20 Desember 2018

TAS BATOK KELAPA UNIK :Tas Warisan Tetangga Yang sedang Cuci Gudang

Tags

Iya. Betul. Beberapa waktu yang lalu tetangga saya sedang bersih – bersih gudang dan hasilnya saya kebagian harta hibah berupa tas batok kelapa unik.Horeeee…..

Saya sebut tas dari batok kelapa ini unik  karena memang saya belum pernah lihat ada jenis kerajinan tangan yang memanfaatkan kulit atau batok kelapa disulap menjadi sebuah tas yang menarik dan unik.

Setahu saya batok kelapa lebih banyak dimanfaatkan pengrajin untuk membuat burung, ikan, dan aneka hiasan meja atau dinding lainnya.

Lihat gambar :


TAS BATOK KELAPA UNIK :Tas Warisan Tetangga Yang sedang Cuci Gudang


Kalau dilihat dari penampakannya, tas batok kelapa ini dirancang atau dibuat dengan cara  membelahnya menjadi dua.Kemudian disatukan dengan satu buah resliting dan diberikan gantungan unik yang berfungsi untuk menentengnya atau membawakannya.


TAS BATOK KELAPA UNIK :Tas Warisan Tetangga Yang sedang Cuci Gudang



TAS BATOK KELAPA UNIK :Tas Warisan Tetangga Yang sedang Cuci Gudang


Saya kurang tahu apa nama benda yang menjadi gantungan tas batok kelapa unik ini, yang jelas berasal dari benda – benda yang disatukan melalui sebuah tali kecil sehingga menjadi sebuah susunan yang unik dan menarik.

Bagian dalam tas batok kelapa ini , dipasangi kain tipis berwarna cokelat yang berfungsi sebagai media untuk menempatkan sesuatu,misalnya uang  recehan atau benda kecil lainnya.

Karena ukuran dari  tas batok kelapa ini tidaklah terlalu besar, sehingga Cuma cocok untuk menempatkan sesuatu yang kecil – kecil saja seperti yang saya sebutkan tadi.

Penampilan Tas batok kelapa ini, memang terkesan unik, cocok sekali buat orang yang suka sesuatu yang berbeda.

Kalau untuk digunakan sebagai tas kondangan,sepertinya cocok juga, apalagi jika pas  pulang kondangan ada paha daging ayam yang tersisa dan ingin dibawa pulang,sepertinya masih ada tempat buat  paha daging ayam bersembunyi.
Penampakan Kulit tas batok kelapa ini sudah diampelas dan mengkilap sehingga tidak malu – maluin jika kepepet ingin membawa tas tersebut diacara resmi.

Saya cek di Internet, tas batok  kelapa ini ternyata banyak juga yach dijual di situs ecommer.Dari yang saya baca harga tas batok kelapa ini juga bervariasi, dari harga sekitar 30 ribuan hingga 100 ribu lebih.

Saya pikir dengan banyaknya inovasi dari batok kelapa yang dibuat dengan unik, maka akan membuat banyak orang tertarik untuk membeli.Dengan banyaknya orang yang membeli sudah tentu akan membuat kesejahteraan para Pengrajin akan meningkat.

Tapi budaya kita terkadang lebih condong untuk membeli tas yang bermerek keluaran produsen ternama di luar negeri, inilah salah satu perilaku yang mematikan usaha kecil menengah kita.

Saya pikir inilah saatnya kita berpaling ke produk local, misalnya  dengan membeli tas batok kelapa, biar para petani dan pengrajin local bisa terdongkrak kesejahteraanya.Betul ngak ?

Artikel Terkait

11 komentar

Ha ha ha jadi klo untuk kondangan pas banget buat masukin sisa paha ayam dll

Buat aksesori kondangan bagus juga, unik....

Keren, unik. Isinya juga yang serba bulat atau yang bisa dimampatkan, seperti jajanan onde-onde atau kain.

Bagian: kondangan + paha ayam itu yang bikin saya berencana langsung membeli #eh wakakakaka. Ini unik sekali, asli produksi Indonesia. Kaum hawa pasti suka tas model begini, meskipun memang produk Indonesia sedang sangat tergilas dengan produk tas bermerek dari luar negeri. Etapi kalau saya mah tetap produk lokal ya Kang :D

Keren tuh tasnya mungkin kalo dicat nuansa gold jadi agak mewah tampilannya dan bisa dibawa ke pesta

Pesen atu... lumayan buat masukin paha ayam... :)

Hi hi, cocok untuk jadi tempat umpetin ayam kala kondangan. Cantik, menurut saya, sayang saya tak berani pakai karena jenis orang konensional dan itu-itu saja. Tak berani jadi puhatirang alias pusat perhatian orang dengan pakai tas batok kelapa. Kalau sebagai hiasan rumah atu pot cantik, amu banget.

Unik banget kang,,,,jadi kyk suku pedalaman hehehe

wakakaka, sudah semangat baca postingan artikel ini, langsung ngakak baca komen kondangan dan paha ayam.
Tapi emang iya juga sih, cucok diisi dengan makanan hahahaha

Saya pernah liat tas gini di tempat jual baju batik di Surabaya.
Emang unik sih, cuman waktu itu mau beli kok mikir, ini muat apa aja? kayaknya dompet saya juga gak muat hahaha

Tapi baca postingan ini jadi pengen beli deh.
Ternyata setelah dilihat-lihat unik banget ya.
Dan sudah saatnya kita menduniakan kerajinan-kerajinan seperti ini, demi mensejahterakan masyarakat Indonesia :)

Pesen atu donk kang nata keyen abis,, mahal gak tu? wkwkwk


EmoticonEmoticon