03 Desember 2021

Grup WA yang Asik Buat Aktivitas Blogging

Boleh nanya nggak grup WA mu isinya apa aja? Semenjak grup WA booming, biyuh hampir semua orang nggak bisa lepas dari pasang status atau sekadar nimbrung chat di grup. Awalnya hanya punya grup sebanyak hitungan jari, sekarang udah nyampe puluhan. Bahkan, satu komunitas aja bisa sampe punya beberapa subgrup WA. Rata-rata orang punya 10 hingga 30 grup WA. Namun, ada juga yang grupnya udah nyampe ratusan. Keren ya, apa nggak pedes tuh mata.

Blogwalking asik

Dari grup-grup itu, ada yang wajib diikuti, ada juga yang sekadar numpang nama aja di daftar anggota karena jarang nongol. Grup wajib ini contohnya grup keluarga. Bahaya kalo sampe nolak masuk grup keluarga besar bisa gak diakuin silsilahnya nih. Selain itu, ada grup pekerjaan untuk memudahkan koordinasi, grup alumni yang isinya nggak jauh-jauh dari mengenang masa lalu sampai grup suka-suka yang emang kita masuk anggota karena pingin dan suka. Selain itu, ada juga grup vakum yang anggotanya banyak tapi gak ada satupun chat sampe berbulan-bulan lamanya.

Grup Kerjaan Yang Wajib Diikutin

Sebagai seorang guru, saya wajib masuk grup sekolah. Nah, dalam satu sekolah ini bisa ada beberapa grup WA lho. Grup yang pertama adalah grup yang ada kepala sekolahnya. Grup ini untuk sharing hal-hal penting dan resmi. Kalo lagi nggak ada kerjaan atau nggak ada hal penting yang harus dishare grupnya ya sepi. Kalo kata teman sekantor, grup ini dinamakan grup anyep (grup hambar kayak masakan yang nggak ada rasanya).

Nah, selain grup resmi ada juga grup khusus yang isinya guru-guru doang. Di sini bebas mau sharing apa aja, mulai dari hal yang bikin dahi berkerut sampai hal yang receh. Nggak ada aturan apapun, bebas mau ngomong apa aja, mulai dari hal yang umum sampai rahasia yang hanya boleh diketahui oleh orang kantor aja. 

Grup wajib selanjutnya grup yang isinya cuma guru perempuan. Hehe.. ini juga grup bebas tempat para perempuan curhat banyak hal. Kaum perempuan ini kayaknya emang butuh tempat eksistensi tersendiri ya untuk menyalurkan hobby menghabiskan jatah 20.000 kata. Jadi nggak heran kalo grup emak-emak pasti selalu rame. Entahlah grup emak-emak ini kayak nggak ada habisnya. Selalu ada bahan untuk diomongin. Mulai dari ukuran sepatu, cara diet, sampe harga cabe di pasaran.

Nah, selain jadi guru, saya juga nggak sengaja nyemplung ke dunia blogger yang penuh dinamika. Semenjak gabung di dunia blogging, jumlah grup WA saya semakin parah. Haha..  Tiap ada job baru selalu ada grup baru. Bayangin kalo dalam satu bulan ada sekitar 15-20 job running, bisa dipastikan harus sering-sering bersihin memori biar hape aman. Belum lagi ditambah grup-grup buat blogwalking atau sekadar curcol aja hehe.. nulisnya sambil ngelus-ngelus hape nih biar nggak mogok karena dipaksa beqerja bagai quda.

Grup Blogwalking Asik

Grup blogger ini juga macem-macem lho jenisnya. Mulai dari yang serius ngomongin masalah coding yang njlimet sampe grup hore-hore yang paginya serius, sedetik kemudian berubah ambyar lagi. Salah satu grup WA yang kadang serius kadang ambyar itu ya grup Blogwalking asik. Grup  Blogwalking asik terbentuk dari grup content writer.

Jenis grup WA

Jadi awalnya, kami tuh bareng-bareng gabung di grup content writer. Nah, di sana ternyata kita malah lebih banyak ngomongin tentang blog. Nah, karena sungkan dan takut ngeganggu teman-teman lain akhirnya tercetus ide bikin grup sempalan aja. Dari diskusi ngalor ngidul terpilihlah duo admin, Mbak Hani dan Mbak Rhini Noe yang didapuk tugas negara untuk membuat grup baru tempat kami bisa blogwalking sepuasnya.

Nah, puncaknya ketika Mbak Rhini share link untuk gabung grup di twitter nggak nyangka ternyata peminatnya banyak banget. Grup yang awalnya iseng dibentuk ini nyatanya udah menarik banyak orang untuk gabung di dalamnya. Sekarang anggotanya udah 200-an lebih. 

Memang apa sih asiknya jadi anggota blogwalking asik? 

Di sini banyak master lomba, jadi nggak heran hampir setiap saat selalu ada aja ucapan selamat. Dalam sehari bisa ampe berkali-kali nih ngucapin selamat. Rasanya di antara semua grup WA yang saya ikutin grup Blogwalking asik yang paling sering kasih ucapan selamat.

Tema yang dijadikan obrolan juga random banget. Kadang pagi ngobrolin apa, siang temanya udah beda. Eh, malemnya udah ganti lagi. Grup ini rasanya hidup terus. Nggak berenti-berenti ampe pernah saya matikan sementara notifikasinya, biar nggak tergoda untuk membuka. (Duh, moga mbak adminnya nggak baca nih) Hehe.. maklum kerjaan gak selesai-selesai nih kalo dikit-dikit scrolling lalu nimbrung sambil senyum-senyum sendiri.

Grup Random Dengan Segala Macam Keabsurdannya

Senangnya lagi di sini tuh anggotanya berasal dari berbagai macam latar belakang dan profesi. Ibaratnya mau tanya apa aja di sini bisa. Nggak cuma konsultasi masalah blog lho, mulai dari masalah rumah tangga, transportasi mudik, cari jodoh, sampai kesehatan bisa dibahas di sini. Apalagi mereka nih banyak yang emang udah ahli di bidangnya. Rasanya grup ini udah kayak gado-gado yang asik dibuat jajanan sekaligus bisa jadi makanan berat yang mengenyangkan.

Di sini tanya masalah jodoh aja bisa, apalagi masalah ngeblog. Kayaknya nggak salah tempat nih gabung di grup ini. Anggotanya mulai dari blogger cupu macem saya, sampe blogger mastah semua ada. Ngerasa insekyur nggak gabung ama para mastah blog ini? Nggak dong. Justru saya merasa senang ada banyak solusi ngeblog saya yang akhirnya terjawab di sini. Entah kenapa hampir semua pertanyaan di sini selalu ada jawabannya. Meskipun terkadang jawabannya bikin baper dan ngelus dada haha..

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon