakan orang yang memelihara hewan peliharaan.

Selain itu, untuk kamu ketahui manfaat anjing bagi manusia dan lingkungan yang paling jelas terlihat adalah anjing bisa menjadi bodyguard alias menjamin keamanan dan keselamatan pemiliknya.



Jika kamu berencana memelihara anjing, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatannya. Tak ada salahnya juga untuk membeli polis asuransi hewan peliharaan di PT Asuransi Simas Insurtech, mengingat biaya perawatan anjing tidaklah murah.

Berikut ini beberapa keuntungan memelihara anjing untuk kesehatan fisik dan mental kamu.

Alasan - Alasan Memelihara Anjing

Tanpa disadari, memelihara hewan peliharaan seperti anjing akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut ulasannya.

1. Kesehatan jantung meningkat

Di tahun 1950 dan 2019 dilakukan suatu studi di mana para responden yang memelihara anjing memiliki tekanan darah lebih rendah sehingga dapat terhindar dari serangan jantung.

Hal yang sama juga berlaku pada tingkat kolesterol dan kadar trigliserida penyumbang penyakit jantung yang ikut menurun.

2. Risiko alergi teratasi

Menurut Journal of Allergy and Clinical Immunology, bahwa suatu penelitian mengungkapkan fakta bahwa anak yang dibesarkan oleh orangtua yang gemar memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki potensi terkena alergi dan asma lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Mengapa demikian? Sebab sejak bayi mereka sudah terbiasa terpapar oleh bulu-bulu hewan tersebut sehingga sistem kekebalan tubuh secara otomatis menciptakan kekebalan tubuh terhadap alergen yang lebih kuat.

3. Ampuh turunkan berat badan

Kamu yang suka banget mager alias males gerak di rumah direkomendasikan untuk memiliki hewan peliharan. Pasalnya, dengan memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ampuh menurunkan berat badan.

Kamu akan rutin membawa hewan peliharaan berjalan-jalan di sekitar rumah atau aktivitas fisik lain seperti bermain bersama hewan peliharaan.

Sekalipun hanya 10 menit, 20 menit, 30 menit atau lebih, tetap saja kamu sudah melakukan aktivitas fisik seperti lari-lari kecil.

4. Untuk lansia, menjaga kemampuan kognitif dan kebugaran tubuh

Memelihara anjing juga baik untuk orang lanjut usia untuk kesehatan fisiknya. Apalagi untuk orang di atas usia 60 tahun, memelihara anjing bisa juga menurunkan berat badan sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Alasan memelihara anjing untuk lansia juga ampuh menurunkan kortisol sebagai hormon stres serta menjaga kemampuan kognitif agar terhindar dari penyakit demensia.

5. Risiko kematian berkurang

Suatu studi yang dilakukan di Swedia mengungkapkan dengan memelihara anjing di rumah, maka kamu bisa menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh berbagai penyakit sebesar 20 persen.

6. Tak merasa kesepian lagi

Apa manfaat dari memelihara anjing untuk kesehatan mental? Diyakini bahwa seseorang yang memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing akan terhindar dari rasa kesepian karena anjing dan kucing bisa memberikan dukungan emosional saat kamu bermain bersama mereka.

Survei yang dilakukan lembaga Human Animal Bond Research Institute mengungkapkan bahwa 85 responden meyakini dengan berinteraksi dengan hewan peliharaan maka rasa kesepian mereka akan hilang.

7. Ampuh atasi stres dan depresi

Tak sedikit banyak orang akan bermain dengan hewan peliharaan untuk melepas rasa stres, cemas, dan depresinya. Hal yang sama juga dikatakan oleh para ilmuwan di Washington State University.

Para ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa dengan mengelus anjing selama 10 menit saja maka energi positif akan kamu rasakan, hormon kortisol pun ikut menurun secara drastis, dan potensi merasakan depresi juga ikut menurun.

8. Jadi lebih semangat dan bahagia

Manfaat anjing bagi lingkungan untuk menciptakan energi positif agar terus tercipta suasana dan rasa bahagia oleh pemilik dan lingkungan sekitarnya.

Tahun 2019 dilakukan suatu penelitian di Jepang yang menghasilkan fakta bahwa hanya dengan menatap mata anjing saja hormon cinta atau oksitosin akan meningkat.

Dengan hidup bahagia maka semangat menjalani hidup pun ikut meningkat. Tak heran banyak orang yang ditinggalkan pasangannya memilih untuk memelihara anjing sebagai pengganti pasangan karena kebutuhan untuk mendapatkan dukungan sosial secara emosional agar tetap memiliki makna hidup.

Tak hanya itu, dengan memelihara anjing juga semangat untuk terus berolahraga semakin tinggi karena sifatnya yang aktif dan senang bermain membuat kamu jadi lebih banyak bergerak sekalipun hanya di rumah.

9. Bisa menemukan jati diri, lho

Siapa sangka bahwa ada orang beralasan memelihara anjing karena untuk mencari jati diri dan karakteristik diri. Khususnya kamu yang ingin menciptakan dan mengembangkan karakteristik rajin, kamu bisa melatihnya dengan memelihara anjing di rumah.

10. Membentuk rasa empati

Selain melatih sifat rajin pada diri sendiri, alasan memelihara anjing yang lain adalah untuk menumbuhkan rasa empati terhadap makhluk hidup dimulai dari rasa empati terhadap hewan.

Lebih dari memberikan tempat tinggal dan makan saja, saat kamu memutuskan untuk memelihara anjing di rumah maka kamu ikut bertumbuh dan berkembang membentuk karakteristik diri yang semakin baik dan diikuti dengan kesehatan fisik yang semakin kuat.

Pada kasus tertentu bahkan anjing bisa jadi penyelamat manusia yang berada di situasi darurat atau bahkan yang kehilangan semangat hidupnya.

Namun, bagaimana saat anjing diculik atau mati karena tertabrak kendaraan? Jangan sampai seluruh dunia kamu hancur begitu saja.

Asuransi Pet Simas Insurtech memberikan jaminan terhadap kehilangan anjing karena penculikan dan pencurian, memberikan jaminan kematian saat anjing mengalami kecelakaan hingga jaminan penggantian kepada pihak ke-3 yang tidak sengaja dilukai oleh hewan peliharaan kamu.

Nah, itu dia informasi terkait alasan orang memelihara anjing, semoga informasi ini bermanfaat.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon