04 Desember 2022

Ini Loh, 7 Tips Memilih Unit Apartemen Untuk Investasi dan Hunian Bagi Pemula

Siapa sih, yang bakal nolak kalau diberi apartemen secara gratis ? ngak akan ada yang bakal menolak ! termasuk saya,hehe. Namun, hapus saja khayalan tersebut sebab tidak akan ada yang mau memberi kita apartemen secara gratis, yang ada kita harus beli dengan uang kita sendiri. Bicara masalah memilih dan membeli apartemen, ada apartemen di bsd yang menurut saya sangat mewah, nyaman buat hunian dan investasi. Lokasi apartemen berada di distrik bisnis BSD City. BSD sendiri adalah singkatan dari Bumi Serpong Damai.


Untuk memilih dan membeli unit apartemen, baik untuk investasi ataupun hunian sebagai pemula kita tidak serta merta langsung beli saja, kita butuh beberapa tips agar bisa meminimalisir hal – hal yan tidak kita inginkan. Berikut ini adalah tips memilih unit apartemen untuk hunian dan investasi :

1. Cek izin dan legalitas bangunan apartemen

Hal utama saat ingin memilih dan membeli apartemen untuk investasi ataupun hunian adalah mengecek izin usaha dan legalitas bangunan apartemen. Jangan sampai apartemen yang kita beli belum mengurus izin pembangunan apartemen yang kita pilih.Hal, ini perlu kita nomor satukan agar apartemen yang kita beli tidak akan bermasalah dengan hukum dikemudian hari.

2. Pilih unit apartemen sesuai kebutuhan

Perhatikan tipe dan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengembang apartemen. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan atau tidak. Jangan sampai apartemen yang kita pilih untuk investasi atau hunian belum sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Perhatikan akses jalan ke Apartemen

Sebagus – bagus atau semewah – mewah apartemen yang kita pilih dan beli untuk investasi atau hunian akan tidak ada artinya jika akses jalan menuju atau dari apartemen susah dijangkau. Apalagi fasilitas jalannya belum memadai, misalnya jalannya rusak, jalannya terlalu sempit, bahkan sangat jauh dari transfortasi umum, dan rawan banjir.Untuk itu kita perlu memperhatikan fasilitas akses jalan ke apartemen dengan secermat mungkin.

4. Cari tahu kredibilitas pengembang

Untuk menghindarkan dari perusahaan pengembang apartemen yang tidak bertanggung jawa, sebaiknya kita cek kredibilitas pengembang. Kita bisa manfaatkan google dan media lainnya untuk mencari bagaimana kiprah pengembang selama ini, apakah sangat bagus atau lebih sering mengecewakan.Jangan sampai kita membeli apartemen untuk hunian dan investasi dari pengembang yang kredibilitasnya buruk.

5. Tanyakan biaya pajak dan lainnya.

Sebelum membeli apartemen untuk hunian dan investasi jangan lupa tanyakan besaran biaya pajak dan biaya lainnya. Untuk biaya lainnya kita perlu juga tahu besaran rinciannya dan biaya – biaya apa saja. Apakah biaya lainnya sudah termasuk biaya parkir, kebersihan , keamanan dan lain sebagainya ? hal ini, perlu agar dikemudian hari tidak terjadi salah faham. Paling tidak kita sudah menyediakan budget untuk biaya – biaya tersebut.

6. Beli apartemen saat soft launching

Bagi yang berminat memilih apartemen untuk hunian atau investasi ada baiknya juga membeli apartemen saat soft launching. Hal ini, adalah salah satu cara untuk mendapatkan harga apartemen lebih murah dari harga normal.Biasanya saat soft launching penjualan apartemen banyak diskonnya. Disaat seperti ini sudah tentu akan menghemat budget keuangan kita.

7. Perhatikan faslitas Primer

Sebagai calon penghuni apartemen, sudah barang tentu sangat membutuhkan banyak fasilitas pokok , seperti : fasilitas pendidikan, tempat belanja, fasilitas kesehatan, tempat penitipan anak, dan lain sebagainya.Perhatikan apakah gedung apartemen yang kita beli untuk hunian atau investasi dekat dengan fasilitas – fasilitas tersebut. Jika dekat, berarti apartemen tersebut adalah yang terbaik untuk kita pilih.

Demikianlah artikel tentang tips memilih unit apartemen untuk investasi dan hunian bagi pemula ini dibuat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 komentar

  1. Siapa pengembangnya penting memang. Keluargaku termasuk yg beli apartemen itu utk investasi, bukan ditempatin. Tapi Kaka ipar sempet punya pengalaman ga enak, Krn pengembangnya ga bisa nerusin pembangunan atau gimana gitu. Padahal uang DP udah dikasih. Untung berakhir baik, uang bisa dikembalikan, dan akhirnya dipilih utk beli apartemen lain.

    Aku dan suami cari apartemen sebisa mungkin di lokasi strategis. Biar harganya juga bisa menjual. Kebetulan pas dulu Salemba bangun apartemen, kami ambil 1 unit dan disewain Ampe skr. Krn lokasinya Deket Ama rscm jadi banyak dicari Ama dokter yg kerjanya di sana. Alhamdulillah Ampe skr msh diterusin sewanya. Penting memang lokasi itu

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon