25 Oktober 2023

Hal Penting yang Wajib Dicek Saat Service Motor

planet ban

Siapa yang sering bepergian dengan naik motor? Langsung deh tunjuk diri sendiri. Ya sehari-hari dalam beraktivitas seperti berbelanja, antar jemput sekolah anak, saya menggunakan motor matic. 

Karena itu wajib deh buat saya untuk memperhatikan dan merawat motor demi kenyamanan dan keamanan. 

Bener kan? Lha kalau misal asal pakai saja tanpa merawat, selain motor jadi kurang nyaman dikendarai juga mesin motor jadi kurang awet dan cepat rusak. Salah satu perawatannya agar motor awet dengan rajin mengganti oli motor matic 

Terkait hal di atas, penting buat saya untuk memahami bagaimana harus melakukan service motor. Ternyata banyak hal yang harus diketahui. Mau tahu apa saja yang wajib dicek? Simak ya artikel ini.

Service Motor Itu Penting 

Seperti sudah disinggung sekilas di atas, bahwa service motor itu penting dilakukan secara rutin. Mengapa?

1. Untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

2. Agar mesin motor awet

3. Pastinya agar tidak mogok di tengah jalan

Oya saat service motor dilakukan pengecekan kondisi motor secara rutin. Biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. 

Hal Penting dalam Servis Motor

Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor, berikut hal penting yang harus diperhatikan:

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Karena itu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Umumnya rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu dibayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Planet ban

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Bagian busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Untuk keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Biasanya tune up dilakukan dengan mengganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Semua itu oleh mekanik diinfo kok ke pelanggan. Jadi jangan khawatir ya saat mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Punya langganan bengkel motor? Sebaiknya kalau akan servis motor carilah bengkel yang pelayanannya bagus. Pastikan mencari bengkel servis motornya bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini,  kita bakal mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan          performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak). Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat. 
  • Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Pernah mengalami saat servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin? Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. 

Sementara jika melakukan service motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Sehingga terlihat seperti mesin baru lho...

 Jadi jangan ragu ya untuk service motor di Planet Ban. Pasti bikin motor kita seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Tentang harga service motor terjangkau banget lho. Padahal di Planet Ban yang pelayanan selengkap ini, ongkos murce banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000, service CVT sekaligus rantainya Rp19.500, bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000.

Nah nggak percayakan? Sekarang kalau sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis jangan ragu lagi ya. Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

12 komentar

  1. Murah sih segitu.. planet ban ada di banyak kota ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terjangkau banget harganya. Dan kayaknya tiap kota adaaaa aja planet ban

      Hapus
  2. aku termausk cuek bebek soal permotoran hahaha selalu diserahkan sama suami, tapi ya gitu kalo suami pergi jauh mau g mau harus ke bengkel dewek hahahaa....tapi kalo urusan tempat servis planet ban emang palign nyaman sih buat yg nunggu2 gtu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Aku juga dulu gitu mbak. Sampe akhirnya terpaksa harus pergi sdr karena suami lagi sakit, ya udah, dari situ akhirnya sekarang terbiasa. Mau gak mau

      Hapus
  3. Sama banget, Mbak.. sepeda motor matic-ku juga buat antar jemput anak, belanja, dll. Harus rutin dirawat yaa biar bisa terus membersamai aktivitas kita.
    Planet Ban bjsa jadi bengkel pilihan ya untuk servis motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Penting. Apalagi yg motornya dipake tiap hari kek punya kita2 harus rutin emang

      Hapus
  4. Aku juga langganan nih servis motor di Planet Ban. Puas rasanya kalo abis servis motor di sana. Pulang-pulang mesin motor rasanya kayak motor baru saking enaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren mbak. Hehe.. Klo kayak motor baru jadi pingin diajak jalan terus nih

      Hapus
  5. baru beberapa minggu lalu, aku cobain ganti ban di Planet Ban dan ternyata hasilnya sangat sangat top
    harga juga terjangkau dan motorku setelah diganti ban, tekanan bannya juga pas

    BalasHapus
  6. Planet ban ini emang bisa buat langganan deh karena sering dapet ban motor dengan harga diskon juga ^_^

    BalasHapus
  7. asyik ya kalau di planet ban ini bisa ganti oli dan servis rutin motor. aman dan tentram jadinya

    BalasHapus
  8. Duh jangan sampai lah ya motor mogok di tengah jalan, apalagi malam-malam, serem. Mending rutin dirawat biar nyaman bawanya, ga ada tragedi aneh2 segala mogok, dsb

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon