22 November 2022

6 Tips Ini Bikin Liburan Akhir Tahunmu Lebih Hemat

 Akhir tahun adalah waktu yang paling pas untuk berlibur. Jadi momen yang paling dinanti, liburan akhir tahun akan sangat menyenangkan jika direncanakan dengan baik. Apalagi, kalau kamu sudah menyiapkan budget dan tujuan liburanmu.

 


Meskipun sudah menyiapkan dua hal tersebut, rencana yang kamu siapkan bisa jadi tak sesuai kenyataan. Hal ini mengingat banyak orang yang juga merencanakan liburan akhir tahun. Alhasil, kamu perlu menyiapkannya dengan matang. 

 

Misalnya, untuk urusan transportasi, kamu bisa berburu tiket travel akhir tahun dari jauh-jauh hari agar harganya lebih murah. Selain itu, pastikan siapa saja yang akan kamu ajak saat liburan akhir tahun agar kamu bisa mengestimasi besaran biaya yang dikeluarkan.

 

Nah, biar tambah hemat dan nggak bikin kantong jebol, beberapa tips ini mungkin membantu. Berikut 7 tips hemat liburan akhir tahun, selamat mencoba!

 

Tips Liburan Friendly Budget untuk Akhir Tahun

 

  1. Pilih tanggal dan destinasi liburan

Pertama, tentukan tanggal dan destinasi liburan. Mengingat kamu tak sendirian, kamu perlu untuk menentukan tanggal bersama dengan orang yang kamu ajak dengan berdiskusi bersama. Jadi, rencana liburan akhir tahunmu bisa lebih matang dan tak terhalang oleh perbedaan waktu libur. 

 

Selain menentukan tanggal, jangan lupa untuk memilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Pastikan memilih destinasi sesuai yang diinginkan dengan terlebih dulu mencari informasi terkait tempat tersebut. Untuk urusan harganya, karena ini liburan akhir tahun dengan banyak pengunjung, perhatikan budget yang kamu punya agar tak boros, ya.

 

  1. Tentukan periode dan tempat tinggal

Tak cuma soal tanggal, kamu juga perlu tegas menentukan lama periode liburan. Jangan sampai, budget yang kamu siapkan justru kurang akibat periode liburan yang tak sesuai rencana. Alhasil, kamu perlu merogoh kocek tambahan untuk memenuhi hal tersebut. 

 

Selain itu, pilihlah tempat tinggal yang tepat untuk momen liburan akhir tahunmu. Tipsnya, kamu bisa memilih hotel atau apartemen yang strategis yang bisa menjangkau semua tempat yang kamu rencanakan di itinerary-mu. Makin dekat tempat tinggalmu, maka kamu bisa berhemat dengan tak perlu mengalokasikan budget tambahan. 

 

  1. Cari informasi tentang destinasi liburan

Biasanya, banyak tempat wisata akan buka di kala liburan akhir tahun. Namun, kamu tetap perlu melakukan survei agar tak salah berkunjung di momen yang salah. Bisa jadi, akan terdapat perubahan waktu atau biaya lebih yang perlu kamu siapkan. 

 

Cara mudahnya adalah dengan mencari informasi mengenai destinasi wisata tujuan melalui internet atau media sosial. Jangan lupa juga untuk melakukan survei harga terkait biaya yang akan dikeluarkan jika mengunjungi tempat yang kamu incar. Jadi, kamu bisa lebih hemat dan tak mengeluarkan uang yang tak diperlukan. 

 

  1. Buat budgeting plan

Jika ketiga hal diatas sudah kamu lakukan, perencanaan keuangan adalah tahapan yang tak boleh kamu abaikan. Caranya adalah dengan mengalokasikan uang yang kamu sisihkan agar perencanaan keuangan liburan tak berlebihan. 

 

Tipsnya, kamu bisa membuat susunan budget yang terperinci mulai dari anggaran tiket perjalanan sesuai pilihan transportasi yang diinginkan, biaya penginapan selama liburan, biaya sewa kendaraan, biaya makan, biaya belanja, biaya oleh-oleh, dan tiket masuk ke tempat wisata. 

 

  1. Belanja secukupnya

Terkadang belanja menjadi hal yang membuat budget liburanmu membengkak. Apalagi, saat FOMO (fear of missing out) dan membeli barang yang tak direncanakan secara berlebihan. Hasilnya, kamu mengeluarkan uang lebih di luar perencanaan sebelumnya.

 

Tipsnya, hindari untuk menjadikan belanja sebagai prioritas utama. Fokuslah pada momen liburan akhir tahun yang kamu sudah rencanakan. Atau, kalau kamu memang ingin berbelanja, belanjalah secukupnya dan carilah tempat yang menguntungkan seperti belanja di pasar tradisional dan toko yang menawarkan barang murah serta berkualitas. 

 

  1. Manfaatkan promo dan diskon

Tips yang tak boleh kamu skip adalah jangan lupa untuk memanfaatkan promo dan diskon. Kamu bisa lebih berhemat dengan membeli promo tiket perjalanan dan penginapan secara online. Biasanya, akan ada promo dan harga khusus di momen tertentu, tak terkecuali di momen liburan akhir tahun.

 

Biar makin hemat, jangan lupa untuk tetap menghitung budget yang kamu siapkan dan sesuaikan dengan promo yang ada. Jadinya, kamu bisa mengalokasikan budget yang kamu punya untuk keperluan lainnya saat liburan nanti. 

 

Nah, sebagai rekomendasi, kamu bisa membeli tiket perjalanan di Traveloka untuk liburan akhir tahunmu. Dengan mengunjungi aplikasi atau website Traveloka, kamu bisa memilih beragam rute tujuan ke destinasi favorit. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih penginapan untuk liburan akhir tahun dengan berbagai fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan di Traveloka.

 

Makin nyaman dan mudah, kamu bisa memesannya secara online dan melakukan pembayaran lewat berbagai pilihan metode bayar. Mulai dari ATM, bank transfer, kartu debit, dan kartu kredit, kamu bisa pilih yang mana yang kamu suka. 

 

Sudah siap bersenang-senang di liburan akhir tahun? Segera rencanakan tanggal liburan dan beli tiket perjalanan dan penginapan hanya di Traveloka! 

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon