22 Mei 2022

Ingin Beralih ke Aplikasi HR? Ini Dia 5 Manfaat Utamanya!

SDM yang ada di perusahaan harus dapat dikelola dengan sangat baik. Pengelolaan yang dimaksud tidak hanya berkaitan dengan memotivasi dan mendisiplinkan karyawan, tetapi juga pemenuhan terhadap kebutuhan dan hak-hak mereka.

Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan pengaturan dan pengelolaan yang berhubungan dengan administrasi karyawan melalui divisi HR di perusahaannya.

Beralih ke aplikasi HR


Mengingat begitu banyaknya tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang HR di perusahaan. Maka, diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu HRD dalam melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan perusahaan yaitu dengan meninggalkan sistem yang lama dan beralih menggunakan sistem baru yaitu aplikasi HR. Apa saja manfaat yang diberikan? Simak artikel ini sampai habis, ya!

 

Sumber : Em-hr

Apa Itu Aplikasi HR?

Aplikasi HR adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan terhadap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan SDM melalui sistem yang terintegrasi.

Sederhananya aplikasi ini diciptakan untuk mempermudah dan mengotomatisasi proses manajemen SDM yang dilakukan oleh HRD perusahaan, termasuk payroll, proses rekrutmen, pembayaran pajak, asuransi, manajemen kompetensi, absensi dan cuti, serta evaluasi kinerja karyawan.

Dengan adanya aplikasi HR ini, perusahaan, terutama divisi HR dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang mereka miliki dengan lebih baik lagi.

5 Manfaat Aplikasi HR bagi Perusahaan

Setelah Anda memahami dan mengetahui secara singkat mengenai apa itu aplikasi HR. Maka, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan perusahaan, jika menggunakan aplikasi HR, diantaranya: 

1.    Mengurangi Beban dan Waktu Kerja

Seperti yang sudah Anda ketahui, divisi HR perusahaan memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak sedikit. 

Mereka perlu mengurusi aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan SDM di perusahaan. Semakin banyak SDM di sebuah perusahaan, maka akan semakin banyak juga tugas yang mereka emban.

Maka dari itu, penggunaan aplikasi HR diharapkan bisa mengurangi beban dan juga waktu kerja yang dimiliki oleh perusahaan, terutama divisi HR dalam melakukan pengelolaan administrasi SDM. 

2.    Efektivitas Kerja Meningkat

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan efektivitas kinerja karyawan, terutama divisi HR. 

Tugas seorang HR tidak hanya mengurusi persoalan administrasi karyawan saja. Melainkan, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar, yaitu mengelola SDM yang ada di perusahaan, seperti memenuhi kebutuhan dan hak-hak yang dimiliki oleh setiap karyawan di perusahaan. 

Seperti yang telah disinggung di atas, penggunaan aplikasi HR yang tepat akan mengurangi beban dan juga waktu yang dimiliki HR dalam menjalankan kewajibannya. Dengan begitu, mereka bisa memfokuskan tenaga dan juga pikiran mereka untuk mengembangkan SDM di perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi.

3.    Mengurangi Pengeluaran Biaya Perusahaan

Seorang HR juga bertugas untuk mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan gaji dan juga pajak karyawan di perusahaan.

Kedua hal di atas, tentunya harus dilakukan secara tepat dan profesional, agar tidak merugikan kedua belah pihak, baik itu perusahaan maupun karyawannya. Seringkali perusahaan mengeluarkan biaya lebih untuk mempekerjakan tenaga kerja ahli/khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Namun, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan apabila Anda beralih menggunakan aplikasi HR. Sebab, terdapat fitur payroll yang dapat menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan di atas.

4.    Mengurangi Potensi Human Error

Sehebat-hebatnya seorang HR, mereka tetaplah seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan.

Setiap pekerjaan, tentunya memiliki potensi untuk terjadinya human error atau kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaian dalam bekerja.

Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan beralih menggunakan aplikasi HR ini. Karena, segala proses kegiatan akan dilakukan secara otomatis dengan bantuan teknologi, sehingga potensi error akan bisa diminimalisir. 

5.    Keamanan Data Terjamin

Manfaat yang terakhir yaitu data-data yang dimiliki oleh karyawan akan dapat tersimpan dengan aman.

Rata-rata aplikasi HR yang ada saat ini sudah terintegrasi dengan sistem cloud. Cloud sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang dibantu oleh internet dalam melakukan penyimpanannya.

Nantinya data-data yang terkumpul akan disimpan ke dalam sebuah server khusus di internet, yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki akses dan tidak bisa buka oleh orang umum.

Itulah pembahasan mengenai 5 manfaat utama dari aplikasi HR. Penting untuk memilih aplikasi HR yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan memiliki fitur lengkap seperti Aplikasi HRIS LinovHR.

Dengan aplikasi HRIS LinovHR, Anda dapat dengan mudah melakukan pengelolaan terhadap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan SDM, seperti penggajian, pengaturan cuti dan lembur, absensi, rekrutmen, hingga penilaian kinerja karyawan secara mudah, cepat, dan akurat.

Uniknya, aplikasi HRIS ini juga sudah sudah terintegrasi dengan sistem cloud, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan data dari setiap karyawan yang Anda miliki.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon