Bermain dimalam hari pada waktu saya masih kecil adalaha hal yang sangat menyenangkan dan mengembirakan, apalagi dilakukan pada saat kit...

BERMAIN DI MALAM HARI PADA SAAT HARI LIBUR YANG SERING SAYA LAKUKAN PADA SAAT MASIH KECIL

By | Oktober 21, 2016 Leave a Comment

BERMAIN DI MALAM HARI PADA SAAT HARI LUBUR

Bermain dimalam hari pada waktu saya masih kecil adalaha hal yang sangat menyenangkan dan mengembirakan, apalagi dilakukan pada saat kita liburan sekolah.


Pada artikel kali ini saya akan membagi tentang pengalaman saya semasa saya kecil yang sangat hobi sekali bermain, seperti pada anak lain pada umumnya.Kalau pada artikel lainnya saya berbagi tentang pengalaman saya bermain disungai maka pada artikel ini tentang saya bermain dimalam hari.


Bermain dimalam hari sebenarnya memiliki nilai positif, sebab bisa mengasah mental saya untuk berani melawan rasa takut di malam hari.Jadi karena pada waktu kecil saya sudah berani dalam kegelapan, maka saat saya sudah dewasa saya tidak takut kegelapan di malam hari.


Disamping itu juga suasana gelap bisa melatih mata saya, untuk melihat dimalam hari.Nah jenis – jenis permainan apakah yang saya lakukan dimalam hari adalah sebagai berikut ini.



Jenis permaian yang saya lakukan semasa kecil dimalam hari : 

1.    Cengkeliungan


Permainan seru yang saya lakukan dengan teman pada waktu saya kecil dulu adalah cengkeliungan.Mungkin bahasanya sedikit aneh, dimata para pembaca.

Tetapi begitulah nama permainan itu, permainan tersebut mengunakan pecahan genteng yang disusun secara vertical dengan tinggi kira – kira 15 cm meter.

Lalu dilemper dengan batu dengan jarak sekitar sepuluh meter, bagi yang sudah ditetapkan untuk menyusun kembali genteng tersebut maka dia kami sebut dengan sang penjaga.

Jika lemparan batu mengenai tepat susunan genteng maka, kami harus buru – buru bersembunyi, sambil menunggu sang penjaga selesai menyusun kembali pecahan genteng.

Biasanya penjaga yang sudah menyusun tumpukan genteng akan mencari kami yang sedang bersembunyi, jika sang penjaga sudah lengah maka kami harus berlari menuju tumpukan genteng untuk di langkahi.Itu pertanda kami tidak bisa menjadi penjaga.

Tetapi bagi teman yang sudah ketahuan dimana ia bersembunyi dan penjaga duluan melangkahi tumpukan genteng maka ia adalah calon penjaga.

Permainan ini memang sangat sederhana, tetapi cukup membuat kami bergembira ria.

Trik saya waktu kecil dahulu adalah saya bersembunyi sedikit agak jauh dari penjaga, dengan begitu penjaga harus lebih jauh untuk meninggalkan tumpukan genteng.Nah setelah penjaga ini agak menjauh dari tumpukan genteng maka saya harus berlari lebih kencang dari penjaga agar saya bisa lebih duluan melangkahi genteng.

Di daerah lain  saya tidak tahu permainan ini disebut dengan nama apa, tapi yang jelas di daerah saya disebut cengkeliungan, unik bukan.

2.    Umpetan


Selain bermain cengkeliungan yang saya lakukan dengan teman – teman semasa kecil, saya juga bermain umpetan.Kalau umpetan saya rasa nama permainan ini bisa sama yaitu bermain sembunyi atau bersembunyi menunggu teman atau musuh kita menemukan kita.

Permainan umpetan dimalam hari ini caranya cukup sederhana, biasanya kami membagi menjadi dua kelompok.Satu kelompok untuk bersembunyi dan satu kelompoknya lagi mencari yang bersembunyi.

Untuk menentukan siapa yang duluan bersembunyi, maka kami harus membuat sejenis penentuan yang kami sebut bersuit.Bersuit itu dengan mengadu jari – jari kita dengan musuh.Misalnya Ibu jari yang diadu dengan telunjuk, maka yang menang adalah ibu jari.

Permainan ini terbilang sulit tetapi mengasyikan sebab, harus mencari kelompok yang sedang bersembunyi dimalam hari dan mereka bersembunyi secara berpencar.

Ohya pada permainan ini biasanya kami menentukan batas – batas daerah yang tidak boleh dilalui atau digunakan untuk bersembunyi, jika dilakukan maka mereka pihak yang bersembunyi  dipastikan kalah telak.

Bagi kelompok yang bersembunyi biasanya bersembunyi ditempat yang gelap, jadi kita sebagi kelompok yang mencari haruslah berani menghadapi kegegelapan malam.

Jika kita sudah melihat pihak musuh yang bersembunyi maka  kita cukup menyebut namanya saja, itu pertanda kita sudah menemukannya.Tetapi ada juga sich teman yang curang dalam bermain ini yaitu mereka bersembunyi dirumah mereka sendiri, sehingga para pencari susah untuk menemukannya.

Sekarang ini permainan tersebut tidak dimainkan lagi sebab sudah tersingkirkan oleh jenis permainan modern, seperti point blank, permainan online dan lainnya.
Anak zaman sekarang ini lebih banyak mengunakan gadget sebagai alat permaiannaya.

Bermain dimalam hari diluar rumah sebenarnya memiliki beberapa bahaya,seperti :



1.    Tersesat


Bagi anak yang pemula yang akan bermain pada malam hari, maka merupakan hal yang menakutkan dan mudah sekali binggung serta tersesat alias tidak tahu jalan kembali.

Sebaiknya untuk orang tua harus selalu memperhatikan anaknya jangan sampai bermain dimalam hari apalagi diluar rumah,sebab anak anda biasa saja terseset dan binggung mencari jalan kembali ke rumah.

Beda dengan waktu saya kecil yang tinggal disebuah pedesaan, saya waktu kecil sangat hapal sekali tempat –tempat atau daerah yang saya gunakan untuk bermain.

2.    Binatang berbahaya


Bermain dimalam hari bagi anak kecil hal yang membuat  takut dan bahaya yang mengancam adalah binatang berbahaya, seperti ular ,kalajengking dan lainnya.

Sebaiknya bermain jangan berada disemak – semak, karena ular biasanya akan bersembunyi pada tempat tersebut.Kalajengking juga sering berada pada dedauan yang basah, jadi hindari tempat – tempat tersebut.
Bagi kita para orang tua sangatlah penting untuk memberi nasehat pada anak kita jika si kecil akan bermain dengan teman – temannya dimalam hari, seperti yang saya tulis ditips berikut ini.



Tips aman bermain malam hari untuk anak kecil :

1.    Diawasi Oleh orang Tua


Anak kecil seperti saya dahulu memang sangat senang sekali bermain dimalam hari.Mungkin karena jadwal tidur masih lama dan belum ngantuk sehingga enaknya bermain dulu,apalagi bermain diluar rumah.

Nah bagi buah hati anda yang senang bermain diluar rumah sebaiknya dalam pengawasan  orang tua, sebab tingkah laku anak terkadang sangat berani dan membahayakan ,misalnya bermain sepeda dijalan raya.

Kita sebagai orang tua perlu memberi nasehat pada anak kita agar tidak bermain yang akan membahayakan mereka.

2.    Cari tempat bermain yang terang


Kita sebagai orang tua perlu mengarahkan anak kita agar bermain ditempat yang terang oleh cahaya lampu.Hal ini dimaksudkan agar kita sebagai orang tua bisa memantau gerak – gerik mereka.

Disamping itu juga bermain ditempat yang terang oleh cahaya lampu bisa meminimalisir bahaya yang mengancam anak anda seperti, Ada nya binatang berbahaya.

Tempat yang terang oleh cahaya biasanya binatang, seperti ular enggan berada ditempat tersebut.

3.    Bermain yang tidak membahayakan


Disamping itu juga kita perlu melihat apakah permainan anak kita mengunakan permainan yang berbahaya, misalnya bermain petasan atau kembang api.

Nah kita perlu melarang mereka jika mereka bermain petasan, sebab akan membahayakan mereka.Sebaiknya anak kita diberi mainan yang tidak membahayakan seperti bermain mobil – mobilan.

Ohy jangan memberi contoh untuk mengajari buah hati anda untuk melakukan permainan yang ekstrem, misalnya panjat dinding.Sebab sangat dikhawatirkan mereka akan meniru dan mencoba gerakan kita pada saat mereka tidak kita awasi.

4.    Jadwal bermain harus diatur


Biasanya anak kecil bemain tidak pernah melihat atau mengatur waktu, nah sebaiknya kita sebagai para orang tua untuk selalu mengingatkan anak kita untuk berhenti bermain, jika saatnya mereka harus tidur.

Ohy pastikan peralatan permainan mereka sudah mereka bereskan, hal ini sangat berguna untuk mendidik anak anda,karena kita akan mengajarkan tentang tanggung jawab.

5.    Jangan lupa membersihkan kaki dan tangan


Setelah puas bermain dimalam hari biasanya anak kita akan lesu dan mengantuk, mereka jika tidak kita ingatkan maka mereka biasanya langsung tidur saja.

Nah sebagai orang tua kita  juga harus melatih disiplin mereka dari kecil, jika mereka sudah bermain maka coba ajaklah mereka untuk membersihkan kaki dan tangan mereka.

Membersihkan tangan dan kaki mereka sangatlah penting agar mereka bisa tidur dengan nyenyak.Tangan dan kaki yang kotor akan membuat mereka tidur dengan gelisah dan tidak pulas.Disamping itu juga kaki yang kotor juga bisa membuat tempat tidur anak menjadi tidak bersih.

6.    Ganti pakaian anak Anda


Jika baju anak anda kotor sehabis bermain pada malam hari, sebaikknya kita ganti juga, sebab baju yang kotor akan membuat tubuh mereka menjadi gatal – gatal.Apalagi tubuh anak kita mengeluarkan keringat yang banyak.
Disatu sisi bermain pada malam hari buat anak memiliki nilai positif seperti melatih keberanian anak anda dan juga memiliki nilai yang negative seperti ancaman bahaya.


Semua itu tergantung pada orang tua masing – masing bagaimana cara mendidik anak anda agar bisa terhindar dari hal – hal yang membahayakan buah hati anda.


Tapi yang jelas bermain dimalam hari seperti yang saya lakukan pada waktu kecil merupakan permainan yang sangat membuat hati saya senang dan sulit dilupakan sampai sekarang.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat ,jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: