05 Januari 2023

Apa itu Buket ? Yang dimaksud dengan buket adalah

 

Buket menjadi salah satu jenis hadiah kekinian yang sering kali digunakan untuk menunjukkan kasih sayang atau kepedulian kepada orang terkasih. Namun, apa itu buket ? Lantas, apa yang dimaksud dengan buket? Jika diartikan sesuai dengan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, buket memiliki arti sebagai karangan bunga.



Singkatnya, buket dapat diartikan sebagai sekumpulan bunga yang disusun menjadi rangakaian yang indah. Namun, seiring perkembangannya para penjual buket mulai berinovasi untuk membuat buket dengan berbagai isi, seperti buket uang, buket jajan, buket mainan, dan lain sebagainya.

A.  Apa yang Dimaksud dengan Buket dan Keuntungannya?

Buket tak hanya digunakan untuk mengekspresikan perasaan, tetapi hadiah yang satu ini juga dinilai sangat praktis, trend, elegan, dan mewah. Sehingga buket sangat cocok digunakan untuk berbagai momen. Bahkan, dalam kondisi berduka buket juga tetap dapat digunakan untuk menunjukkan rasa berbelasungkawa.

Makna untuk setiap pemberian buket sendiri dapat disesuaikan dengan situasi yang sedang terjadi. Misalnya saat pernikahan, buket dapat menunjukkan suka cita, atau saat berduka pun buket akan berubah makna sebagai kepedulian atau empati. Dan pada umumnya pembeli dapat menyesuaikan dengan keinginannya saat ingin membeli buket (request). Lantas apa saja keuntungan menjual buket. 

1. Modal membuka usaha buket cenderung kecil, tetapi keuntungan bisnis buket terbilang besar. Untuk modal yang diperlukan dapat disesuaikan dengan kemampuan pebisnis buket. Misalnya modal membuka usaha buket sebesar Rp1.000.000.

2. Tidak akan kehabisan pelanggan atau pasar. Pasalnya, saat ini buket sering kali dijadikan sebagai alternatif yang praktis, murah, dan mudah dijumpai. Terlebih, buket juga cocok diberikan dalam setiap momen.

3. Pebisnis buket dapat berjualan di berbagai media, baik secara offline maupun online.

4. Pemasaran buket juga sangat mudah. Kamu dapat memanfaatkan berbagai sosial media yang dimiliki dan mengunggah foto buket milikmu di sana secara konsisten.

5. Kamu dapat bekerja sama dengan pemasok bunga secara langsung untuk memperoleh kualitas bunga terbaik.

Setelah mengetahui keuntungan dan memahami apa yang dimaksud dengan buket, mungkin kamu juga berpikir apakah usaha yang satu ini mempunyai risiko tersendiri? Sebagaimana bisnis lainnya, ternyata usaha di bidang perbuketan juga memiliki risiko tersendiri.

Beberapa di antaranya yakni banyaknya jumlah pesaing yang menggeluti bidang perbuketan. Kamu harus lebih banyak berinovasi sehingga buket milikmu dapat mengikuti trend yang ada. Tak menutup kemungkinan customer akan beralih ke pembuat buket lain bila kamu tidak dapat meningkatkan kualitas buket yang dihasilkan.   

Meskipun memiliki risiko yang beragam, tetapi ini tidak berarti kamu tak dapat mencegahnya. Jika terus berusaha dan berlatih, besar kemungkinan kamu dapat meminimalisir kemunculan risiko-risiko tersebut.

Kamu juga tidak perlu khawatir bila ingin membuat dan menjual buket bunga. Pasalnya, kini kamu dapat membuat buket dari bunga palsu ataupun artificial. Dengan begitu kamu tidak perlu mencari pemasok bunga asli yang mungkin masih jarang tersedia di daerahmu.  

Buket juga tak hanya dapat diberikan kepada kekasih atau pasangan, tetapi kepada orang tua, saudara, kerabat dekat, sahabat, teman, atau bahkan guru sekalipun. Tentu saja pemberian bukat akan menjadi sebuah kenangan. Di mana seseorang yang menerima buket spesial darimu akan mengingat buket yang mereka terima.

Jadi, saat kamu bertanya apa yang dimaksud dengan buket, secara umum maka akan ada banyak arti yang bisa kamu gunakan. Karena buket akan memberikan makna ataupun arti sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki antara pemberi dan penerima, walaupun secara jelas arti buket sesuai KBBI adalah karangan bunga.

B.   Suka dan Duka Membuka Usaha Buket

Belakangan ini usaha buket bunga banyak diminati. Selain dapat dimulai dengan modal yang terbilang cukup kecil, bisnis yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bagi kamu yang memang memiliki pekerjaan utama. Namun, tentu saja akan ada suka dan duka membuka usaha buket.

Sebagaimana bisnis di bidang lain, usaha buket juga mempunyai kekurangan dan kelebihan. Dan mungkin tidak semua florist atau pebisnis buket mengalami hal yang sama dalam menekuni usaha di bidang buket.

Karena buket menjadi bisnis yang berpeluang menghasilkan banyak uang, tak heran bila sebagian orang bertanya adakah suka dan duka dalam membuka usaha di bidang perbuketan ini.

Saat ini sepertinya kebutuhan akan buket semakin meningkat karena tak hanya momen pernikahan yang layak dihadiahi buket. Kenyataannya buket dapat diberikan kepada siapa pun dan dalam momen apa pun. Karenanya banyak orang ingin menggeluti bisnis di bidang buket.

Akan tetapi sebelum kamu memulai usaha buket, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai suka dan duka membuka usaha buket. Dalam hal ini akan disebutkan sebagai keuntungan dan kekurangan.

Keuntungan Membuka Usaha Buket

Dalam menjalankan usaha, tentunya akan ada keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang pebisnis, terlepas bahwa di dalamnya pun terdapat kekurangannya. Berikut keuntungan membuka bisnis buket yang dapat kamu ketahui.

1. Bisnis buket dapat dengan mudah dikembangkan karena modal yang diperlukan terbilang cukup sedikit, sedangkan keuntungan menjual buket ternyata sangat besar.

2. Seiring berjalannya waktu, buket terus dibutuhkan dan akan ada permintaan dari pasar karena saat ini buket dapat digunakan dalam berbagai acara ataupun momen suka dan duka dalam hidup. Sehingga siapa pun dapat membeli dan memberikan buket kepada orang yang mereka inginkan.

3. Bisnis buket bisa dikembangkan dengan bisnis lain, misalnya membuat papan bunga, menjual hampers, kado unik, hias hantaran, nail art, atau bisnis lain yang berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar tetapi tidak sulit dijalankan.

4. Berpeluang mendapatkan orderan dari orang-orang terkenal atau publik figur di Indonesia.

5. Melatihmu agar lebih kreatif sekaligus menjadi sarana hiburan agar tidak merasa bosan saat di rumah.

Dengan lima keuntungan (suka) dalam membuka usaha buket, mungkin kamu menjadi sangat tertarik untuk segera menekuninya. Akan tetapi, setiap usaha juga memiliki duka atau kekurangannya tersendiri.

Kekurangan ataupun Duka Membuka Usaha Buket

Ada beberapa duka, atau perasaan tak nyaman, atau juga kekurangan yang mungkin dapat kamu alami saat membuka bisnis buket. Berikut beberapa kekurangan dari bisnis buket.

1. Sepi pembeli saat awal membuka usaha buket karena brand yang dimiliki belum dikenal banyak orang,

2. Kesulitan menyesuaikan tata letak saat merangkai buket, seperti merangkai bunga, jajan, dan lainnya.

3. Perlu menguasai teknik untuk membungkus buket ataupun memasang wrapping buket agar tampilan buket bisa rapi dan enak dipandang.

4. Mengurus harga jual buket yang terbilang cukup rumit karena florist harus menghitung seluruh komponen yang digunakan, termasuk biaya listrik dan kreatifitas yang dimiliki.

5. Saat membeli bunga dalam jumlah yang banyak, biasanya akan ada bunga yang buruk atau beberapa helai yang rusak dan tidak sempurna lagi.

6. Jika menggunakan bunga asli, bunga mudah layu dan saat layu maka tidak laku dijual

 

Setelah mengetahui suka dan duka membuka usaha buket tersebut, apakah kamu mulai tertarik untuk memulai? Perlu diingat bahwa setiap usaha selalu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, begitu pun dengan usaha di bidang perbuketan.

C.    Jenis-jenis Buket yang Paling Laris di Pasaran

Usaha buket kini menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, jenis usaha yang satu ini terkenal mudah direalisasikan dengan modal yang terbilang kecil. Akan tetapi, memulai usaha buket kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis buket yang paling laris di pasaran.

Tak dapat dimungkiri bahwa memberikan hadiah berupa buket akan menghadirkan kesan yang berbeda. Oleh sebab itulah saat ini banyak orang membeli buket untuk diberikan pada orang yang mereka sayangi. Karenanya bagi pelaku bisnis, usaha buket dianggap menjanjikan untuk meraih omset yang besar.

Jenis-jenis Buket yang Laris di Pasaran

Tak hanya menguasai teknik membuat buket, tetapi kamu juga dapat mengetahui apa saja buket-buket yang laris di pasaran. Dengan begitu kamu tak akan sepi pembeli. Meski demikian, umumnya buket yang laris di pasaran bagi setiap florist tidaklah sama. Karena setiap florist memiliki perbedaan dalam pengemasan buket.

Pada umumnya yang membuat buket laris di pasaran tergantung dari kualitas, bentuk atau tampilan buket, harga, dan berbagai faktor lain yang menyebabkan buket tersebut laris di pasaran.  Berikut jenis-jenis buket yang paling laris di pasaran.

1. Buket Jajan


Snack bouquet atau buket jajan menjadi salah satu jenis buket yang laris. Hal ini karena buket jajan memiliki harga yang terbilang murah dibandingkan dengan buket lain, seperti buket bunga atau buket uang. Selain itu, buket jajan juga cocok diberikan kepada semua orang, baik pria maupun wanita, anak-anak maupun orang dewasa.

Jajanan yang menjadi isian buket juga beragam dan dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli. Selain itu penerima buket juga dapat menikmati jajanan yang digunakan sebagai isi buket, sehingga buket snack terbilang menguntungkan bagi penerima.


2. Buket Bunga Segar

Sumber : lummoshop dot com

Fresh flower bouquet atau buket bunga segar juga termasuk dalam jenis-jenis buket yang paling laris di pasaran. Hal ini karena buket bunga segar akan mengeluarkan aroma yang harum. Selain itu fresh flower juga memiliki tampilan yang lebih anggun dan elegan, sehingga penerima akan merasa lebih berkesan saat mendapatkan hadiah berupa buket bunga segar.

Namun demikian, buket bunga segar biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal karena tak semua florist menjualnya, dan mereka juga cukup sulit untuk mendapatkan bunga segar dengan kualitas terbaik.


3. Buket Uang


Buket uang juga laris di pasaran karena dianggap menguntungkan bagi penerima. Pada umumnya pembeli buket ingin menunjukkan kesan yang mendalam kepada seseorang yang ingin mereka beri hadiah. Sedangkan setiap orang akan merasa senang bila mendapatkan hadiah berupa uang. Oleh karenanya buket uang pun ramai diincar oleh para customer walaupun dengan harga yang juga terbilang cukup mahal.

Buket uang bahkan bisa diisi ulang sehingga penerima tetap bisa menyimpan buket tersebut dalam waktu yang lama. Inilah mengapa buket uang atau money bouquet menjadi laris dan banyak peminatnya.


4. Buket Bunga Artificial


Buket bunga artificial ataupun bunga tiruan juga tak kalah eksis. Buket jenis ini juga ramai dicari karena harganya lebih murah dibandingkan fresh flower. Selain itu, pemesan juga tetap bisa memberikan kesan ‘manis’ kepada seseorang yang akan menerimanya.

Buket artificial juga dapat dibuat secara custom atau by request sesuai dengan keinginan pemesan. Dengan begitu, buket artificial dapat dipakai dalam setiap momen berharga dalam hidup. Oleh karenanya tak heran bila buket ini menjadi buket yang laris.

Dari jenis-jenis buket yang laris di pasaran ini, mana yang ingin kamu prioritaskan? Semua jenis buket sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Karenanya kamu dapat menemukan hal tersebut sembari menjalankan prosesnya.

Semoga informasinya bermanfaat. Terima kasih

17 komentar

  1. Kemarin itu kantor suamiku bikin buket begini, tapi isinya logam mulia, buat staffs yang pencapaiannya bagus 😄.

    Lumayan tuh, kalo memang sayang dibuang, tetep dalam bentuk aslinya, dan bisa jadi pajangan. Walopun aku lebih suka ambil LM nya, simpen di tempat yg lebih aman 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw, asik banget yah kalau isi buketnya logam mulia bisa bikin semangat staffs naik berlipat - lipat. Coba saya kerja di kantor suami Mbak, mmm...bisa - bisa bakal dapat buket logam mulia mulu,hahaha......@menghayaldotcom.

      Saya juga bakal begitu kalau dapat LM, simpan di tempat yang punya lapisan keamanan yang berlipat ganda.Haha.....

      Hapus
    2. Wah kalo isinya logam mulia auto happynya double2 sih ya kak wkwkw aku juga mauuuuu wahahaha

      Hapus
  2. seneng ngeliat orang orang kreatif bikin buket, apalagi ada buket snack, ga kepikiran buatku, keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak sudah senang melihat orang bikin buket secara kreatif. Saya juga senang, palagi dapat buket uang secara free,hehe....

      Hapus
  3. bisnis buket ini emang lagi digandrungi ya, semua bisa menjalankannya.
    bahkan mahasiswa sekarang banyak yang bisnis buket ini karena emang banyak yang minat, sepupuku salah satu yang usaha buket dan Alhamdulillah tiap hari ada aja yang pesan :)

    BalasHapus
  4. Keren, ya. Dulu ada teman ngusulin jualan buket. Cuma saya nyadar kalau nggak telaten bikin buket.

    BalasHapus
  5. Dulu, buket itu sudah identik dengan bunga. Namun seiring waktu, buket jadi beragam ya, Mbak. dari makanan, uang, bahkan logam mulia. Tapi buket bunga tetap akan selalu dibutuhkan orang. Termasuk saat menerimaan medali untuk olahraga.

    BalasHapus
  6. biasanya buket bunga ini laris banget saat wisuda yaa kak, soalnya banyak yang kepengin beli langsugn. ada yang isinya jajan, ada yang bunga, bahkan ada yang uang juga

    BalasHapus
  7. Buat usaha buket seperti ini, kreativitas amat diandalkan juga ya kak. Semakin kreatif dan unik jadi mudah untuk diingat calon pembeli

    BalasHapus
  8. Bisnis buket ini sekarang memang cukup menjanjikan yaa. Ada banyak momen yang biasanya memerlukan buket dalam perayaannya kayak ulang tahun, kelulusan dan lain sebagainya

    BalasHapus
  9. Salah satu contoh usaha untuk orang yang kreatif bebikinan nih. Kalo aku gak bisa bikinnya. Bikin buat tugas sekolah anak aja, gak bagus xixixi.

    BalasHapus
  10. Adek ipar aku yang baru lulus kuliah juga buka usaha buket ini, lumayan buat nambah2 pemasukan daripada nganggur, lumayan juga yang order

    BalasHapus
  11. hmm, oke juga nih ya kayanya prospek bisnis buket gini, sekarang jaman wisuda aja kan org2 udh pada pake wisuda, or buat kirim buket kejutan buat pacar, momen spesial dan banyak lagi

    BalasHapus
  12. Saat ini Buket uang dan snack menjadi pilihan yg paling banyak digemari daripada buket bunga segar. Karena kebermanfaatannya lebih banyak dari sekadar estetika semata

    BalasHapus
  13. Bisnis buket ini pasti bakal laris manis deh pas wisuda dan juga Valentine ,apalagi buket snack. Tapi aku mau dong buket uang hahaha

    BalasHapus
  14. kalau diniatin kayaknya aku bisa bikin buket, aku sering iseng2 aja bikin buket dr kertas bekas hahaha, cuma buat adek atau sodara aja.

    apa perlu buka bisnis buket nih kang? wkkwkw

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon