03 Januari 2023

Semakin Dibutuhkan, Ini 5 Keuntungan Menguasai Bahasa Mandarin

 


China tidak hanya sebuah negara maju, namun juga bangsa yang besar. Orang berbangsa China sudah menyebar ke banyak negara di belahan bumi. Hal ini membuat 16% dari populasi dunia berbicara dengan bahasa China sebagai bahasa pertama.


Alekawa

Bahasa China atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai bahasa Mandarin merupakan satu dari enam bahasa resmi PBB. Bahasa Mandarin telah memiliki banyak varietas yang lebih umum disebut dialek. Namun bahasa Mandarin standar lebih populer ditemui di Negara China dan negara berpenduduk mayoritas China lainnya.


Dengan potensi tersebut, menguasai bahasa Mandarin dapat memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya dalam kehidupan sosial secara umum namun dalam hal bisnis dan pekerjaan. Banyak iklan lowongan pekerjaan dan informasi dari perusahaan outsourcing yang menyertakan keahlian berbahasa Mandarin sebagai salah satu kriteria yang banyak dicari saat ini.


Jika Anda sedang mempertimbangkan mempelajari bahasa Mandarin, setidaknya berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan:


  1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Beberapa penelitian membuktikan manfaat kognitif dari mempelajari bahasa baru. Cara paling baik untuk mendapatkan manfaat ini ialah dengan mempelajari bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin yang cukup berbeda dengan bahasa Indonesia melatih otak kita. Sebab bahasa Mandarin merupakan bahasa yang mengandalkan intonasi untuk seluruh pelafalan katanya. Sehingga penutur bahasa Mandarin harus menggunakan sisi kiri dan kanan otak mereka untuk berkomunikasi.


Meski begitu, bahasa Mandarin juga memiliki kemiripan dengan bahasa Indonesia. Contohnya seperti struktur kalimatnya bahasa Mandarin yaitu Subjek-Kata Kerja-Objek (SPO). Selain itu penulisan bahasa Mandarin yang dimulai dari kiri ke  kanan.


  1. Memperluas Jaringan Sosial

Salah satu manfaat lain dari belajar bahasa Mandarin adalah memperluas lingkaran sosial. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang memiliki penutur terbanyak di dunia. Dengan kemampuan berbahasa Mandarin, kita dapat berkomunikasi dengan lebih banyak orang dibanding sebelumnya.


Setiap interaksi sosial yang kita jalin dengan orang berbahasa Mandarin juga akan membukakan kita pada kesempatan baru. Tidak hanya terkait keuntungan praktis, dengan memiliki teman baru kita dapat saling bertukar pengalaman, cerita, dan pendapat. Orang China umumnya sangat hangat, ramah dan menghargai orang yang berusaha untuk mempelajari bahasa mereka.


  1. Memudahkan Ketika Berkunjung ke Negeri China 

Mahir berbahasa Inggris tidak cukup jika negara tujuanmu adalah China. Sebab cukup sulit untuk menemukan orang lokal yang mahir berbahasa Inggris. Maka mempelajari bahasa Mandarin menjadi wajib jika ingin berkunjung ke China.


Bepergian ke China dengan paket tour wisata tentu menjadi salah satu opsi. Namun jika ingin mendapatkan pengalaman yang berkesan dan otentik maka bisa berkomunikasi dengan warga setempat menjadi penting. Bisa berinteraksi dengan orang lokal tentu menjadi pengalaman yang tidak dialami turis lainnya. Selain itu penduduk setempat tentu akan menghargai upaya kita untuk mempelajari bahasa mereka.


  1. Membuka Kesempatan dalam Melanjutkan Pendidikan

China tidak hanya memiliki potensi ekonomi yang besar. Namun juga potensi untuk melanjutkan pendidikan tinggi. China menjadi salah satu negara yang populer bagi mahasiswa internasional. Banyak bidang-bidang yang ditawarkan oleh universitas di China seperti sains, teknologi, ekonomi bisnis,  sosial humaniora dan seni. Kemahiran berbahasa Mandarin akan meningkatkan peluang penerimaan di program beasiswa dan universitas di China. 


  1. Membuka Peluang Kerja

Perekonomian China telah berkembang pesat selama 40 tahun terakhir. Saat ini mulai banyak peluang profesional bagi mereka yang tertarik untuk bekerja di China atau bekerja untuk perusahaan China di negara asal. Peluang tersebut juga terus berkembang.


Kalau di Indonesia sendiri, banyak perusahaan dan industri yang juga membutuhkan orang-orang yang mahir berbahasa Mandarin, misalnya saja sekolah internasional yang mencari guru Mandarin, tempat les bahasa Mandarin, penerjemah, perusahaan-perusahaan asing asal China yang ekspansi ke Indonesia, hingga perusahaan export import China.


Baca juga: Cara Import Barang Dari China


Secara umum, menguasai bahasa Mandarin dapat membuka banyak peluang tidak hanya dalam segi karir dan bisnis, melainkan segi sosial dan pendidikan tinggi. Mempelajari bahasa baru bisa jadi sulit dan penuh tantangan. Namun setelah menguasainya akan ada banyak kesenangan dan keuntungan yang menanti.


1 komentar

  1. Dulu pas ke Beijing 2012, aku dan suami jujurnya LBH banyak pake bhs isyarat 🤣🤣. Memang susah bgt nemuin yg bisa BHS Inggris di sana. Kalo udh mentok, yg ada kami cari orang bule kalo bisa pake jas, Krn artinya dia kerja di sana, bukan turis. Biasanya lebih paham 😅

    Memang sih Mandarin penting skr ini. Tapi jujurnya aku kok susah banget pelajarin bahasanya hahahaha. Lebih suka bahasa yg masih menggunakan huruf latin seperti kita mas 😄. Kalo hurufnya udh beda, Yo wislaah, cari yg lain aja wkwkwkwk

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon