15 September 2017

Kaget Gara - Gara Iklan Google Adsense Hilang Tanpa Pemberitahuan

Publisher Google Adsense mana yang tidak kaget kalau tahu – tahu iklan yang ditampilkan diblognya tiba – tiba hilang, apalagi tidak melakukan kesalahan apa pun.

Kecuali Publisher Google Adsense yang sudah bosan dan ingin pesiun dini dalam urusan ngeblog. Betul tidak ?

Kaget Gara - Gara Iklan Google Adsense Hilang Tanpa Pemberitahuan
Penampakan Iklan Adsense Saat Hilang 


Dan gara – gara Iklan Google Adsense hilang inilah yang membuat saya kaget bukan kepalang, dan membuat saya jadi melamun panjang ( agak lebay sedikit ).

Ceritanya begini :

Sekitar pukul 14.30 Wib, saya mencoba melihat kolom komentar blog, siapa tahu ada komentar yang masuk dan perlu dipublish.

Dan saat saya melihat tampilan blog…..eee…ternyata iklan yang di damba – dambakan oleh publisher Google Adsense siang dan malam itu, hilang dan hanya terlihat tampilan kosong, seperti pengajuan blog tahap pertama.

Awalnya saya menebak itu hanya gara – gara loading blog yang cukup berat, sehingga iklan akan lambat muncul.

Setelah saya tunggu sampai loading blog selesai, iklan Google Adsense pun tetap saja tidak muncul.

Timbul pikiran was – was akan nasib blog dan akun adsense saya, namun saya tidak putus asa, cepat – cepat buka computer punya teman, siapa tahu ada gangguan dikomputer saya.

Dan ternyata hasilnya tetap sama saja….iklan Adsense tidak muncul.

Saya berpikir jangan – jangan Akun Adsensenya Kena Suspend, maka saya cepat – cepat buka email saya dan mencoba menemukan siapa tahu ada email pemberitahuan dari Google Adsense.

Karena biasanya jika sebuah akun adsense kena suspend akan ada email pemberitahuan dari Google Adsense dan Syukur Alhamdulillah Email perihal suspendnya tidak ada.

Kemudian saya buka Akun Adsensenya, siapa tahu ada yang berubah dan ternyata akun Adsensenya tetap bisa dibuka.

Sejurus kemudian saya berpikir “ email Pemberitahuan Suspend tidak ada, Akun Adsensenya masih bisa diakses, terus kenapa yach Iklan Google Adsensenya hilang ? “ pikir saya waktu itu.

Apa nasib saya menjadi Publisher Iklan Adsense akan berakhir ? begitu pikiran yang ada didalam diotak saya.

Kemudian terbersit dipikiran saya untuk mengecek blog tetangga sebelah, seperti blog Lovelly Bogor yang notabenenya tidak banyak ulah dan macam - macam.

Tujuannya untuk mengetahui apakah nasibnya sama seperti blog yang saya alami dan jika sama – sama iklan adsensenya hilang, itu artinya memang ada sejenis erorlah dari Googlenya.

Eeee,,,ternyata iklan di blog yang saya cek tersebut, masih terlihat seperti biasanya, terus kemudian saya berpikir “ jangan – jangan blog saya di deteksi adanya pelanggaran “.

Wah gawat kalau begitu ! “ pikir saya.Tapi pelanggaran Apa ? saya merasa tidak melakukan kesalahan.

Kalau ada pelanggaran blog mana yang melakukan pelanggaran ? sebab ada beberapa blog yang saya pasangi iklan Google Adsense.

Ahhh…..daripada menebak – nebak tanpa Action, maka saya putuskan saya untuk mencopot iklan – iklan Adsense yang tertanam dibeberapa blog selain blog Asik Pedia ini.

Dan iklan di blog Asik Pedia ini saya copot yang dibawah judul saja, yang lain saya biarkan saja. Karena saya yakin iklan di Sidebar, ditengah Artikel dan di bawah Artikel bukanlah sebuah bentuk pelanggaran.

Setelah semua iklan dibeberapa blog saya lepas, saya pun terpikir untuk mengunjungi Forum Indonesian Adsense Publisher dan betapa terkejutnya saya.

Ternyata banyak juga rekan – rekan sesama blogger yang mengalami nasib yang sama seperti blog saya, iklannya lenyap juga tanpa pemberitahuan.

Kaget Gara - Gara Iklan Google Adsense Hilang Tanpa Pemberitahuan
Postingan teman2 di Forum IAPD saat mengalami Iklan Adsense Hilang


 “ Ahhhhh,,,,,itu artinya ada sedikit eror atau sedikit perbaikan oleh Tim Google Adsense “ Pikir saya.

Hal ini bisa diketahui dari komentar teman – teman yang mengalami nasib serupa di Forum IAPD,  karena beberapa jam kemudian iklan Adsensenya tampil kembali.

Kalau yang banyak mengalami kasus serupa, hati saya mulai tenang sebab biasanya akan normal kembali.

Hal ini saya perhatikan sewaktu kasus earning Adsense yang tidak berjalan seharian alias tidak bertambah padahal trafik tetap stabil dan banyak publisher dalam negeri maupun luar negeri yang mengalaminya.

Kasus Earning Adsense yang tidak berjalan selama seharian itu memang saya tidak mengalaminya karena waktu itu saya belum mendapat akun adsense, namun saya menyaksikan keluhan mereka tersebut, sewaktu Forum Juragan Cipir Masih Aktif.

Dan pada akhirnya earning Adsensenya normal kembali pada sore harinya, begitupun juga dengan kasus Iklan GA yang menghilang ini.

Kembali ke Iklan Google Adsense Hilang tadi……….

Pada pukul 18.43 Wib saya intip blog saya melalui Hp dan ternyata Iklan Adsensenya sudah muncul Kembali, Alhamdulillah.

Kaget Gara - Gara Iklan Google Adsense Hilang Tanpa Pemberitahuan
Penamakan Iklan Adsense Di Asikpedia setelah Normal Kembali


Akhirnya bayang – bayang pensiun dini menjadi Publisher Google Adsense pun menjadi lenyap entah kemana.

Sehingga akun Adsense yang saya capai melalui kerja keras selama berbulan – bulan ini masih tetap menjadi milik saya.

Kalau sampai hilang alias diambil oleh GA, waduhhhh….. bisa – bisa pusing tujuh keliling.Sebab bukan mudah bagi saya untuk mendapatkannya butuh perjuangan yang super extra.

Apalagi Akun Adsensenya baru di dapat sekitar bulan Juni 2017 beberapa bulan yang lalu’ Baca “ Pengalaman Blog Asik Pedia Di Terima Adsense Full Approved “, terlalu muda jika harus berakhir, sebab yang empunya belum puas menikmati Adsense. :)












6 komentar:

  1. Saya juga banyak baca di forum yang mengalami hal serupa. Berhubung, pas kejadian sedang tidak punya kuota, jadi ngga bisa ngecek blog sendiri. Tapi syukurlah cuma berlangsung sementara ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak.... saya cek pas kejadian blog Mbak Aman2 saja...iklannya masih Normal.

      Hapus
  2. Kang, saya malah gak tau ada kejadian itu, mungkin karena saya liat iklan di blog saya tampil seperti biasa.

    jadi malah gak tau ada perbaikan di google adsense.
    Saya juga kalau ada apa-apa pasti ceknya di forum IAPD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmmmm....Pasti sedang sibuk bikin fhoto yach mas.... sehingga lupa liat blognya...hehe.

      Ohy Pas Kejadian saya sempat liat blog Mas... dan Iklan Adsensenya masih tetap ada seperti iklannya blog LB punyanya Pak Anton.

      mmmm.... anggota IAPD juga yach Mas....

      saya rajin kesana...utk melihat info terbaru.... siapa tahu ada hal2 yg luar biasa terjadi. :)

      Hapus
  3. kirain saya doang yang ngalamin, ternyata hampir semua publisher adsense lagi diisengin juga. Awalnya saya juga deg-degan mas, secara bulan lalu kena suspend adsense, nah kalau iklan gak tampil gini kan bisa jadi tanda-tandanya. Pokoknya seharian itu saya stres mikirinnya. Untung aja forum adsense dan dari sana dapat penjelasan dan alasan kenapa adsense gak tampil untuk beberapa jam. Untung aja, saya kira kenapa tuh adsense ilang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg deg2an mas......pikiran saya hanya pasrah saja waktu itu,dan terbayang akn ksusahan slma mendapat akun adsense yg hrus berakhir terlalu cepat.

      parahnya kode iklan dibeberapa blog sdh dicabut...sehinggahrus pasang ulang stelah iklan normal kembali....

      hilang iklan adsense sj kita sdh pusing.....7 kliling, Namun itu tandanya kita syanggg.....

      Hapus