25 September 2022

Bahaya Kampas Kopling Mobil Habis, Harus Cepat Diganti

Para pemilik mobil harus memperhatikan kendaraannya dengan baik, agar perjalanan jadi aman serta nyaman. Salah satu bagian penting dari mobil yang harus diperhatikan adalah kopling dan kampasnya. Terdapat banyak sekali bahaya kampas kopling mobil habis yang harus kamu pahami.

Kampas kopling mobil yang bermasalah atau habis tentunya harus segera diganti. Jika tidak diganti, bisa membahayakan kamu dan orang lain seperti kecelakaan hingga performa mobil yang terus menurun.



Agar tabungan tidak terkuras habis untuk mengganti kampas kopling mobil, jangan lupa untuk membeli asuransi mobil dari Simas Insurance.

Berikut ini informasi terkait bahaya kampas kopling mobil habis dan ciri-cirinya. Simak baik-baik, ya.

Bahaya Kampas Kopling Mobil Habis yang Wajib Diketahui

Berikut ini hal-hal berbahaya yang akan terjadi jika kampas kopling mobil kamu habis. Ternyata komponen kecil ini memegang peranan penting karena menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara sehingga kamu aman dari kecelakaan.

1. Rawan Kecelakaan

Komponen mobil yang tidak lengkap atau tidak bekerja seperti biasanya akan memperbesar peluang kecelakaan.

Mengapa? Karena keberadaan komponen dan desain mobil telah dibuat sebaik mungkin sehingga performa, tenaga dan lainnya bekerja dengan baik. Jadi, pengemudi dan penumpang akan nyaman dan aman saat berkendara.

Jika kampas kopling habis maka akselerasi mobil akan melambat. Jika kamu mengendarai mobil dengan santai maka hal ini tidaklah masalah.

Namun, ini akan menjadi masalah besar jika kamu ingin melaju, menyalip kendaraan ataupun di tanjakan.

Hal ini disebabkan tenaga mobil akan berkurang sehingga tidak bisa melaju sebagaimana seharusnya. Jika ini terjadi pada trafik yang tinggi maka besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan.

2. Mobil Mudah Rusak

Perlu diingat bahwa komponen motor ataupun mobil saling berkaitan satu sama lain. Contohnya saja untuk kampas kopling akan berkaitan dengan koplingnya, sedangkan kopling pasti berkaitan dengan transmisi.

Jadi, jika satu bagian rusak maka bagian lainnya akan ikutan rusak. Oleh karena itu, ketika terjadi gejala atau ciri kampas kopling mobil habis segera bawa ke bengkel untuk perbaikan.

Akan lebih baik jika membawanya ke bengkel resmi atau yang terpercaya, karena kampas kopling yang diberikan pastinya masih baru, sesuai, dan akan bekerja dengan baik.

3. Performa Mobil Melemah

Bahaya lain dari habisnya kampas kopling mobil adalah performa mobil yang melemah. Performa ini tidak hanya dilihat dari kecepatan tetapi juga kenyamanan dan lainnya. Jika kamu sering memakai mobil tersebut maka hal ini akan terasa jelas.

Performa mobil yang melemah sangat berbahaya karena kamu tidak bisa melaju sebagaimana mestinya. Mobil bisa saja tiba-tiba mogok karena bagian lain ikut rusak karena kampas kopling tersebut.

Hal ini akan semakin parah jika kamu bepergian jauh karena besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, pastikan kamu menjaga kondisi kampas kopling dan ganti di waktu yang tepat.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Setelah memahami bahaya kampas kopling mobil habis, kamu pun harus tahu ciri atau gejala kampas kopling mobil habis.

Dengan mengetahui ciri-ciri ini bisa mencegah kamu dari hal-hal yang membahayakan akibat kampas kopling mobil yang habis.

1. Pedal Kopling Kelihatan Lebih Tinggi

Ciri pertama yang bisa kamu gunakan adalah melihat pedal kopling mobil. Biasanya pedal kopling akan memiliki tinggi yang sama dengan pedal akselerasi dan rem.

Jadi, jika kamu sering menggunakan mobil ini maka kamu akan menyadarinya secara sadar ataupun tidak sadar.

Jika kopling terasa lebih tinggi daripada biasanya walaupun sedikit maka ini menjadi pertanda pertama bahwa kampas kopling telah habis. Segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk menggantinya dengan kampas yang baru.

2. Ada Bau Hangus

Jika kamu kurang peka dengan ciri pertama, maka ciri kedua akan terasa lebih jelas, karena bau hangus yang muncul pasti akan tercium dengan jelas.

Tentu saja bau hangus ini tidak berasal dari luar melainkan ketika kamu membawa mobil tersebut.

Hal ini muncul akibat gesekan material kopling sehingga menyebabkan bau hangus. Pada awalnya bau ini tidak begitu terasa namun lama-kelamaan baunya akan semakin pekat dan mengganggu ketika berkendara.

3. Mesin Cepat Panas dan Akselerasi Mobil Menurun

Ciri lainnya yang bisa kamu ketahui melalui akselerasi mobil yang menurun. Setiap mobil memiliki cc yang berbeda namun bagi penggunanya pasti bisa merasakan dan memperkirakan seberapa cepat mobil ini melaju.

Namun, ketika kampas kopling habis maka kecepatan mobil akan menurun dari biasanya sehingga laju mobil menjadi tidak nyaman. Ciri lain yang bisa dilihat adalah mesin menjadi cepat panas padahal karburator terisi dan bagian lainnya dirasa aman.

Kopling yang kampasnya habis akan terasa lebih berat dan membuat pergantian transmisi menjadi ikut berat. Pada akhirnya beban mesin lebih tinggi dari biasanya sehingga lebih mudah panas.

Jika mobil kamu mengalami ciri-ciri di atas, sudah dipastikan kampas kopling pada mobil kamu habis. Segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat dan tentunya terpercaya, ya.

Setelah mengetahui ciri dan bahaya dari habisnya kampas kopling mobil. Sekarang kamu akan lebih peduli terhadap komponen tersebut. Kemudian, kamu juga harus tahu biaya ganti kampas mobil ini.

Biayanya berbeda-beda bergantung pada jenis mobil masing-masing. Namun, rata-rata biaya kampas mobil berkisar antara Rp 1,1 juta - Rp 2,7 juta.

Jadi, pastikan kamu memiliki dana yang cukup agar bisa mengganti kampas mobil tersebut saat dibutuhkan.

Agar tabungan tidak terkuras habis untuk membayar biaya ganti kopling, kamu bisa membeli asuransi mobil. Asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi atas berbagai risiko yang terjadi, termasuk ketika ada komponen mobil kamu yang bermasalah.

Kamu bisa mencoba menggunakan asuransi mobil dari Simas Insurtech karena memberikan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

 

1 komentar

  1. Selama ini kalo soal mobil, suamiku yg ngurus sih mas 😄. Tapi dia telaten dan rutin kok kalo perawatan mobilnya. Sayang banget malah 🤣. Makanya mobil2 dia selalu terawat, dan pas dijual lagi biasanya udh ditunggu Ama temen2nya yg mau beli mobil second. Krn mereka tahu suamiku ga main2 masalah maintenance mobil.

    Eh ampas kopling ini berarti hanya ada di mobil manual ya mas? Kalo matic ga pake ya?

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon