19 March 2017

Pengaruh Algoritma Google Fred Pada Blog Asik Pedia

Hebohnya pemberitaan tentang Algoritma Google Fred di berbagai forum, awalnya tidak begitu saya pedulikan.

Saya lebih peduli pada lezatnya paha ayam Fredchiken dan fredy kucing kesayangan saya.


Pengaruh Algoritma Google  Fred pada blog Asik Pedia
ninoartikel.com
Tapi……setelah ada kejadian aneh pada blog asik pedia ini, maka mau tak mau saya harus mengetahui, mempelajari dan memahami serta menyesuaikan diri terhadap yang namanya Algojo…eeee,,,Algoritma Google Fred maksudnya,hehe.

Ada 3 Pengaruh yang saya lihat pada blog asik pedia, yaitu :



- Trafik Blog Anjlok


Awalnya saya pikir turunnya trafik blog asik pedia dikarenakan waktu itu saya tidak update artikel terbaru.


Dan berdasarkan masukan dari seorang teman, bahwa itu terjadi karena pengaruh Algoritma Google Fred yang baru di Update baru – baru ini.


Setalah baca sana – sini info tentang Algoritma terbaru tersebut, saya simpulkan bahwa system tersebut untuk memperingatkan akan penggunaan Internal Link dan Eksternal link yang tidak relevan dan berlebihan.


Pada blog asik pedia penggunaan internal link pada “ halaman artikel “ hanya terdapat beberapa buah saja, sekitar 10 -15 internal link.


Jadi saya pikir internal link pada halaman artikel, bukan penyumbang terbesar terhadap anjloknya trafik blog asik pedia.


Itu juga lebih banyak yang relevan terhadap artikel yang ditulis, tapi mungkin saja salah satu penyebabnya.


Sedangkan untuk eksternal link….nah ini dia yang paling saya curigai menjadi penyebab terbesar anjloknya trafik blog asik pedia.


Sebab pada kolom komentar banyak sekali rekan – rekan pembaca yang menancapkan URL yang menuju ke Website mereka yang kontennya mungkin tidak relevan dengan artikel di blog saya dan bertentangan dengan Algoritma Google Fred.


Karena pada awalnya saya memang menyetujui penancapan URL tersebut dari situs manapun, asal komentarnya relevan dengan blog asik pedia.


Tapi sekarang ini saya mencoba untuk melakukan pengaturan ulang, yang mana hanya pemilik akun Google+ saja yang bisa berkomentar.


Jadi linknya tidak langsung menuju website atau blog mereka , melainkan mampir dahulu keakun Google+ mereka.


Mungkin cara ini tidak bertentangan dengan Algoritma Google Fred dan banyak langkah - langkah yang blogger lainnya tempuh, seperti yang saya tulis pada artikel yang berjudul algortima google fred di update banyak blogger lakukan ini mungkin sependapat dengan para pembaca isi artikel tersebut.



- Tidak Bisa Menggunakan URL Website pada Kolom Komentar


Pada beberapa hari sebelumnya kalau saya membalas komentar para komentator, seperti biasa saya menancapkan URL blog Asik Pedia pada kolom URL.


Tetapi pada tanggal 18 Maret 2017, balasan komentar saya tidak bisa di publish, sudah beberapa kali dicoba baik diblog asik pedia maupun diblog orang lain.


Situasi yang terjadi seperti internet sedang gangguan koneksi, loadingnya lama sekali dan tidak berhasil.


Tetapi kalau menggunakan Profile Blogger dan Google+,langsung bisa dipublish balasan komentar dari saya.


Aneh bukan…?


Mungkin ini adalah pengaruh dari Upadate Algoritama Google Fred tersebut, yang tidak menyukai penancapan Internal Link dan Ekstenal link pada kolom Komentar blog.


Seperti yang sering saya lakukan setiap hari saat akan membalas komentar para komentator.


Entah dengan pembaca sendiri apakah mengalaminya ?



- Tombol Share Facebook hilang


Nah pengaruh Algoritma Google Fred terhadap blog asik pedia yang terakhir ini, saya juga masih binggung sebab apa iya karena Update Algoritma Google Fred terus “ tombol share facebok “ yang sebelumnya ada jadi hilang.


Iya hilang….hanya tinggal tombol like facebook, G+, twitter yang tersisa, kalau tidak percaya silakan anda cek.


Dan sebelumnya fasilitas share facebook di blog asik pedia memang ada, sebab selalu saya pergunakan saat akan menshare artikel tentang berita viral – viral saja ke media social facebook.


Kode HTML tombol share pada tamplate blog juga tidak pernah saya menghapusnya.


Apa system share artikel ini sudah bertentangan dengan Algoritma Goolge Fred dan Google sudah kerja sama dengan Facebook untuk menghentikan system share tersebut ?


Sampai Saat ini saya belum dapat info yang bisa menjelaskan permasalahan pada poin terakhir ini.


tapi sudah banyak hikmah yang bisa saya petik , seperti yang saya tuliskan pada artikel yang berjudul hikmah update algortima google fred buat saya pribadi dan tentunya dari segi positif memang sangat berguna buat saya sendiri.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.






0 komentar

Post a Comment