01 September 2021

Perlukah Pelatihan Karyawan Perusahaan Saat Pandemi?

 

cara meningkatkan skill karyawan

Pandemi merubah banyak hal. Dampaknya terasa mulai dari masyarakat atas sampai bawah tak terkecuali dunia usaha. Entah berapa perusahaan yang gulung tikar dan mem-PHK karyawannya dikarenakan bisnisnya sulit berkembang di masa seperti ini.

Namun ternyata tidak semua perusahaan ini merugi lho. Banyak juga yang bertahan bahkan justru berkembang saat yang lain masih kembang kempis. Apa rahasianya?

Ternyata salah satu rahasianya sebuah perusahaan mampu bertahan karena memiliki SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Mereka telah melalui berbagai pelatihan untuk mengatasi masalah-masalah di tempat kerjanya.

Nah, masalahnya saat PPKM seperti ini sangat sulit mengadakan pelatihan-pelatihan seperti dulu. Sementara kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan skill karyawannya tidak lagi bisa ditunda. Solusinya adalah pelatihan daring dengan memanfaatkan teknologi digital.

Namun nyatanya tidak mudah mencari informasi yang valid dan terpercaya untuk menemukan pelatihan seperti ini. Jika Anda sedang mencari pelatihan di masa pandemi seperti ini tak salah rasanya untuk terus membaca artikel ini sampai selesai.

Untuk Apa Karyawan Harus Mengikuti Pelatihan Kerja?

Diakui atau tidak sumber daya manusia yang berkualitas mampu meningkatkan daya saing di perusahaan. Keberhasilan suatu perusahaan bergantung pada skill karyawannya. Cara-cara mencapai tujuan dan menyelesaikan masalah dalam perusahaan membutuhkan strategi yang tidak mudah.

Kondisi-kondisi seperti ini menuntut karyawan untuk terus belajar agar mampu bergerak cepat, kreatif dan inovatif. Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawannya memiliki daya saing tinggi dan terampil dalam bekerja. Untuk meningkatkan performa perusahaan agar menjadi lebih baik maka pelatihan karyawan harus dilakukan.

PPKM membuat kita tidak bisa berinteraksi secara langsung namun untunglah kita lahir di era teknologi yang penuh dengan kemudahan. Dengan kemudahan ini maka pelatihan karyawan tak lagi menjadi kendala.

pelatihan karyawan


Nah, para perusahaan bisa memanfaatkan Learning Management System (LMS) nih agar tetap bisa melakukan pelatihan meski pandemi. Jika Anda pemilik perusahaan dan masih bingung memilih LMS mana di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi karyawan langsung cek aja ruangkerja by Ruangguru. Ruangkerja by Ruangguru telah terbukti mampu memberikan skill-skill yang dibutuhkan karyawan secara digital.

Kenapa Harus Pilih Ruangkerja by Ruangguru?

Sebagai Learning Management System (LMS)  yang sudah berpengalaman di dunia online tak salah jika ruangkerja by Ruangguru menjadi pilihan alternatif terbaik bagi perusahaan. Ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Dan yang menarik Ruangguru ini telah diikuti oleh lebih dari 15 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. Wow!

 Ruangkerja siap memberikan pelatihan kerja dengan sistem micro-learning yang dikombinasikan dengan video, kuis, dan infografis yang menarik. Selain itu ruangkerja juga memiliki tampilan yang user-friendly dengan berbagai fitur seperti monitoring dashboardleaderboardcollaboration dan lainnya. Dengan fitur-fitur ini pelatihan menjadi lebih terukur, cepat, dan terjangkau.

 Untuk lebih jelasnya yuk baca apa saja fungsi fitur-fitur tersebut.

Fitur-Fitur Dalam Ruangkerja by Ruangguru

Fitur-fitur ini memudahkan karyawan untuk belajar. Dengan berbagai kemudahan ini diharapkan target perusahaan dapat tercapai dan karyawan pun puas dengan hasilnya. Fitur ini bisa mempermudah para administrator atau pimpinan perusahaan dalam monitoring, mempertimbangkan kelas apa saja yang layak diikuti dan memberi evaluasi.

Nah, fitur-fitur ini antara lain:

Fitur Mobile learning yang menggunakan teknologi mobile learning. Ruangkerja ini memberikan keleluasaan bagi karyawan untuk memilih waktu yang fleksibel dalam belajar. Dengan memilih waktu sendiri untuk belajar diharapkan mereka bisa mengikuti pelatihan dengan optimal.

Fitur Learning journey membuat karyawan tidak ketinggalan info atau ada materi yang terlewat karena fitur ini memiliki pendekatan belajar yang terstruktur dan sistematis.  

Fitur Learning plan, yaitu fitur yang didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis. Susunannya dibuat sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan tiap karyawan. Desainnya menarik, ringkas dan tidak membuat mata nyaman saat diakses.

Fitur selanjutnya adalah Collaboration yang berfungsi sebagai ruang diskusi antar karyawan. Di sini mereka bertemu dan saling berkolaborasi dengan karyawan lainnya. Mereka juga bisa bertanya langsung secara interaktif pada ahlinya.

Sementara fitur leaderboard digunakan untuk memotivasi karyawan agar mencapai prestasi tertinggi dalam pelatihan. Para pimpinan juga bisa langsung melihat peringkat dan prestasi karyawannya selama pelatihan di fitur leaderboard.

cara meningkatkan laba perusahaan

Di dalam LMS ruangkerja ini hemat biaya karena mempunyai metode Cloud-based. Metode ini mampu menghemat budget dan menekan pengeluaran perusahaan sampai milyaran rupiah dibandingkan jika membangun metode sendiri. Waktu yang dibutuhkan juga singkat hanya butuh sekitar dua minggu saja sehingga efektifitas waktu benar-benar terjaga.

LMS ruangkerja by Ruangguru ini sudah dilengkapi SSL Security, sehingga konten dan data perusahaan aman terlindungi. Para pemimpin perusahaan juga mampu memonitoring pelatihan setiap saat. Jadi gak bingung lagi kan memilih pelatihan karyawan yang tepat di saat pandemi seperti ini? Yuk, kita berkembang bersama!



.



Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon