09 Juli 2020

Makanan Serat Tinggi Cocok Untuk Diet


makanan untuk diet


Apa kabar Sobatpedia hari ini? Semoga dalam keadaan sehat semuanya, ya. Di tengah pandemi corona ini kita memang harus selalu lebih waspada dibandingkan biasanya. Kebersihan adalah hal yang nomor satu harus diutamakan. Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan juga rajin mencuci tangan di tempat-tempat yang disediakan. Selain itu, Anda juga harus mengonsusmi makanan yang bersih dan juga sehat. Bagi Anda yang memang sebelum pandemi sudah menjalankan diet, tidak ada salahnya juga untuk melanjutkannya. Biasanya, diet memang lebih sering mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan juga bergizi. Salah satunya adalah makanan dengan serat tinggi. Makanan ini tentunya sangat berguna bagi Anda untuk sukses menurunkan berat badan.

Makanan Dengan Serat Tinggi

Tanpa diet pun, serat juga merupakan makanan yang baik untuk sehari-hari. Anda butuh banyak serat untuk kesehatan pencernaan dan tubuh. Jika kita sering mengonsumsi serat, maka kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit karena serat mampu membantu pencernaan kita. Serat juga dipercaya mampu memperpanjang usia, mencegah penyakit jantung, dan yang pasti dapat menurunkan berat badan Anda. Selain diet menjadi berhasil, serat juga mampu untuk menekan rasa lapar kita. Untuk mendapatkan serat yang cukup, berikut adalah makanan dengan serat tinggi yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

  1. Jagung

Apakah Anda tahu kalau jagung merupakan salah satu makanan dengan serat tinggi yang baik untuk dikonsumsi tubuh?  Satu buah jagung mengandung 2 gram serat. Anda bisa konsumsi jagung dengan cara dibakar, direbus, dan dibuat menjadi makanan Sayur Asem. Jika Anda bosan dengan sajian tersebut, Anda bisa membuatnya menjadi popcorn. Pada setiap 3 mangkuk saji popcorn yang Anda konsumsi, ternyata sudah mengandung 3,5 gram serat.

Anda bisa menambahkan mentega cair, caramel, garam, bubuk keju atau campuran lainnya agar menambah rasa pada popcorn Anda. Dengan membuatnya menjadi popcorn, tentunya anak Anda juga bisa mengonsumsinya. Sudah dipastikan mereka suka dengan sajian jagung yang seperti ini dibandingkan di dalam sayur.

  1. Alpukat

Yang selanjutnya adalah alpukat. Buah yang satu ini juga dipercaya sebagai makanan dengan serat tinggi. Tentunya, karena serat yang tinggi, buah alpukat juga sangat baik untuk pencernaan Anda. Dua sendok makan alpukat mengandung sekitar 2 gram serat. Sedangkan dalam satu buah alpukat bisa mengandung 10 gram serat. Selain kaya akan serat, alpukat juga bagus untuk menurunkan kolesterol karena alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Anda bisa mencampur alpukat dengan garam atau membuatnya menjadi selai dan dimakan dengan tumpukkan roti. Alpukat juga bisa dijadikan smoothies. Buah yang satu ini memang sudah terkenal akan keampuhannya untuk diet. Maka dari itu, Anda beli yang banyak dari sekarnag jika ingin dietnya berhasil.

       3. Kacang Almond

Selanjutnya adalah kacang almond. Kacang yang satu ini juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan kolesterol dan juga berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada kacang almond tentunya mampu untuk mempermudah tugas sistem pencernaan Anda. Konsumsi almond sebagai camilan juga mampu untuk menekan rasa lapar Anda karena kandungan seratnya tersebut. 

makanan untuk diet


gurih dan mudah dipadukan dengan berbagai jenis olahan makanan lainnya. Untuk mendapatkan kacang almond terbaik, Anda bisa kunjungi website Nutify Indonesia. Terdapat berbagai macam varian rasa kacang almond yang cocok menjadi camilan Anda untuk program diet yang baik. Salah satunya adalah Nutify Almond Gourmet Chilli & Lime. Rasa pedas dan juga asam dari daun jeruk tentunya membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah. Namun tenang saja, kacang almond tidak akan membuat Anda menjadi gemuk.  Segera kunjungi websitenya dan berbelanja, ya.


Selain kacang almond, kacang yang lain seperti kacang merah, kacang putih, dan kacang hitam juga memiliki serat yang tinggi. Selain itu, kacang juga merupakan sumber protein dan zat besi yang baik bagi tubuh. Kacang hitam, selain mengandung serat, ia juga mengandung antioksidan. Semua jenis kacang ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan diet.

  1. Brokoli

Yang selanjutnya adalah brokoli. Makanan dengan serat tinggi ini juga cukup mudah untuk ditemukan. Satu buah brokoli mengandung sekitar 5,1 gram serat yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Selain itu, penyajian brokoli juga mudah dan cukup gampang dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Anda bisa merebus, mengukus, bahkan memakannya secara mentah-mentah. Perlu Anda ingat untuk cuci bersih dulu brokoli sebelum dikonsumsi. Tidak hanya itu, jika Anda akan mengukus atau merebus brokoli, lebih baik tidak lebih dari 5 menit. Hal ini dikarenakan dapat merusak kandungan vitamin dan gizi yang terkandung dalam sayuran hijau tersebut.

  1. Tomat

Makanan dengan serat tinggi yang selanjutnya adalah tomat. Tomat memang memiliki banyak manfaat, selain untuk diet, tomat ternyata juga bisa digunakan menjadi masker. Kandungan serat pada tomat sebesar 1,2 gram. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan berbagai macam cara, termasuk juga dikonsumsi mentah-mentah. Kandungan likopen yang terdapat pada tomat juga baik untuk prostat bagi para pria.

Jangan pernah ragu lagi untuk mengonsumsi makanan yang satu ini, ya. Selain rasanya enak, tomat juga mudah dicari dan tentunya harganya sangat nyaman di kantung Anda. Mulai dari tukang sayur keliling, warung sembako, pasar dan supermarket pasti menjual tomat. Produksinya sangat melimpah di Indonesia.

  1. Beras Merah

Perlahan, cobalah Anda mengganti konsumsi beras putih Anda menjadi beras merah. Selain itu, Jika Anda mengalami konstipasi atau susah untuk buang air besar, lebih baik Anda segera mengganti menu nasi putih Anda menjadi nasi merah. Sudah jelas, jika serat yang terkandung dalam beras merah lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Selain serat, beras merah juga mengandung antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Di Indonesia, beras merah juga tidak susah dicari. Anda bisa beli di pasar dan juga di toko online. Harganya juga masih terbilang murah untuk ukuran per liternya.

4. Kembang Kol

Nah, selanjutnya kembang kol. Kembang kol merupakan makanan dengan serat tinggi dan rendah kalori, karbohidrat. Selain itu ada juga kandungan vitamin, dan mineral. Sayuran yang serupa dengan brokoli ini juga merupakan sumber kolin yang baik dan penting untuk kesehatan otak dan hati, serta metabolisme dan sintesis DNA. Kembang kol mengandung antioksidan yang membantu mencegah mutasi sel dan mengurangi stres oksidatif dari radikal bebas.

Kembang kol juga merupakan sayur yang kaya akan vitamin K. Konsumsi vitamin K ternyata dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mencegah ekskresi kalsium dalam urin.



Itulah beberapa makanan dengan serat tinggi, semoga bermanfaat dan sehat selalu!


5 komentar

  1. Kacang Almond.. Yeay... Juara sih, walaupun harganya mahal. Tapi mantepp.. Saya suka nyetok sebulan sekali, tapi selalu habis di minggu pertama.. -__-

    BalasHapus
  2. Saya suka banget ama jagung, sayang di sini jagung mihil, padahal seratnya paling bagus ya.
    Sebenarnya justru makanan-makanan yang alami dan banyak di pedesaan itu malah lebih bagus loh buat pencernaan.
    Nasi itu paling menyedihkan :D

    BalasHapus
  3. kacang Almond mahal tapi rasanya memang enak

    BalasHapus
  4. semua makanan di atas harganya mahal hehehe

    BalasHapus
  5. kalau aku makan makanan berserat lebih ke kesehatan dan biar ada ijo ijo ditubuh hehe, maklum nggak terlalu suka sayur

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon