06 Februari 2017

Makanan Khas Palembang Yang Paling Banyak Peminatnya

Anda pernah datang Ke Kota Palembang ? mungkin ada yang pernah dan mungkin ada yang belum pernah.

Tapi apakah anda pernah mendengar 3 Makanan Khas Palembang dibawah ini ? jika belum, maka cobalah baca sebentar artikel singkat ini………

1.    PEMPEK KAPAL SELAM PALEMBANG


MAKANAN KHAS PALEMBANG, PEMPEK KAPAL SELAM PALEMBANG
http://kursusmembuatpempek.blogspot.co.id/

Kalau anda ditanya makanan apa yang terkenal berasal dari kota Palembang ? Maka anda pasti menjawab “ Pempek Kapal Selam Palembang “.


Dan jawaban anda memang betul.


Kenapa sich makanan yang berasal dari bahan baku Tepung Sagu ini diberikan julukan “ Pempek  Selam “ ?.......


Menurut para orang tua, makanan ini saat akan digoreng akan tenggelam ke dalam minyak goreng dan akan muncul setelah pempek tersebut masak, mirip dengan sebuah kapal selam, yang menyelam lalu bisa muncul.


Nah karena gayanya seperti kapal selam, maka pempek tersebut diberi nama Pempek Selam.


Makanan Khas Palembang yang bernama Pempek ini memiliki banyak jenis diantaranya, Pempek Selam, Pempek Lenjer, pempek adaan, pempek krupuk, Pempek Panggang, Pempek Panggang dan lainnya.


Makanan ini sangat nikmat saat dipadukan dengan kuah yan disebut “ Cuko “ .


Bahan – bahan untuk membuat pempek Selam Palembang adalah Ikan Tenggiri,  Tepung Sagu ,Garam, Gula.


Jadi tidak heran makanan yang satu ini banyak digemari baik dari anak kecil sampai orang dewasa.


2.    KEMPLANG IWAK BELIDA PALEMBANG


MAKANAN KHAS PALEMBANG, KEMPLANG IWAK BELIDA PALEMBANG
prosescaramembuat.blogspot.co.id

Jika anda ke Kota Palembang, maka anda akan dengan mudah menemukan krupuk yang sering disebut kemplang iwak belida  atau belido ini.


Sebab banyak sekali dijual di Kota Palembang.


Bahan dasar membuat kemplang ini menggunakan ikan belida yang banyak terdapat di Sungai Musi.


Jika sudah dibuat kemplang, maka rasanya gurih dan renyah.  


3.    BURGO KHAS PALEMBANG


MAKANAN KHAS PALEMBANG, BURGO KHAS PALEMBANG
pempekita.com

Selain ke dua makanan khas diatas, maka ada makanan khas Palembang lainnya yaitu Burgo Palembang.


Makanan yang berkuah ini berasal dari tepung beras dan tepung sagu yang dibuat bergulung dan dipotong tipis – tipis.


Lalu makanan ini dimasukan ke dalam kuah santan dan sangat enak sekali jika akan ditambah dengan sambal pedas.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf. 

12 komentar

  1. Burgo ... yang belum pernah kucobain nih.
    Penasaran sama rasanya 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak tenan Mas... ngk ketolongan dah ....:)

      Hapus
  2. Lah lamo dak makan burgo tu mang. Katek yang jual di Lampung ni 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau katek maen bae KE Palembang, :)

      Hapus
  3. Pempek sama kemplang belidanya sering makan. Beberapa kali jd menu buka puasa. Walaupun yg selem bukan asli dari palembang 😂
    Tp klo burgo, mirip lontong sayur ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Mbak, mirip, :) Gimana Pempeknya dan kemplangnya enak toh... :)

      Hapus
  4. Makanan khas Palembang sangat banyak, tapi yang terkenal ya itu empek-empek, burgo sangat nikmat paduan rasa gurih dan ikan bertabur bawang goreng lemak nian
    jadi ingin buat, sudah lama tidak makan burgo

    kalau kemplang dan empek-empeknya termasuk sering, anehnya cuko tidak membuat maag saya kambuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena bahan yang dipakai menggunakan bahan dari produk yang berkualitas dan Aman, misalnya kecap NO 1, Gula Merah yang terbaik . :)

      Hapus
  5. Aku paling doyan mpek-mpek kapal selam. Kulit juga doyan. Semua varian aku suka deh. Kuah pempek yang khas bikin pengen namqbah :)

    BalasHapus
  6. Penasaran dengan burgo dan kemplang. Pengen coba da kayaknya unik. Burgo itu apakah adonan tepung berasnya juga polos atau sidah ditambah beragam bumbu? Seperti campuran ikan? Ataukah santannya hanya santan doang? Eh, jadi lapar, ha ha.

    BalasHapus
  7. Mbak Rohyati > santannya dikasih bumbu,pokoke enak mbak. :)

    BalasHapus
  8. Ya? Empek - empek palembang emang nampol di lidah saya udah pernah

    yoba beberapa kali, pengen lagi dan lagi.

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon