22 Januari 2024

WhatsApp CRM: Mitra Anda dalam Perencanaan Strategis

 

Memilih alat yang tepat adalah hal primer dalam menentukan kesuksesan bisnis. Alat yang tepat akan membantu perencanaan strategis berjalan dengan baik. Perencanaan strategis yang cermat tentunya memerlukan data yang akurat pula. WhatsApp CRM merupakan strategi yang tepat dalam mengumpulkan data.

WhatsApp CRM merupakan platform yang mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan sistem CRM. Hal ini dikarenakan whatsapp tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi saja, namun telah berevolusi menjadi alat yang memudahkan para pebisnis maupun tim manajemen. Perangkat ini membantu mereka memenuhi kebutuhan bisnis dari membangun koneksi hingga mengumpulkan data pelanggan.



Namun, apa saja peran whatsapp CRM selain sebagai alat komunikasi? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini mengapa Whatsapp CRM berguna dalam perencanaan strategis.

Peran WhatsApp CRM dalam Memenuhi Kebutuhan Bisnis

Sebelum membahas lebih jauh mengenai peran whatsapp CRM, mari kita telusuri kembali apa saja hal-hal yang dibutuhkan dalam bisnis. 

     Visi misi, aspek ini menjadi acuan dalam menetapkan tujuan bisnis untuk jangka pendek maupun panjang. Hal ini juga menjadi filosofi bisnis, serta menentukan slogan bisnis.

     Rencana bisnis, agar bisnis dapat berjalan terarah sesuai tujuan dibutuhkan perencanaan yang strategis. Hal ini meliputi analisis pasar dan resiko, rencana produk, rencana keuangan dan anggaran, hingga perencanaan strategi marketing and sales.

     Modal dan keuangan, modal diperlukan untuk memulai bisnis, namun pengelolaan uang yang teratur juga akan mempengaruhi berjalannya keseluruhan bisnis.

     Sumber daya manusia, tanpa kualitas tim dan organisasi yang baik bisnis tidak dapat berjalan dengan produktif. Sehingga dibutuhkan karyawan dengan inovasi, kreatifitas serta dedikasi yang tinggi.

Keempat aspek diatas merupakan kebutuhan dasar bisnis yang perlu diketahui, selebihnya diikuti dengan teknologi dan sistem informasi, etika bisnis sebagai kultur perusahaan, hingga evaluasi secara berkala.

Lalu, apa hubungannya kebutuhan bisnis dengan whatsapp CRM? Disini Whatsapp CRM merupakan alat yang akan membantu bisnis dalam memenuhi kebutuhan di atas.

Mengukur skalabilitas bisnis

Skalabilitas bisnis merupakan kemampuan bisnis untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan, baik itu lingkup dan kompleksitas operasional, maupun gangguan yang signifikan.

Sedangkan mengukur skalabilitas bisnis merupakan proses evaluasi yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana bisnis mampu mengatasi pertumbuhan maupun penurunan volume operasional tanpa mengorbankan kinerja, efisiensi serta kualitas layanan.

Mengukur skalabilitas bisnis dapat membantu manajemen untuk merencanakan pertumbuhan yang berkelanjutan, mengidentifikasi batasan operasional, serta mengambil keputusan strategis yang tepat dalam mengatasi perubahan kondisi pasar.

Dalam proses pengukuran skalabilitas bisnis, whatsapp CRM membantu menyediakan komunikasi yang efisien dan terpadu antar tim.

Beberapa peran tersebut meliputi:

     Whatsapp CRM memungkinkan bisnis berkomunikasi secara real-time dengan tim internal, mitra bisnis, hingga pelanggan. Dengan demikian, komunikasi dengan pelanggan bisa jadi lebih responsif. Begitupun dengan tim internal, dapat berkolaborasi dengan sistematis.

     Inovasi CRM ini mampu menganalisa dan pelacakan interaksi, sehingga tim manajemen dapat lebih mudah mengukur efektivitas strategi komunikasi yang sesuai dengan pertumbuhan bisnis.

     Teknologi ini fleksibel untuk diimplementasikan ke dalam strategi pemasaran, memungkinkan bisnis mampu menjalankan promosi pemasaran melalui aplikasi pesan instan.

Menciptakan strategi customer-centric

Menciptakan strategi bisnis yang customer-centric berarti menempatkan konsumen sebagai pusat perhatian bisnis dalam mengambil keputusan. Dengan demikian, bisnis menyusun strategi berdasarkan pemahaman mengenai kebutuhan, preferensi, dan pengalaman pelanggan.

Strategi customer-centric ini tentunya disusun untuk menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan. Keutamaan dalam strategi customer-centric adalah memahami pelanggan, hal ini dapat dilakukan dengan riset yang dilakukan secara menyeluruh. Seperti memahami siapa pelanggan yang menggunakan produk anda, apa kebutuhan mereka, serta bagaimana reaksi pelanggan terhadap produk anda.

Dalam menciptakan strategi customer-centric, Whatsapp CRM juga menyediakan kemudahan bagi konsumen untuk terkoneksi dengan bisnis anda, seperti:

     Menyediakan layanan customer service yang proaktif, Whatsapp Business yang diintegrasikan dengan CRM dapat dimanfaatkan menjadi jalur komunikasi khusus layanan pelanggan yang membantu mereka untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat proses maupun setelah penjualan.

     Mengenalkan produk baru secara eksklusif, anda bisa membagikan pesan siaran berupa pengenalan produk baru dan menawarkan penggunaan demo kepada pelanggan lama, sebagai bentuk loyalty reward.

Mengamati Tren Terkini dari WhatsApp CRM

Teknologi adalah sesuatu yang terus bergerak sepanjang masa. Hal ini tentu dipengaruhi dengan inovasi manusia yang terus berkembang. Sehingga sebagai pemilik bisnis, anda juga harus senantiasa menyadari perubahan tren teknologi yang terus berubah-ubah tersebut.

Misalnya saja CRM, yang dulunya hanya mengandalkan sistem komputer sederhana, kini sudah berkembang dan dapat diintegrasikan dengan banyak aplikasi, misalnya saja aplikasi komunikasi bisnis seperti  Whatsapp Business.

Interaksi pelanggan berbasis AI

Email dan SMS merupakan cara lama bisnis berinteraksi dengan pelanggan secara personal. Sayangnya, kini banyak orang telah meninggalkan kedua hal tersebut. Meskipun email masih banyak digunakan, pelanggan lebih memilih media komunikasi ini untuk urusan bisnis saja.

Whatsapp CRM yang sedang berkembang merupakan teknologi yang paling banyak diminati saat ini. Whatsapp CRM juga dapat diintegrasi dengan teknologi terkini berbasis AI seperti chatbot.

Interaksi pelanggan berbasis kecerdasan buatan ini selain menyediakan komunikasi respon cepat, juga membantu tim dalam mengumpulkan data untuk analisa pelanggan jadi lebih akurat. Mulai dari analisa data dan perilaku pelanggan, teknologi ini mampu meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik.

Peningkatan fitur keamanan dan privasi

Di era digital, privasi serta keamanan data turut menjadi aspek yang wajib diperhatikan. Menjaga sistem tetap aman merupakan langkah fundamental dalam menjaga kepuasan pelanggan. Dengan demikian, perusahaan harus senantiasa memperbarui keamanan serta kebijakan privasi yang transparan.

Tak lepas dari strategi customer-centric, perusahaan harus selalu memberikan penjelasan kepada pelanggan bagaimana data disimpan, diproses, dan diolah. Sehingga pelanggan dapat terus menjaga kepercayaannya terhadap bisnis anda.

Whatsapp CRM dapat menjadi mitra yang mampu menyukseskan bisnis. Hal ini juga tergantung pada bagaimana anda memanfaatkannya. Semakin baik teknologi dimanfaatkan, semakin banyak pula keuntungan yang dirasakan.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon