27 Oktober 2019

Tips Cermat Belanja Hemat Saat Harbolnas

Teman-teman pasti pernah mendengar kata Harbolnas, kan? Biasanya sering banget muncul iklannya di TV ataupun media online. Harbolnas itu sendiri merupakan singkatan dari "hari belanja online nasional", yang dimulai sejak tanggal 12 Desember 2012. 

Awalnya beberapa e-commerce besar di Indonesia menggagas event Harbolnas untuk mengedukasi dan memanjakan para pelanggan. Kemudian event ini diselenggarakan setiap tahunnya dan semakin banyak e-commerce, brand, dan lembaga penyedia jasa yang turut menyemarakkannya. 


Tips Cermat Belanja Hemat Saat Harbolnas


Pada event Harbolnas ini biasanya banyak orang yang bakalan kalap belanja. Karena harga barang/jasa yang ditawarkan bisa didiskon gila-gilaan. nah biar nggak asal belanja, inilah tujuh tips cermat yang bisa teman-teman terapkan untuk menyambut harbolnas. 

1. Buat daftar barang yang dibutuhkan

Boleh-boleh saja sih beli barang yang sedang diskon besar, tapi jangan sampai barangnya ternyata malah nggak kepakai sama sekali. Jadi buatlah dulu daftar kebutuhan kita. Sehingga ketika Harbolnas tiba, bisa langsung cari dan beli deh. Jangan takut barang yang kita butuhkan nggak didiskon, karena biasanya saat harbolnas hampir semua produk diskon besar. 

2. Tentukan budget belanja 

Banyaknya diskon saat Harbolnas bukan berarti kita boleh menghabiskan semua uang sekaligus. Tentukanlah budget belanja, berdasarkan daftar barang kebutuhan yang sudah dibuat. Bila perlu sortir kembali daftar tersebut agar barang yang dibeli memang yang sesuai kebutuhan. 

3. Perhatikan jenis-jenis promo

Pada Harbolnas setiap e-commerce dan market place, berlomba-lomba memberikan penawaran menarik. Perhatikan jenis-jenis promo tersebut dan pilihlah yang paling menguntungkan, memudahkan, dan sesuai dengan kebutuhan. 

4. Maksimalkan semua fitur yang ditawarkan 

Selain memperhatikan jenis-jenis promo, jangan lupa pula memperhatikan dan memaksimalkan semua fitur yang ditawarkan e-commerce dalam rangka menyemarakkan Harbolnas. 

Tips Cermat Belanja Hemat Saat Harbolnas


Contohnya nih di aplikasi belanja online terpercaya, Blibli.com, ada game seru yang bisa diikuti dengan kejutan barang murah yang harganya bikin SYOK. Untuk ikutan, caranya adalah sebagai berikut :

-Setiap belanja Minimal belanja 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan ngelakuin beberapa aktifitas yang direkomendasi sama Blibli.com, akan mendapatkan 1 token selama periode bulan Oktober sampai Desember .  

-Tokennya bisa digunain untuk main game capit di aplikasi Blibli.com

-Main game capit bisa dapat barang-barang (random) dengan harga SYOK! dalam waktu selama 24jam untuk menebus produk yg didapat.  

-Belum lagi nanti pada tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember  2019 bakal ada program SUPER SYOK!

Jadi jangan lupa untuk kumpulin token sebanyak-banyaknya mulai dari sekarang, ya. 

5. Siapkan metode pembayaran yang paling efisien 

Biasanya diskon dan promo Harbolnas paling besar diadakan pada jam-jam tertentu. Sistemnya pun ada yang rebutan, siapa cepat dia dapat. Jadi pastikan untuk menyiapkan metode pembayaran yang efisien seperti dompet digital atau e-banking. Agar barang-barang impian tidak terlewatkan. 

6. Belanja dalam jumlah banyak 

Tips ini berlaku terhadap barang yang merupakan kebutuhan rutin. Soalnya kapan lagi bisa dapat barang yang kita pakai secara rutin dengan harga lebih murah. Teman-teman bisa membeli untuk kebutuhan 2-3 bulan kedepan. 

7. Manfaatkan Cashback

Selain memperhatikan besaran diskon, jangan lupa untuk memperhatikan promo cashback. Sehingga cashback yang didapat bisa dipakai untuk belanja lagi. Jadi kalau semua daftar kebutuhan sudah didapat, dan ternyata budgetnya masih berlebih, boleh deh dipakai untuk  membeli barang-barang lainnya yang kita inginkan. 

Nah, semoga tips di atas membantu teman-teman untuk bisa belanja secara cermat dan hemat, namun tetap memuaskan pada saat Harbolnas pada bulan Desember nanti. Jadi jangan lupa untuk tabung uangnya dari sekarang. 

8 komentar

  1. Wah, bagus kali tipsnya, jadi makin semangat untuk berbelanja ni.

    BalasHapus
  2. Semoga istri saya gak tau ada harbolnas deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....kalau tahu, bisa ke dodoran dompetnya yah Bang ? :)

      Hapus
  3. hehe ini mah pasti selalu dinanti utk tiap akhir tahun atau menjelang :( hehe caranya utk menyiapkan ya "ngebut" cari duit online hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...pinter banget nih idenya, cari duit yang banyak, biar bisa borong banyak barang yah.. :)

      Hapus
  4. Dulu pertama kali baca harbolnas saya pikir hari bola nasional 😅😅😅

    BalasHapus
  5. Wahhh bentar lagi nih 11.11, thn kmrn aku ga dpt byk, karna yg diskon ga menarik produknya, mudah2an endorse kenceng biar bisa belanja2 hahahaha

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon