29 Mei 2018

Pengalaman Dapat Akun Adsense Di Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan di tahun 2017 lalu memberikan keberkahan tersendiri buat saya, yang mana saya mendapatkan Akun Adsense Non Hosted.

Jadi Akun Adsense ini saya peroleh bukan karena saya hebat, saya Mastah, dan bukan pula karena saya keponakan Om Google, melainkan karena sebuah keberuntungan.

Akun Adsense non hosted adalah akun adsense yang unit iklannya bisa dipasang ke banyak blog.

Pengalaman Dapat Akun Adsense Di Bulan Suci Ramadhan


Kehadiran Akun Adsense non hosted ini sudah saya dambakan dari tahun 2015 hingga tahun 2017,Wowww…… lama sekali yach penantiannya….. dan baru terkabul pada tanggal 30 Mei 2017. Oh My God tq….

Yang lucunya adalah ……… 

Blog milik teman saya yang saya vonis tidak mungkin diterima oleh Google Adsense, justru sebulan lebih awal diterima oleh Google Adsense sebagai penayang Iklan ketimbang blog saya.


Kenapa saya vonis tidak mungkin di full Approve Oleh Google Adsense ?

1. Karena blognya berisikan konten copy paste dan jumlah kontennya masih dibawah 20 artikel, sumber trafiknya juga lebih banyak dari facebook bukan dari mesin pencari.

Iya. Saya ingat sekali blog yang ia daftarkan merupakan sebuah blog dengan niche lowongan kerja, yang mana kontennya dibuat dengan cara copy paste dan diberikan sumber berupa linknya.

Kalau mengacu pada pendapat secara umum para blogger, “ Bahwa blog dengan konten Copy Paste dan Blog yang masih miskin trafik Organik  akan sulit diterima Oleh Google Adsense “.

Namun pendapat itu terbantahkan dengan diterimanya blog milik teman saya itu sebagai Publisher Adsense sejak tahun 2017 lalu.


2. Umur domainnya baru beberapa jam, sudah di daftarkan ke Adsense.

Kalau tidak salah setelah blog milik teman saya beli domain di salah satu penyedia domain terbaik di Indonesia, maka blognya saya anjurkan untuk di daftarkan ke Adsense.

Sebenarnya pendaftaran ini adalah kerjaan iseng kami berdua, diterima syukur, kalau tidak diterima ya sudah, begitu pikir kami berdua.

Sebab peluang diterima oleh Google Adsense agak sulit karena dugaan saya nama domainnya belum terindeks.

Akan tetapi sekitar 2 minggu kemudian dan sudah masuk dibulan suci Ramadhan , teman saya telephone :

Teman saya : “ Hallo bro, Blog saya diterima Full Approve Oleh GA “ .

Saya : “ Terus Gue Harus bilang Woww…Gitu… !! “ 
Ohhhh…. ( Jawab dengan  gaya  males, sebab blognya saya yang ngajari daftarnya kok malah ia yang duluan diterima Oleh Google Adsense, mmm tidak adil nich GA, pikir saya dulu ).

Teman Saya : “ Tapi bro, ada masalah nich…

Saya : “ Kenapa “ ? Jawab saya sekedarnya saja, soalnya masih kecewa lihat nasib blog saya yang dianak tirikan oleh Google Adsense.

Teman Saya :ini loh bro, iklannya tidak tampil, padahal sudah beberapa hari diterima Oleh Google Adsense, Bagaimana nich… ? bagaimana kalau nanti malam aku kerumah yach, biar lebih leluasa ngobrolnya  “

Saya : “ boleh , tapi jangan lupa bawa makanan yach, biar lebih seru, buah – buahannya juga jangan lupa dibawa, saya pilih buah Anggur yach, hehehe”.

Teman Saya : “ Siap – siap …!!

Pukul 19.00 WIB teman saya resmi datang benaran, sehingga jadwal Shalat Tarawih terpaksa saya pending alias tidak shalat Tarawih gara- gara ngurusin unit iklan Adsense milik teman saya yang ogah muncul itu. Ampuni Kami Ya Allah.

Ternyata memang benar unit iklan yang dibuat sudah aktif namun tidak tayang di blognya.

Soal penyebabnya malam itu kami belum memberikan kesimpulan, sebab sedang sibuk untuk mengujicobakan blog tersebut.

Lalu kemudian Dari kasus Unit Iklan Adsense tidak muncul di blog teman saya ini maka, kami tarik Vonis secara sepihak  bahwa blog teman saya DAPAT AKUN ADSENSE NON HOSTED NAMUN UNIT IKLAN ADSENSE TIDAK BISA DIPASANG DI BLOG YANG BERDOMAIN TLD. Aneh Bukan ?

Iya. Ini kasus aneh sekali menurut saya, sebab saya belum pernah mendengar dan mengetahui kasus langka ini.

Jika terjadi hal seperti ini, maka jalan yang harus kita lakukan adalah merubah / melepas domain tld blog kita, lalu menggunakan domain gratisan yang sebelumnya kita pakai.

Dan cara ini berhasil diterapkan, setelah beberapa menit kemudian unit iklan adsense pun muncul dengan baik.

Kalau kita pakai bahasa lain, kasus blog teman saya ini bisa dikatakan “ DAPAT AKUN ADSENSE NON HOSTED DAN UNIT IKLAN ADSENSE BISA DI PASANG DIBANYAK BLOG YANG TIDAK MEMAKAI DOMAIN TLD. “

Jadi blog yang memakai domain Tld, iklannya tidak akan muncul. Sehingga domain tld yang sudah dibeli oleh teman saya itu terpaksa mengganggur manis.

Perkiraan Penyebab Dapat Akun Adsense Non Hosted Namun Unit Iklan Tidak Bisa Di Pasang di Blog Yang Berdomain TLD :

“ Pada saat pendaftaran umur domain TLD masih bayi atau masih sangat muda sehingga perayap Google hanya mengindeks domain gratisan ketimbang domain tldnya “.

Kalau boleh guyon, mungkin Google Adsense sebenarnya akan memberikan Akun Adsense Hosted, bukan Non Hosted.

Namun lamaran blog yang masuk adalah blog yang berdomain TLD, sehingga Perayap Google mungkin jadi binggung.

Kalau Googlebot ini bisa bicara, mungkin ia akan mengatakan” ini blog daftarnya pakai domain TLD, tapi kok yang saya rasakan selama ini blognya pakai Domain Gratisan “ .

Agar kasus seperti ini tidak terulang, sekedar saran dari saya sebaiknya tuakan dahulu umur domain tldnya minimal sekitar 3 bulan, kemudian setelah itu silakan didaftarkan.

Oke. Itu tadi adalah cerita blog dan Akun Adsense milik teman saya, maaf mungkin alur ceritanya membuat otak menjadi sedikit oleng bin pusing.

Kini giliran saya akan menceritakan sedikit seputar blog saya yang diterima Oleh Adsense Saat Bulan Ramadhan.


Situasi blog  Saya Ketika di daftarkan : 

- Niche Blog Gado - Gado

Blog yang saya daftarkan Ke Google Adsense merupakan blog gado – gado, pembahasannya tidak focus pada satu niche sama sekali, pokoke apa yang ditulis beragam dari Sabang sampai Merauke.

Dan ini memang saya sengaja untuk menjajal apakah blog niche gado – gado berperluang diterima Oleh Google Adsense.

Dan ternyata setelah gagal atau ditolak beberapa kali,  blog tersebut akhirnya diterima Oleh Google Adsense di Bulan Ramadhan tahun 2017 lalu.

Dari kejadian ini saya simpulkan bahwa blog Niche Gado – gado tetap berpeluang diterima Oleh Google Adsense, asalkan kontennya tidak melanggar kebijakan GA.


- Trafik Organik 

Dari awal ngeblog,   saya tidak mencari sumber trafik blog dari media social, jadi sumber trafik blog memang 99 % murni dari mesin pencari dan 1 %nya memang pernah share ke medsos.Itupun jarang sekali saya lakukan.

Jumlah trafik blog kalau dilihat dari data Pageviews blog pada tahun 2017 dahulu sekitar 200 – 500 PV perhari saat akan di daftarkan ke GA.

Walau jumlahnya kecil, namun Syukur Alhamdulillah lolos diterima Oleh Google Adsense.


- Jumlah Artikel

Pada saat pertama kali di daftarkan jumlah artikel blog saya, sekitar 30 Artikel namun ditolak.

Terakhir kali ketika di terima oleh GA jumlah artikel blog saya tersebut sekitar 200-an artikel.

Kalau menurut saya jumlah artikel bukanlah factor penentu utama diterima tidaknya permohonan yang diajukan ke Google Adsense.

Sebab ada juga teman yang Cuma modal artikel dibawah 50 artikel diterima Oleh Google Adsense.

Penentu utamanya adalah Keberuntungan, Kejujuran dan tidak berbuat yang melanggar kebijkan Adsense.


- Template

Ketika blog saya akan didaftarkan ke Google Adsense, blog saya menggunakan template gratis. 
Template yang saya pakai waktu itu bernama sinensis dan saya konsisten tidak memakai template lain ketika masih atau belum diterima Oleh Google Adsense.

Jadi menurut saya mau pakai template premium atau template gratis, peluang diterima oleh Google Adsense tetaplah sama.

Banyak cerita yang beredar bahwa “ jangan mengutak – atik template ketika akan atau masih dalam tahap pendaftaran blog Ke Google Adsense “.

Menurut saya sebaiknya tidak mengutak atik, sebab dari pengalaman pribadi saya pernah mengutak – atik blog Terdahulu ketika baru beberapa hari diterima oleh Google Adsense.

Hasilnya saya mendapat email dari Google Adsense yang isinya “ Email Penolakan” padahal sebelumnya dapat Email Full Approve.

Pemilihan template sebaiknya pilih yang simple – simple saja yang penting responsif .


- Internal Link dan Eksternal link

Pada saat blog saya diterima Oleh GA, blog saya sengaja tidak memasang link keluar di dalam artikel. Saya sengaja untuk cari aman dulu.

Namun dikolom komentar justru banyak link – link yang langsung menuju kesebuah situs tertentu milik para komentator.

Sebaiknya link – link yang berupa nama komentator jangan langsung menuju ke situs mereka, karena dikhawatirkan blog mereka akan pensiun dini dan blog kita akan dicap buruk oleh Perayap Google.

Untuk link di internal antar artikel, tidak terlalu banyak saya buat.

Ya. Begitulah selintas cerita penting tidak penting ini dibuat, siapa tahu ada informasinya berguna dan bermanfaat.

Artikel Terkait

41 komentar

Ini ceritanya mirip di komunitas blogger besar, saat ada salah satu komunitas yang menanyakan suatu hal tentang GA nya. Dan sebab saya jawab dengan panjang lebar. Dan ternyata GA nya tidak mau muncul, karena blognya tentang lowongan kerja yang isinya masih terlalu kacau balau. Belum terawatlah.
Wah bicara soal GA memang menyenangkan. Dan selalu ada kejutan baru.
Intinya, usahakan artikel hasil karya sendiri hindari copy-paste biar dapat menghargaan dari google.

Artikelnya berguna dan bermanfaat kok, kang Nata.
Sukses ya ..

Kisah yang menarik kang, setiap perjalanan memang selalu ada aja kejadian unik :D

Namanya juga blog ASIK :)) Eh tambahin deh. Konten copy paste asalkan menyertakan sumbernya dan tidak di stamp sebagai antikopi, boleh kok di lakukan misalnya demi menyebarkan informasi bermanfaat dll

lhooo.. pengalaman di Bulan Ramadhan tahun 2017 lalu kok, baru di publis tahun ini Mas ? emang baru inget ya ?

Wah Mas admin ini satu benar benar aneh, ya udahlah nggak apa apa saya juga suka kok dengan pengalamanya...

yang ini bagian serius Mas, gak pake bercanda,

memang di terimnya permohonan adsense, seakan menjadi momen tersendiri, indah,,,,perasaan yang berbunga bunga,,,,gembira....bahkan tidak jarang hingga mereka ada yang salah tingkah karna si Do'i bilang iya...kamu kuterima sebagai pacar aku, .....eh maksudnya jadi publiser adsense udah gitu aja Mas ...kepanjangan tahu!!!!

Wahhh lengkap banget penjelasannya kang.
Puji Tuhan bbrp hari yg lalu adsense saya diterima padahal baru daftar adsense 3 minggu yang lalu & skrg iklannya udah muncul di blog hihihi, saya juga g tau itu diterima gara2 apa tp yang jelas faktor keberuntungan kali ya hehee

Hahahaah...... kuat banget memorinya si Mas bumi ini, namun pengalamannya murni dari pengalaman pribadi Mas, :)

trim's Mas Kalau menarik, tapi kalau dipikir2 lebih menarik foto profile milik Mas Mayuf, :)

Dugaan saya sama seperti Mbak Anissa, toleransi bagi yang copi asal memberikan link ke sumber aslinya. :)

hahahah...bukan baru ingat Mas, tapi ditulis ulang,...bukan dishare ulang loh :)

Saya semenjak baca blog triknews bawaannya jadi aneh,,,,rada2 terhipotis gitu, hahaha....

hahahah.... ini mah Bukan ciyuzzz..... tapi Gayuzzzz, Mazzzzz....hahahah. :)

bener banget kang Nata,, mantaf pokonya rezeki bulan ramadhan ya kang akhirnya diterima akun non hosted,, emang sih kang untung2an,, saya jaa dlu pake template biasa malah ga diterima, eh udah artikel udah 60 an diterima hehehehe

Wah....selamat yach Mbak, semoga berbahagia atas pencapaiannya dan semoga penghasilan Adsensenya cepat pay out.

Dan semoga semangat terus dalam berkarya.

hahahah....Adsense itu unik dan misteri, siapa yang beruntung ya cepat dapatnya, tapi kalau lagi apess,,, yach sedikit lama. :)

Terima kasih Kang Master Nata atas wejangannya, sangat bermanfaat bagi saya yang newbie ini.

Mohon dilanjutkan dengan penjelasan bagaimana cara meningkatkan pendapatan Adsense ya Kang Master Nata..

terhipnotis menjadi blogger cerdas gitu ?

Penasaran aku pengen ketemu Kang Nata Jet Lie hahahaha..lucu ga ya aslinya? Awas loh kalo adem aja wkwkwkw.. Bermanfaat nih ulasannya. Btw aku butuh waktu sekitar hampir 6 bulan lah pas disetujui Adsense..alhamdulillaah memang jangan terlalu gado2 ya.

What's ada Emak Blogger yang mau ketemu saya ?

$aran saya jangan ketemu dech.... Ntar nanti saya dikira PDKT, bisa kacau dunia persilatan, hahahahah.....

Saya Aslinya adem dan menghanyutkan Mbak....hahahahah.... :)

Syukurlah kalau sudah diterima oleh GA, tinggal berjuang ngumpulin dollarnya :)

Kalau dah banyak jng lupa dihambur -hamburkan ke rekening saya yach, hahahahah.... :)

Aku malah dulu nunggu 3 bulan dulu baru daftar adsanse setelah beli domain, ngikutin anjuran para mastah blog

Kalau begitu sudah berumur 1 tahun dong adsensenya mas.. yang penting tetap terawat artikel dan blognya mas, insyaallah akan selalu lancar penghasilannya :)

Ketika blog gado-gado dan hasil copas diterima, disaat itulah blog absurd seperti punya gua merasa iri dan dari sinilah gua mulai memikirkan menaruh sianida di kopi ckck

Baca ini saya jadi semangat lagi pengen ngurus adsense nih. Dulu pernah punya sih tapi tragis kena banned, sialan, kebanyakan bom click nih. Kali ini mau coba daftar lagi deh, mudah-mudahan keterima biar keren gitu blog ada iklannya.

Bagus tuch Mas, nurut demi kebaikan. :)

Bukan hanya Mas yang iri, saya juga mengalaminya waktu itu, tapi karena saya sudah tobat, jadi rasa irinya saya titipkan dahulu ke Mas Ramadani yach :)

Silakan Coba Mbak, siapa tahu beruntung. :)

Saya doakan semoga permohonan keduanya diterima Oleh GA. :)

Protes.. kayaknya saya komentar di artikel ini tapi kok nggak dipublish sih...

Kang Master Nata.. apa yang terjadi ..:-D atau komentar saya masuk spam yah.. sedih banget dimasukin spam..

Santai bro... blog absurd bin ga jelas punya saya juga begitu.. iri sama Asikpedia

Ada temen lah

Aaamiinn.. lumayan buat beli gabus gantiin yang nyemplung ke WC yah Kang Master Nata?

hahahahah..... Masak sich ada yang iri dengan blog saya, ggkgkgkgk,,,,, :)

hahahahah...... kirain ngk balik lagi nich, ternyata masih dimata-matai. :)

Peace Pak, Komentarnya nyemplung di Kotak Spamm, sepertinya harus dikarantina dulu biar tidak mempengaruhi ibadah puasa. Sekali lagi,,,Maaf dan salam peace yach Pak, hahahahah......

hahahahah... belum lumayan pak, Masih Lu manyun. :)

Balas -balasan komentar admin triknews dan kang Nata bikin ngakak deh bacanya 😂

Berarti kita beda beberapa hari aja Kang, saya juga di approve adsense tahun 2017 kemarin. tepatnya pas lebaran... emang berkah ramadan. waktu itu cuma 30 artikel dan jumlah viewers yang masih puluhan.

jangan iri ya kang... rejeki udah ada yang atur.. ck...ck..ck :)

tapi itu baru awal, ternyata perjuangan sesudah di terima google adsense itu lebih berat. sebab sampai sekarang saya belum pernah payout. he...he..he..

Udah Po berapa kali mas dari awal? saya belum pernah sama sekali po mas. masih nunggu

Makanya Kang nata pernah nyaranin saya agar beli domain untuk blog, ternyata agar lebih gampang jika pengen punya adsense.
Saya baru tahu bahwa iklan diberikan sesuai jenis antara gratisan dan TLD.
Daripada pusing, mending upayain kumpulin dana, jika sanggup dalam setahun untuk beli domain, saya akan upayain. Jika tidak, yah, terpaksa gratisan dulu dan tunggu sampai ada dananya.
Selamat, ya, Kang. Kerja keras jadi beroleh imbalan sepadan.


EmoticonEmoticon