20 October 2016

Kisah Bermain Di Sungai Yang Sangat Menyenangkan Hati Saya Pada Waktu Masih Kecil Dulu

KISAH BERMAIN DISUNGAI YANG SANGAT MENYENANGKAN HATI SAYA

Kisah bermain disungai – Setiap anak kecil yang sudah pandai berenang pasti sangat asyik dan senang sekali bermain disungai.Begitupun juga saya, semasa kecil saya sering sekali bermain disungai, entah kenapa padahal bermain disungai sering dilarang oleh orang tua.


Rumah saya tidak begitu jauh dari sungai sehingga saya sering bermain disungai semasa kecil saya bersama teman – teman.Ohy teman – teman pembaca pada artikel kali ini saya akan menuliskan pengalaman masa kecil saya saat bermain disungai.


Banyak hal yang menarik perhatian seorang anak kecil seperti saya untuk bermain disungai.Saya sering bermain disungai sekitar umur delapan tahun yang pada saat itu saya sudah pandai berenang.




Hal yang menarik perhatian saya pada waktu kecil untuk bermain disungai :




1.    Bermain perahu


Disungai tempat saya tinggal banyak sekali perahu, yang sering digunakan oleh orang lain untuk menyeberang pergi ke kebun seberang.Saya melihat orang lain mendayung perahu dengan begitu mudah,terpikir oleh saya untuk mencoba belajar mendayung.

Karena waktu itu saya masih kecil maka saya tidak berani mendayungkan perahu dengan melepaskan ikatan perahu,saya takut perahu akan terbawa arus.Jadi belajar mendayung perahu dengan posisi perahu terikat walapun Cuma pakai sandal untuk belajar mendayung perahu, tapi asyik sekali,saya merasa saya bisa untuk mendayung perahu.

Hingga suatu saat saya pernah ikut orang tua ke kebun, dan pada saat pulang dari kebun saya minta di ajari oleh orang tua saya mendayung, yang posisi perahu tidak melawan arus.
Dan ternyata mendayung perahu teramat sulit tidak semudah mendayung perahu pada posisi perahu terikat.Kenapa ? karena kita harus mengatur laju perahu agar tetap lurus ke depan.

Karena saya belum sering belajar mendayung, jadi arah perahu sering kekiri dan kekanan.Yang paling sulit adalah mendayung perahu pada posisi perahu melawan arus, apalagi arusnya deras,mmm..rasanya tidak sampai –sampai ketujuan.

Ternyata untuk belajar mendayung ada tips sederhananya loh dari saya agar anda menjadi mahir.



Tips Belajar Mendayung Perahu di sungai bagi pemula :


-    Bawa Karet Pelampung


Bawa karet pelampung untuk jaga – jaga siapa tahu perahu anda akan tenggelam atau bahkan anda akan tercebur kedalam sungai,apalagi anda tidak bisa berenang maka karet pelampung adalah alat untuk menyelamatkan diri anda.




-    Ajak Orang Yang Sudah Pandai


Jika anda ingin belajar mendayung sebaiknya ajak orang yang sudah pandai mendayung, tujuannya agar anda ada yang mengajari dan bisa mengendalikan perahu jika situasi tidak terkendali.Misalnya anda terjebak diarus yang deras.




-    Pilih Perahu Yang Ringan 



Perahu ditempat saya rata – rata terbuat dari papan kayu.Ada yang sangat berat sekali saat didayung ada juga yang ringan sekali pada saat di dayung.Nah bagi anda yang pemula yang ingin belajar mendayung pilihlah perahu yang ringan sehingga pada saat anda mendayung melawan arus maka tenaga anda tidak cepat terkuras.Beda sekali dengan mendayung perahu karet, yang rata- ratanya perahu karet ringan.


 

2.    Bermain kejar  kejaran disungai



Selain bermain perahu hal yang membuat asyik sekali pada saat saya masih kecil adalah bermain kejar –kejaran disungai.Permainan itu sering saya lakukan dengan teman – teman pada saat sungai mulai surut dan biasanya pasa musim kemarau.

Pada musim kemarau sungai ditempat saya akan menjadi surut sehingga hamparan pasir terbentang luas.Bentangan pasir itu menjadi arena bermain kami pada saat masih kecil dahulu.

Permainan yang sering kami lakukan adalah sederhana sekali Cuma main kejar –kejaran dengan teman – teman tetapi sangat membuat hati kami menjadi senang dan riang.

Tetapi anda harus hati – hati sekali loh bermain kejar – kejaran disungai sebab didalam pasir banyak sekali benda – benda berbahaya yang akan melukai diri kita, misalnya Kaleng bekas, kayu tajam, pecahan kaca dan lainnya.

Sebaiknya jika mau bermain kejar – kejaran disungai harap pakai sandal agar bisa terhindar dari benda – benda yang bisa melukai diri kita.Dan juga sebaiknya bermainnya pada waktu sore sebab matahari tidak terlalu panas dan orang – orang dewasa sudah banyak disungai.



3.    Membuat Rumahan dari pasir



Hal yang membuat saya dan teman – teman saya sangat asyik sekali bermain disungai adalah membuat rumahan dari pasir.Caranya sangat mudah sekali tinggal kita tumpuk pasir- pasir dan kita bentuk menjadi rumah-rumahan.

Setelah rumahan jadi maka rumahan tersebut kami hancurkan,hehe,,,lucu sekali menurut saya kelakuan waktu kami kecil dahulu.Setelah puas kami bermain disungai biasanya kami berenang disungai.



4.    Mencari ikan 



Nah mencari ikan disungai merupakan hal yang sangat menyenangkan saya pada waktu kecil.Apalagi pada saat ikan lagi main atau mudek ( bahasa daerah kami yang menunjukan ikan sedang banyak disungai ).

Kalau ikan sedang banyak disungai maka banyak sekali orang – orang dari muda sampai dewasa mencari ikan disungai, sungaipun menjadi ramai.

Pada waktu kecil mencari ikan disungai saya diajari oleh ayah saya, alat menangkap ikan di daerah saya disebut giyan.Nah teknik menangkap ikan dengan giyan ini loh yang sangat penting untuk dipelajari.

Semakin baik teknik yang kita gunakan maka kemungkinan dapat ikan menjadi banyak.Tetapi itu juga tergantung pada posisi perahu kita pada saat kita mencari ikan.Mungkin pada artikel lainnya saya akan coba tulis dengan judul menangkap ikan dengan giyan.


 

5.    Mencari kerang



Disungai memang tidak ada habisnya kegiatan yang menyenangkan hati saya pada waktu kecil dahulu.Kalau musim kemarau saya dan teman – teman saya sering sekali mencari kerang disungai.

Kerang yang ada disungai didaerah kami sering disebut dengan kijing dan sia.Kalau kijing itu bentuknya pipih dan sedikit besar dan rata – rata sering berada didaerah sungai yang memiliki lumpur.

Sedangkan sia sering sekali atau bahkan banyak ditemui didaerah sungai yang memiliki pasir.Pada musim kemarau adalah saatnya kami panen kijing dan sia disungai, pada waktu kecil saya biasanya bersama para orang tua yang memimpin kami dalam mencari kijing dan sia.

Kijing enak sekali kalau dibuat sambal pedas sedangkan sia enak sekali kalau di pindang.Biasanya kami memperoleh kijing dan sia dalam jumlah besar.Kalau untuk dimakan terlalu banyak jadi biasanya kami jual.
Bermain disungai bagi pemula sebenarnya sangat membahayakan dan untuk itu saya akan berbagi tips tentang cara aman bermain disungai.




Tips Cara aman bermain disungai :

1.    Ajak orang dewasa yang pandai berenang



Bagi anak kecil yang berniat untuk bermain disungai sebaiknya mengajak orang dewasa yang bisa berenang.Hal ini dimaksudkan untuk menjaga anak kecil atau siapapun yang belum bisa berenang.



Mengajak orang dewasa yang sudah pandai berenang sangatlah penting sebab selain kita merasa aman juga menjadi pemerhati kita pada saat kita lagi asyik bermain disungai.



2.    Jangan bermain diarus yang deras



Bagi pemula yang ingin bermain disungai tetapi belum mahir berenang sebaikknya jangan bermain diarus yang deras.Walaupun sungai yang memiliki arus yang deras tidak terlalu dalam, tetapi batu – batu sungai amatlah licin sehingga akan menyebabkan diri anda akan mudah terpeleset.
Bahaya arus yang deras juga akan membuat kita kehilangan keseimbangan sehingga akan menyebabkan kita tenggelam dan membentur batu.

Jadi sebaiknya pilihlah arus yang sedang tidak terlalu deras dan tidak terlalu dalam.



3.    Jangan bermain di tempat yang banyak karang atau napal



Disungai juga ada beberapa tempat yang memiliki karang atau napal.Napal itu sebutan karang yang masih muda didaerah saya.

Sebaiknya anda jangan sesekali bermain disungai yang ada karang atau napalnya sebab tempat tersebut sangat licin dan biasanya berarus deras.Kemungkinan buruk akan mudah terjadi, misalnya terpeleset.

Apalagi anda belum terbiasa bermain di sungai yang ada karang atau napalnya,sebaiknya dibatalkan saja.



4.    Jangan bermain waktu air sedang banjir



Pada saat anda ingin bermain disungai sebaiknya memperhatikan keadaan air sungai , apakah sungai mengalami peningkatan volume atau bahkah sedang banjir.

Jika sungai mengalami peningkatan volume atau banjir sebaiknya anda batalkan saja, sebab sangat membahayakan diri anda.

Banyaknya sampah disungai bisa saja menjadi pertanda bahwa air sungai akan menaik,warna air juga bisa anda perhatikan jika semula berwarna jernih tetapi sudah mulai berubah coklat maka itu pertanda sungai akan banjir.Sebaiknya anda segera menjauh dari sungai untuk menghindarkan hal – hal yang tidak diinginkan.



5.    Persiapkan pelampung



Jika anda ingin bermain disungai sebaiknya siapkan karet pelampung sebagai alat keselamatan.Apalagi anda adalah pemula dan tidak biasa bermain disungai, maka segala bentuk kejadian bisa saja terjadi,misalnya tenggelam.

Dasar sungai biasanya memiliki cekungan, nah pada saat anda menginjak cekungan tersebut maka anda akan terkejut dan tenggelam.Tetapi jika anda memakai pelampung maka tubuh anda akan kembali kepermukaan air.



6.    Bawa makanan dan minuman



Bermain di air itu akan menguras tenaga anda dan itu seperti tidak terasa karena anda sedang asyik.

Tetapi jika anda kembali kedaratan maka anda akan terasa lesu dan lemas, itu karena energy anda sudah menipis.Nah sebaiknya anda membawa makanan dan minuman jika anda ingin bermain disungai.

Setelah anda puas bermain disungai maka anda bisa makan dan minum,sehingga tubuh anda menjadi kuat bertenaga kembali.Ohy biasanya setelah puas bermain disungai kita sangat lahap sekali dalam menyantap makanan kita.



7.    Bawa Sabun atau alat pembersih lainnya.



Bermain disungai itu akan membuat tubuh kita mudah sekali terkena kotoran yang dibawa air.Nah sebaiknya anda membawa alat pembersih tubuh misalnya sabun mandi.

Setelah bermain anda harus mandi kembali sehingga tubuh anda tidak mengalami gatal – gatal.




8.    Jangan membawa peralaatan yang berbahaya saat berenang



Pada saat bermain disungai, katakanlah anda sedang berenang sebaiknya anda jangan membawa peralatan yang membahayakan misalnya pisau, tali dan lainnya.

Pisau yang anda bawa berenang sangat membahayakan diri anda karena berpotensi bisa melukai tubuh anda.Begitu juga dengan tali ,itu juga sangat membahayakan diri anda sebab akan melilit tubuh anda dan membuat tubuh anda susah bergerak di dalam air.



9.    Pastikan tidak ada buaya aatau binatang lainnya yang berbahaya



Satu lagi nich tips aman bermain disungai yaitu pastikan tidak ada binatang yang akan membahayakan diri anda, misalnya buaya, ular,ikan buntal.

Jika anda bermain disungai jangan pilih tempat yang banyak semak – semak karena tempai seperti itu berpotensi menjadi sarang ular dan juga jangan pilih tempat yang banyak kayu didasar sungai sebab tempat itu biasanya banyak ikan buntal.

Untuk menghindari buaya anda jangan bermain disungai yang dekat dengan laut, atau pun rawa – rawa sebab tempat seperti itu mudah di diami oleh buaya.


Saya rasa banyak hal yang bisa kita ceritakan tentang masa – masa kecil yang penuh dengan kebahagian dan kegembiraan.Demikianlah artikel singkat tentang kehidupan dan pengalaman saya semasa kecil.Jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

0 komentar

Post a Comment