09 September 2023

Rekam jejak Arsjad Rasjid Di Dunia Usaha

 

ketua KADIN Indonesia

Belajar dari jatuh bangun dan kisah-kisah perjuangan orang sukses akan membuat kita tergerak untuk tidak menyerah denga keadaan dan mencoba untuk terus berjuang. Memang tidak mudah. Kadang ada ketakutan-ketakutan dalam diri yang membuat kita menjadi ragu untuk melangkah. Nah, ternyata kita tak sendiri. Di luar sana banyak orang yang merasa ketakutan dan tidak berani bermimpi.

Dengan sering membaca kisah sukses seorang tokoh akan membuat kita termotivasi dan tidak lagi takut untuk menatap masa depan. Dan faktanya banyak orang sukses yang dulunya mengalami kegagalan dei kegagalan. Namun karena mereka tidak menyerah akhirnya mereka kelur sebagai pemenang dalam kehidupan ini. Salah satu orang sukses yang mampu menginspirasi kita untuk terus maju salah satunya adalah Arsjad Rasjid.

Yuk belajar dari rekam jejak Arsjad Rasjid , seorang tokoh yang memiliki kiprah yang luar biasa dalam dunia bisnis dan industri di Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 8 November 1939 di Jakarta. Kepemimpinan dan kontribusinya terkait dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) serta pengembangan industri lokal dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia telah diakui khalayak luas.

Rekam jejak Arsjad Rasjid

Sebelumnya Rekam jejak Arsjad Rasjid Di Dunia Usaha agar terus tumbuh dan bisa berkembang meski harus bersaing dengan barang-barang impor.

Anak purnawirawan TNI AD ini berhasil melakukan kerja sama bisnis dengan berbagai negara dan organisasi internasional. Hal ini membantu membuka peluang ekspor dan impor bagi pelaku usaha di Indonesia agar lebih dikenal di dunia manca.

Dulu saat masih menjadi direktur utama perusahaan PT Andika Energy Tbk ia berhasil mengembangkan berbagai proek dan strategi bisnis yang hasilnya ia mampu menghasilkan keuntungan tujuh kali lipat bagi perusahaan. Awalnya kinerja perusahaan mengalami penurunan karena efek harga batu bara yang anjlog. Namun di bawah kepemimpinan beliau, perusahaan ini kembali bangkit dan justru mendapatkan keuntungan berlipat.

Kontribusi Arsjad Rasjid di dunia pendidikan

Meski telah sukses membangun usaha nyatanya beliau sangat peduli dengan dunia pendidikan. Salah satunya dengan menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari beliau kita belajar bahwa pendidikan itu penting dan berbagi ilmu tak pernah sia-sia. Jadi pengusaha gak harus melupakan kuliah, kan?

 Selain aktif dalam mendukung pengembangan inovasi dan kewirausahaan di Indonesia beliau juga aktif mendorong para pemuda di Indonesia untuk mengembangkan ide-ide dan gagasan baru di dunia bisnis. Melalui berbagai program yang dipromosikan oleh KADIN, beliau aktif dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di dunia anak muda.

Salah satu kontribusi paling signifikan dari Arsjad Rasjid adalah dukungannya terhadap pengembangan industri lokal dan UMKM di Indonesia. UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia harus terus bergerak maju ditengan gempuran produk-produk luar negeri dan tetap mendorong para pemuda untuk terlibat dalam bisnis-bisnis kecil dan menengah.

Melalui kiprahnya di KADIN dan peran aktifnya dalam pengembangan industri lokal serta UMKM, Arsjad Rasjid telah menjadi figur yang sangat dihormati di Indonesia. Kontribusinya di dunia berwirausaha dan berperan aktif dalam pembangunan ekonomi negara merupakan warisan yang berharga untuk generasi muda Indonesia saat ini dan masa depan.

Baginya salah satu hal yang berharga dalam hidup adalah kebermanfaatan untuk sesama. Untuk apa kita mengejar keuntungan pribadi sebanyak-banyaknya namun ternyata punya kontribusi apapun untuk yang lain. Terpapar covid 19 dan harus memasang ring jantung menjadi titik balik dalam hidupnya yang membuat ia semakin sadar ia tak bisa hidup sendiri. Masih banyak masyarakat luas yang membutuhkan aksi nyata untuk bertahan di tengah lesunya perekonomian. Dan ia ingin membawa manfaat seluas-luasnya bagi mereka yang membutuhkan.

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon