Saya anggap pembaca sudah menamatkan sekolah di bangku menengah atas atau SMA. Karena pada artikel ini saya akan menulisakan tentang pengala...

Prestasi Sekolah SMA Saya Menurun Drastis , Mengapa ? Ini Penyebabnya

By | Juli 28, 2017 Leave a Comment

Saya anggap pembaca sudah menamatkan sekolah di bangku menengah atas atau SMA.
Karena pada artikel ini saya akan menulisakan tentang pengalaman saya waktu sekolah menengah atas dari segi prestasi saya yang turun drastis.


Prestasi Sekolah SMA
Kebetulan setelah tamat dari bangku sekolah menengah pertama saya diterima di Sekolah Sma negeri, karena nilai saya sudah masuk diatas standar untuk masuk ke sekolah negeri tersebut.

Mengapa saya sebut prestasi sekolah sma saya turun drastis ?


Sebab kalau dibandingkan waktu saya duduk di bangku sekolah menengah pertama atau smp rapot saya tidak pernah keluar dari 5 besar.


Tapi saat sekolah sma kok, saya sulit sekali masuk dalam kategori 10 besar, hanya berada di 20 besar. Padahal sudah belajar dengan giat dan ekstra keras hasilnya setiap pembagian raport selalu bisa di tebak, yaitu hanya masuk 20 besar.


Jadi pada artikel kali ini saya akan menuliskan curhatan singkat tentang beberapa penyebabnya yang membuat Prestasi Sekolah Smu saya menurun drastis.



3 Penyebab Prestasi Sekolah Sma saya turun dengan drastis :



1.    PERSAINGAN


Penyebab pertamanya saya kalah bersaing, baik bersaing dari segi keenceran otak maupun lainnya.

Saya akui untuk masuk ke Sekolah Sma Negeri membutuhkan mental yang kuat, sebab sekolah Sma Negeri banyak diminati dan dimasuki oleh murid – murid berprestasi lainnya dari sekolah smp lainnya.

Jadi bisa dibayangkan kalau Sekolah Sma Negeri di isi oleh kumpulan orang – orang pintar seKabupaten.Pastilah persaingan prestasi sangat sengit terjadi.

Dan yang menang adalah orang yang sudah benar – benar memiliki otak yang encer dan di dukung dengan sejumlah bimbingan belajar.

Sedangkan saya ,,keenceran otak saya dibawah orang lain, ditambah tidak ada bimbingan belajar yang diikuti karena tidak ada biaya untuk membayarnya.

Sehingga membuat saya menjadi orang yang kalah bersaing dalam mengejar prestasi belajar, sedih sekali kalau ingat masalah prestasi ini.

2.    SISTEM BELAJAR


Saya sudah berusaha dengan keras untuk mendongkrak prestasi belajar saya waktu masih di sekolah Sma, tetapi tetap saja prestasi saya anjlok.

System belajar saya selama sekolah sma negeri adalah pagi hari membuka pelajaran yang akan di pelajari pada hari itu, setelah pulang sekolah saya mengulangi pelajaran dari sekolah dan malamnya belajar lagi.

Dan begitu seterusnya setiap malam dan setiap hari.

Memang saya ada kekurangan cara tambahan yaitu tidak mengikuti bimbingan belajar.

Bukannya saya tidak mau ikut, tetapi saya tidak cukup uang untuk membayar biaya bulanan bimbingan belajar.

Padahal materi atau pelajaran selama teman – teman mengikuti bimbingan belajar selalu masuk pada ujian.

Dan pahitnya teman – teman saya pelit berbagi ilmu yang di dapat dari hasil bimbingan belajar.

Jadi system belajar turut andil menjadi penekan turunnya Prestasi Sekolah Sma saya waktu itu.


3.    TENAGA


Waktu itu keadaan ekonomi keluarga kami hanya pas – pasan saja sehingga saya harus ekstra berhemat.

Untuk jajan di kantin saja jarang sekali saya lakukan ,sehingga tidak heran jika tubuh saya kekurangan tenaga dan energy dalam belajar.

Rasanya saya iri sekali melihat teman –teman yang setiap jam istirahat selalu jajan dikantin.

Untuk mengakali supaya saya bisa jajan, maka saya jalan kaki kesekolah, nah ongkos naik angkot tersebut saya pakai untuk jajan, sekedar untuk mencicipi apa rasanya makanan di kantin sekolah.

Kekurangan energy dan tenaga selama jam belajar membuat daya konsentrasi saya menurun sehingga berefek pada penyerapan Ilmu di sekolah.

Penyerapan yang kurang sempurna itu menjadi salah satu penyebab prestasi sekolah sma saya menurun drastis.


Demikanlah artikel sederhana tentang penyebab prestasi sekolah sma saya yang turun drastis.


Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi, jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: